Rabu, 01 Februari 2012

Miliaran Dolar Dana Rahasia Fed yang Hilang di Irak Tak Jelas Hingga Sekarang


Jurnalis Independen: Investigasi terus dilakukan untuk melacak puluhan miliar dolar dana yang Federal Reserve New York  telah kirimkan ke Irak sejak awal invasi pimpinan AS ke negara itu.
Dari tahun 2003 sampai 2008, lebih dari 40 miliar dolar dalam bentuk uang tunai diam-diam dikirim ke Irak dari kompleks New York Federal Reserve di New Jersey untuk membayar biaya rekonstruksi dan dimulainya kembali pelayanan pemerintah, situs antiwar.com melaporkan.

Uang itu diambil dari New Jersey dan dibawa ke Pangkalan Angkatan Udara Andrews di luar Washington, di mana uang-uang tersebut diterbangkan dengan pesawat militer ke Bandara Internasional Baghdad.

Namun, Otoritas Koalisi resmi (CPA)  di Baghdad yang mengatur uang yang akan diserahkan kepada Bank Sentral Irak adalah pihak terakhir yang melihat sebagian besar uang sebelum ditransfer ke bank sentral.

Apa yang terjadi dengan uang itu masih tetap menjadi misteri meskipun bertahun-tahun penyelidikan.

"Tujuan Kemungkinan uang itu dicuri, diam-diam dicetak untuk mendanai perang ilegal pemerintah AS dan pendudukan di Irak, dan kemudian dikorupsi oleh pejabat Irak dan Amerika," antiwar.com menulis di situsnya.

Aliran uang antara pemerintah Irak dan bank sentral serta New York Federal Reserve dilaporkan masih berlanjut, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil, laporan tersebut menambahkan.

Laporan ini mencatat bagaimana pada awal perang Irak, pemerintah AS diam-diam memerintahkan New York Federal Reserve untuk membuat uang untuk diam-diam dipakai mendanai perang di Irak.

Pembayar pajak Amerika dan Kongres tidak diinformasikan tentang mandat tersebut, sementara jumlah total dan penerima yang terlibat tetap tidak diketahui.

Tidak ada komentar: