Minggu, 19 Februari 2012

Erbakan "Tolak" Dukungan Turki Terhadap Sistem Rudal NATO


Jurnalis Independen: Dilaporkan Para anggota Partai Felicity Turki telah menggelar demonstrasi di kota Istanbul untuk mengutuk pemasangan sistem rudal NATO di negara itu.
Pada hari Sabtu lalu, anggota Partai Felicity berkumpul di sebuah lapangan di Istanbul untuk mengutuk perjanjian Ankara untuk menjadi tuan rumah sistem rudal NATO di distrik Kurecik di provinsi tenggara Malatya.

Para demonstran mengatakan sistem radar NATO ditujukan untuk "melindungi Israel" di wilayah tersebut.
Turki sendiri telah setuju untuk menjadi tuan rumah bagi sistem rudal NATO pada tanggal 2 September 2011 lalu.

Demonstran Turki di Istanbul juga mengutuk serangan Israel pada tahun 2010 terhadap armada kemanusiaan menuju Jalur Gaza, di mana sembilan aktivis Turki tewas dalam insiden tersebut.

Pada hari Sabtu, aktivis Turki dari Asosiasi Hak Asasi Manusia dan Solidaritas untuk Rakyat Tertindas juga menggelar demonstrasi di depan parlemen Turki di ibukota Ankara dan menyatakan sistem radar NATO akan mengubah Turki menjadi "penyedia-intelijen untuk perang imperialis."

Partai Felicity atau Saadet Partisi didirikan pada tahun 2001 oleh Necmetin Erbakan yang merupakan mentor bagi Erdogan. Partai Felicity mengklaim sebagai partai Islam dan didukung oleh kelompok konservatif yang ada di Turki.(emi/mnt)

Tidak ada komentar: