Senin, 27 Februari 2012

Aliansi Mahasiswa Tagih Janji Mendagri Bekukan LSM Asing

Jurnalis Independen: Kecewa pada pemerintah yang dinilai tidak tegas, Tim Aliansi Mahasiswa Tolak LSM Asing mendatangi Kemendagri. Mereka meminta Mendagri Gamawan Fauzi menepati janji agar membekukan LSM asing di Indonesia.Tim Aliansi diterima Sekretaris Dirjen Kesbangpol H.A Rahman dan Staf Ahli Kemendagri Dr Umar Syadat, Senin (27/2/2012). Dalam pertemuan itu,  Koordinator Tim Aliansi Mahasiswa Tolak LSM Asing, Rudy Gani mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap aparat pemerintah terutama Kemendagri, Kemenlu, maupun Kemenkum HAM yang tidak mampu menerjemahkan peringatan keras Presiden SBY menjadi tindakan nyata dan terukur.

“Kami sangat menyayangkan kenapa jajaran pemerintah tidak segera menindak tegas LSM asing. Padahal berkali-kali Presiden menegur LSM asing di Indonesia agar tidak mencampuri urusan sebuah negara berdaulat. Kami yakin yang dimaksud SBY itu Greenpeace. Ini yang kami pertanyakan,” ujar Rudy Gani dalam keterangannya di Jakarta.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dirjen Kesbangpol H.A Rahman menilai, jika menilik sepak terjang LSM asing tampak jelas merupakan perpanjangan tangan kepentingan asing di Indonesia. Karenanya, Kemendagri sependapat dengan usulan untuk mengevaluasi sejumlah LSM asing.

Rudy melanjutkan, kritik keras Presiden SBY juga didukung DPR. Bahkan, Ketua Pansus RUU Ormas Abdul Malik Haramain pun meragukan misi dan kegiatan LSM asing di Indonesia. “Seharusnya pemerintah tidak perlu ragu untuk membubarkan dan membekukan LSM asing. DPR yang mewakili rakyat Indonesia saja sudah mendukung. Kalau pemerintah masih ragu, sebagai elemen bangsa kami juga siap mengawal,” tukas dia.

Presiden SBY saat berpidato di hadapan 128 Duta Besar asing di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri beberapa waktu lalu, angkat bicara soal adanya seruan boikot yang dilakukan sejumlah LSM asing terhadap perkebunan kelapa sawit (CPO) di Indonesia.

Sinyal peringatan terhadap LSM asing ini adalah teguran kedua dari SBY. Sebelumnya lontaran serupa juga disampaikan SBY saat berpidato di Balai Kartini, Jakarta, pada Kamis 22 Desember 2011 lalu.

Tim Aliansi Mahasiswa Tolak LSM Asing terdiri dari organisasi ekstra mahasiswa, Badko HMI Jabotabeka-Banten, LISUMA Jakarta, Pusaka Indonesia, BEM RI, dan IMIKI.(oki/mnt)

Tidak ada komentar: