Senin, 06 Februari 2012

Pemkot Surabaya “Berikan” Rumah untuk Anggota Veteran

Jurnalis Independen:  Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menegaskan bahwa Pemkot Surabaya berupaya menyediakan rumah tinggal bagi para veteran. Menurutnya, selama ini masih banyak veteran yang belum memiliki tempat tinggal. Upaya memberikan rumah ini, kata Risma, sebagai ungkapan terima kasih kepada pejuang atas pengorbanan mereka semasa perang kemerdekaan.

 
“Untuk tanahnya sudah kami siapkan, tinggal bangunan fisiknya saja karena itu merupakan kewenangan pemerintah pusat,” ungkap Risma, Senin (6/2/2012).

Hal ini disampaikan Risma pada acara penyerahan penghargaan Anugerah Tanda Kehormatan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) oleh LVRI di Graha Serbaguna Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya.

Dalam acara ini, Risma mendapatkan Anugerah Tanda Kehormatan Bintang LVRI. Acara tersebut masih dalam rangka peringatan HUT Veteran ke 55. Sesuai surat keputusan nomor SKEP-57/MBLV/IX/11/2011 tentang Penetapan Penganugerahan Bintang LVRI, Risma dinilai berjasa atas perkembangan dan kemajuan LVRI.

“Bu Risma sosok yang berjasa bagi kemajuan LVRI khususnya melalui berbagai kebijakannya,” kata Hartoyik, ketua DPC LVRI Kota Surabaya.

Pemkot Surabaya, lanjut Risma, juga akan membangun taman baru. Taman tersebut diwujudkan dalam taman kenangan (memorial park). Disebut taman kenangan karena taman ini akan dibangun di tempat. terbunuhnya Brigjen Mallaby. Namun taman ini bukan untuk mengenang Mallaby, melainkan mengingat kembali peristiwa pertempuran antara Arek-Arek Suroboyo dengan tentara sekutu.

“Ini untuk mengingatkan bahwa kita bisa mengalahkan tentara sekutu yang persenjataannya jauh lebih canggih,” kata walikota.

Risma juga mengatakan sebagai peringatan perjuangan pahlawan, tahun ini Kota Surabaya berupaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. Ia menjelaskan masih dilakukan upaya agar Surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ini bisa menjadi tuan rumah peringatan Hari Pahlawan. “Saat ini kami tengah melakukan upaya ke Jakarta,” ujarnya.(sur/mnt)

Tidak ada komentar: