Selasa, 14 Februari 2012

Aktor dan Sutradara AS Sean Stone "Terjebak" di Iran Hingga Masuk Syiah?



Jurnalis Independen: Aktor Amerika dan pembuat film dokumenter Sean Stone, putra sutradara pemenang Oscar Oliver Stone, masuk Syiah saat upacara keagamaan di Iran.

Stone menjadi seorang penganut Syiah dan memilih menggantinya namanya menjadi Ali pada upacara yang diadakan di kota bersejarah Isfahan Iran pada tanggal 14 Februari kemarin.

"Pindah agama ke "Islam" tidak berarti meninggalkan Kristen atau Yudaisme, yang saya lahir dengannya," kata Stone.

"Artinya saya telah menerima Muhammad (saw) dan para nabi lainnya," tambahnya dalam panggilan telepon singkat.

Lahir dari ayah Yahudi dan ibu Kristen, Stone tidak mengatakan mengapa ia masuk Syiah.
Stone yang mengunjungi Iran beberapa bulan lalu mengatakan ia ingin mengetahui lebih banyak tentang budaya dan peradaban Persia serta akrab dengan tradisi Iran.

Stone menyebut Iran sebagai salah satu pusat utama Asia dalam pembuatan film sembari mengatakan bahwa ia "ingin memperkenalkan budaya Persia dan peradabannya ke Barat."

Pembuat film berusia 27-tahun ini adalah lulusan sejarah dari Princeton University dan telah berkolaborasi pada banyak proyek ayahnya. Dia juga telah menyutradai beberapa film dokumenter.

Mungkin karena ketidaktahuannya tentang Islam, Sean Stone malah terjebak pindah agama dari Kristen atau yahudi ke agama Syiah yang secara kasat mata mirip Islam namun aqidahnya sangat jauh berbeda dengan Islam. Atau ia mempunyai agenda tersendiri seperti yang selama ini dilakukan oleh nenek moyangnya dalam berganti agama kemudian mengacak-acaknya dari dalam? Ya, begitulah manusia dalam beragama... (emi/mnt)

Tidak ada komentar: