Kamis, 19 Januari 2012

Perbankan Islam 'Booming' di Pakistan


"Perbankan Islam telah memberikan jendela kesempatan untuk orang-orang yang menyimpan akun saat ini untuk alasan keamanan, tetapi mereka bahkan tidak dapat  satu rupee dalam akun mereka", kata Aslam.

Pakistan telah memiliki enam bank Islam, Meezan Bank, Bank-al-Islami, Global Islamic Bank, Al-Barka Bank, Dawood Islamic Bank dan Islamic Bank Emirat global. Keenam bank-bank Islam ini memiliki sekitar 500 ribu pelanggan di sektor pembiayaan konsumen dan deposito dan ada sekitar  5 persen saham di sektor perbankan secara keseluruhan di negara ini.

Perbankan Islam telah menunjukkan pertumbuhan yang besar di Pakistan selama lima tahun terakhir. "Padahal, beberapa penuh bank-bank Islam telah beroperasi selama lebih dari sepuluh tahun terakhir, namun orang-orang skeptis tentang keberlanjutan mereka. Itu sebabnya respon awal mereka lebih lambat,'' ujar Zia Qureshi, seorang ekonom yang berbasis di Karachi, dikutip oleh OnIslam.net.

Zia juga menambahkan,"Tetapi ketika mereka melihat bahwa bank-bank Islam dapat bersaing dengan bank konvensional, mereka memilih perbankan Islam." tambahnya.(rep/mnt)

Tidak ada komentar: