Sabtu, 28 Januari 2012

Keajaiban Ratu Buah (Manggis) Queen of Fruits

Jurnalis Independen: Pohon ini, bisa berumur hingga 200 tahun. Pohon Manggis ini memiliki bermacam zat yang bila dikonsumsi manusia, akan berdampak pada kulit hingga terlihat awet muda, menggantikan sel-sel mati dengan yang baru secara alami. Diantara zat yang terkandung pada buah Manggis disebut XaMthonelus.
XAMthoneplus  merupakan suplemen minuman alami generasi terbaru. Minuman super antioksidan ini merupakan kombinasi dari bahan-bahan alami yang telah melalui proses penelitian ilmiah dan berteknologi mutakhir. Rasanya yang sensasional terdiri atas vitamin-vitamin, nutrisi tumbuh-tumbuhan termasuk Xanthone senyawa antioksidan dan antipenuaan. Tanya Jawab Umum XAMthoneplus :

Mengapa orang yang suka makan buah-buahan cenderung kulitnya bagus dan awet muda?Jawaban : Karena di dalam buah-buahan mengandung banyak sekali anti oksidan untuk melawan radikal bebas, oleh sebab itu wajib makan buah-buahan seumur hidup sebelum terlambat, atau minumlah XAMthoneplus.

Apakah XAMthoneplus bisa membuat awet muda? Jawaban : Ya, Karena XAMthoneplus mengandung anti oksidan yang paling tinggi diantara buah-buahan yang ada saat ini. Antioksidan XAMthoneplus dihitung berdasarkan ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) 10 kali lebih banyak dibandingkan buah-buahan. Minum sehari 3 X 30 ml selama 3 bulan, maka hasil akan terlihat lebih muda dari sebelumnya.
   
Produksi Hormon dalam tubuh juga sangat mempengaruhi fisik manusia. Usia muda biasanya produksi hormon bagus dan semakin berkurang setelah menginjak usia tua. XAMthoneplus dapat membantu memperbaiki sistim produksi hormon bukan hanya untuk pria akan tetapi bisa juga untuk wanita (perbaikan hormon dapat menunda usia menopause).

Jantung yang kuat sangat menentukan (fungsi penentu), jika fungsi jantung berhenti, maka fungsi organ tubuh secara otomatis berhenti dan XAMthoneplus adalah solusi tepat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan jantung.

Apakah XAMthoneplus bagus untuk anak-anak? Tentu saja bagus, terutama untuk anak-anak diatas usia 6 tahun, XAMthoneplus dapat membantu pertumbuhan dan tinggi tubuh.

Bagaimana manfaatnya untuk orang dewasa dan lanjut usia?Jawaban : Dapat membantu menguatkan tulang, pemeliharaan gigi dan rambut.

Apakah kita perlu konsumsi suplemen dan multivitamin untuk kesehatan kita?Jawaban : Perlu, tetapi dengan mengonsumsi XAMthoneplus minimal 30 ml per hari, maka kebutuhan suplemen, multivitamin dan lain-lain sudah terpenuhi. Waktu minum yang terbaik adalah sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan segar bugar dan stamina terjaga sepanjang hari.

Betulkah penyakit jantung, stroke, ginjal, diabetes, kanker, aids dll belum ada obatnya? Jawaban : Betul, sampai saat ini belum ditemukan obat yang paten untuk penyakit-penyakit tersebut, penyakit tersebut memungkinkan sembuh apabila manusia mampu meningkatkan stamina dan antibody (imunitas tubuh) untuk memerangi penyakit tersebut, oleh sebab itu jagalah stamina Anda karena dapat meningkatkan antibody (imunitas tubuh) agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. XAMthoneplus dapat membantu meningkatkan stamina dan antibody (imunitas tubuh).

Apakah XAMthoneplus itu mahal harganya? Jawaban : Relatif, karena jika kita konsumsi buah-buahan setiap hari maka biaya dan waktu yang kita keluarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan mengonsumsi XAMthoneplus, karena tidak perlu repot dan cukup dengan minum 30 ml per hari, maka kebutuhan antioksidan kita sudah terpenuhi.

Mengapa harga jus manggis di tempat lain beda ? Jawaban : karena XAMthoneplus diciptakan dengan teknologi tinggi dan menggunakan prinsip yin-yang balance dengan bahan-bahan asli dari spesies unggulan yang terpilih dari ratusan spesies manggis yang ada, tanpa tambahan zat-zat yang bisa merugikan kesehatan Anda.

KESEHATAN ANDA LEBIH BERHARGA DARIPADA HARTA BENDA. Coba bandingkan 30ml XAMthoneplus dengan 300 ml jus manggis lainnya.

Minum XAMthoneplus setiap hari seseorang akan memiliki kekebalan tubuh yang sangat kuat. manusia selalu mengalami ancaman radikal bebas sehingga membutuhkan antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), antibiotik, anti-jamur, anti-virus dan anti-radang. Seperti halnya mengapa kita harus mandi setiap hari, karena setiap hari tubuh kita melakukan aktivitas sehingga mudah sekali kotor.*******

Rsa buah ini, berasa manis dan sedikit sepat-sepat. Buah Manggis memang enak dan segar bila di makan pada sat santai dan kumpul bareng teman tetapi jangan sampai kebanyakan ya makan buahnya, soalnya bisa membuat puyeng dan mabuk.

Buah Manggis itu jenis buah apa ya ?
Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

Nah bila kalian suka dan punya tanah yang luas coba saja untuk berkebun Buah Manggis tetapi yang rajin ya biar cepat berbuah.

BUDIDAYA MANGGIS
Syarat-syarat Tumbuh
Tinggi tempat : Mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggia 800 m dpl
Curah Hujan : 1500 – 2500 mm/thn, dengan periode basah 6 bln.
Tanah : Tanaman manggis sangat baik pertumbuhannya pada tanah yang kaya akan bahan organik, serta tanah yang aerasinya cukup baik, jenis tanah agak berat sampai tanah ringan.

Bibit
Bibit berasal dari perbanyakan vegetatif dengan cara sambungan.
Bibit yang akan ditanam harus berlabel yang dikeluarkan oleh BPSBTPH
Persiapan Tanam

Pengolahan Lahan
Usahakan lahan tidak terbuka luas terhadap sinar matahari, oleh karena itu tidak perlu membabat seluruh pohon yang ada kecuali yang mengganggu tanaman manggis berkembang.
Jarak tanam manggis 8 X 10 m atau 10 X 10 m.

Pembuatan lobang
Lobang dibuat dengan ukuran
Panjang : 50 cm
Lebar : 50 cm
Dalam : 50 cm
Lobang dibiarkan terbuka selama 1-2 minggu, kemudian lobang ditutup dengan campuran tanah galian bagian atas dengan bahan organik. Jumlah pupuk organik yang diberikan tergantung pada  kesuburan tanah.

Penanaman
Saat tanam yang baik adalah awal musim hujan
Penanaman hanya sampai leher akar.

Pemeliharaan
Pembuatan naungan.
Oleh karena tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari langsung untuk itu perlu dibuat naungan.
lama tanaman manggis diberi naungan adalah samapi berumur ± 2 tahun.
ukuran naungan adalah sbb:
panjang 60 cm
lebar 40 cm
tinggi 75 cm
tonggak dari kayu / bambu, atap dari daun alang-alang atau daun kelapa dan lain-lain sedangkan dinding kosong.

Untuk pertumbuhan vegeratif yang baik, satu bulan setelah tanam diberi 100-200 gram urea/pohon. Pemberian diulang setiap enam bulan sekali dan ditambah dengan pupuk kandang 20-30 kg/pohon. Apabila tanaman manggis sudah berbuah diberi pupuk NPK sebanyak 0,5 kg/pohon dan diulang setiap enam bulan sekali.

Penyiangan.
Penyiangan pada tanaman manggis hanya dilakukan terhadap tumbuhan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman saja. Hal ini disebabkan tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari langsung.

Penyisipan
Apabila tanaman manggis yang ditanam ada yang mati atau pertumbuhan sangat kerdil sebaiknya segera dilakukan penyisipan/penggantian dengan bibit baru.

Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama
Tupai
Tupai menyerang buah yang hampir masak, tiap ekor tupai dapat menghabiskan 2-3 butir buah manggis/hari.

Pengendalian: yang sering dilakukan adalah dengan jalan menembak dengan senapan angin atau dikroyok siang hari
Pemakan Daun
Ulat pemakan daun yang masih muda, sedang warna ulat kelabu coklat dan berambut.
Pengendalian : oleh karena serangan dilakukan pada malam hari maka pengendalian dengan penggunaan insektisida sistemik.

Penyakit

Jamur upas.
Gejala : Timbul pada batang atau cabang kulitnya berwarna cokklat, tetapi belum membentuk gabus tebal.
Pengendalian : Adalah dengan jalan memusnahkan pada stadium rumah laba-laba. Di samping itu penyemprotan cabang-cabang yang sakit dengan fungisida antara lain Calixin 5 % atau Dowco 282,5 %.

Bercak daun Cescospora
Gejala: Daun yang terserang berat menjadi kuning dan rontok. Penyakit ini disebabkan oleh Cercospora averrhoae Fres.

Pengendalian: Dengan jalan penyemprotan dengan fungisida yaitu kaptafol atau fungisida yang membendung bahan aktif tembaga.
Penanganan Hasil

Panen.
Pemanenan harus dilakukan pada saat yang tepat yaitu pada waktu buah sudah tua. Buah manggis yang sudah tua yaitu pada kulit buah sudah berwarna ungu.

Penanganan buah segar
Waktu panen buah tidak boleh buah terjatuh, luka, lecet, memar dan lain-lain. Setelah panen buah yang rusak dengan yang baik perlu dipisahkan. Buah yang rusak ditandai dengan keluarnya getah kuning dari kulit buah.

Buah yang baik dikelompokkan atas dasar ukuran buah yaitu:
Mutu super yaitu diameter buah 6,5 cm.
Mutu I yaitu diameter buah 5,5 – 6,5 cm.
Mutu II yaitu diameter buah 5,5 cm.
Buah yang dipetik dengan mengikutsertakan tangkainya pada suhu kamar dapat bertahan 2-3 minggu.
Pengolahan Hasil
Buah manggis dapat juga diolah hasilnya melalui:
Pengalengan buah manggis
Pengolahan saus manggis.*******


Tidak ada komentar: