Kamis, 16 Oktober 2014

Time: Joko Widodo Presiden RI ke 7, Sebuah Harapan Baru

Jurnalis Indipenden: Hingar bingar Joko Widodo Presiden Republik Indonesia ke 7 bukan saja menjadi milik Bangsa Indonesia, tapi juga menjadi bagian dunia, buktinya, Jokowi sapaan akrab Joko Widodo muncul menjadi Foto sampul di Majalah Time sebagai majalah kelas dunia dengan Headline A New Hope atau Harapan Baru.



Presiden terpilih Jokowi segera dilantik pada 20 Oktober 2014. Majalah TIME menjadikan potret Jokowi sebagai sampul depan edisi 27 Oktober 2014.

Judul sampul majalah itu tertulis, "A New Hope, Indonesian President Joko Widodo is a force for democracy". Wajah Jokowi pun terpampang secara close up.

Dalam foto yang dibidik fotografer Adam Ferguson itu, Jokowi menampilkan sisi dirinya dengan kesan tegas dalam balutan kemeja batik. Jokowi tampak meninggalkan kesan rileks yang selama ini ditunjukkannya.

Artikel yang ditulis Hannah Beech itu dimulai dengan cerita Jokowi yang tengah berada di penerbangan Garuda GA 226 tujuan Kota Solo. Saat itu, Jokowi yang duduk di kursi kelas ekonomi 42 K, mendapat perhatian seorang gadis cilik berusia 5 tahun yang kegirangan saat mengetahui dirinya sedang satu penerbangan dengan Jokowi.

Masih menurut TIME, Kamis (16/10/2014), Jokowi disebutkan sebagai presiden yang menjadi harapan baru bagi Indonesia. Kepada wartawan TIME Hannah Beech yang mewawancarainya, menulis nama Joko Widodo dengan sebutan Widodo begitu TIME menulisnya, menyebut bahwa orang-orang khawatir dengan dia karena selalu blusukan.

"Saya selalu mengecek. Saya ingin orang takut karena ada sidak, dan kemudian mereka akan mendengar instruksi," jelas Jokowi.

"Ekspestasi orang-orang sangat tinggi. Itu berbahaya buat saya, jika saya tidak bisa mewujudkan apa yang mereka inginkan, apa yang saya janjikan," tutur Jokowi kepada wartawan TIME.

Majalah Internasional TIME menulis, bahwa Jokowi akan memimpin Indonesia, negara nomor empat dengan jumlah penduduk terbanyak. Sebuah negara demokrasi yang memiliki kekayaan alam melimpah dan negara dengan populasi muslim terbanyak di planet bumi. Jokowi menang dalam pemilihan presiden Juli lalu, mengalahkan Prabowo Subianto.

Jokowi akan dilantik menjadi Presiden ke-7 Republik Indonesia pada Senin 20 Oktober. Sebagai kandidat presiden yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi meraup 70.997.833 suara atau 53,15%. Sementara kandidat lain yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat 62.576.444 suara atau 48,65%.

Namun anehnya, ada kenyataan, banyak rakyat negeri ini, termasuk Parlemen yang baru dilantik, mempertanyakan benarkah harapan itu untuk rakyat Indonesia?

Tidak ada komentar: