Kamis, 30 Oktober 2014

Taslim Chaniago

Jurnalis Independen: Taslim Chaniago pernah duduk di DPR-RI sebagai Banggar atau Badan Anggaran. Namun ia mengundurkan diri sebelum kasus rehabilitasi ruangan Banggar DPR-RI mencuat dan menyerat rekan separtai (PAN) Wa Ode Nurhayati menjadi tersangka.
 

Lahir 11 September 1970 (umur 44)
Bendera Indonesia Baso, Agam, Sumatera Barat
Kewarganegaraan Bendera Indonesia Indonesia
Almamater Universitas Andalas, Padang
Pekerjaan Politikus
Dikenal karena Anggota DPR-RI
Agama Islam
Pasangan Dian Evany Martha
Taslim Chaniago (lahir di Baso, Agam, Sumatera Barat, 11 September 1970; umur 44 tahun) adalah seorang politisi Indonesia. Ia mewakili rakyat sebagai anggota DPR-RI dari fraksi PAN melalui daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat.

Taslim duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI, namun kemudian ia mengundurkan diri dari badan tersebut karena merasa tidak nyaman dengan besarnya anggaran untuk biaya rehabilitasi ruangan Banggar DPR-RI. Ia juga takut terseret oleh kasus penggelembungan dana rehabilitasi tersebut.

Langkah yang diambilnya itu menjadi sorotan media ditengah-tengah langkanya sikap seperti itu di-masa sekarang ini. Tidak lama setelah pengunduran dirinya kasus itu-pun mencuat kepermukaan, dan rekannya sesama dari Partai Amanat Nasional.

Wa Ode Nurhayati akhirnya terseret kasus itu yang dikemudian hari dijadikan terdakwa. Wa Ode Nurhayati dijerat dengan tuduhan korupsi dalam kasus Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID), yang menurut Taslim tidak masuk akal karena banyak pelaku lain yang tidak tersentuh.

Sebagai anggota Komisi III DPR-RI yang bertugas mengurusi bidang Hukum, Keamanan, dan HAM, ia juga pernah berkomentar mengenai temuan survey yang menyatakan DPR-RI adalah lembaga terkorup. Ia menyatakan bahwa budaya korupsi tidak terlepas dari kebutuhan yang mendesak dan pelakunya merasa aman.

Taslim juga dipercaya sebagai Ketua IKA (Ikatan Alumni) Unand Jabodetabek. Ia menamatkan pendidikan tingginya di Universitas Andalas, Padang setelah tamat sekolah menengah di SMA Negeri IV Angkat Candung, Agam. Taslim menikah dengan seorang wanita bernama Dian Evany Martha.

Tidak ada komentar: