Senin, 20 Oktober 2014

Rini Soemarno Calon Kuat Menteri BUMN Kabinet Trisakti

Jurnalis Independen: Presiden terpilih Indonesia, Jokowi akan menunjuk Ketua Tim Transisi Pemerintah terpilih, Rini M Soemarno, sebagai Menteri BUMN pada pemerintahan Jokowi-JK.


Pemilihan mantan direktur Astra International sebagai menteri BUMN ini disebut oleh Deputi Tim Transisi Hasto Kristiyanto. Demikian seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (18/10/2014).

Joko Widodo akan dilantik sebagai presiden ketujuh Indonesia pada Senin 20 Oktober 2014 dan diperkirakan akan mengumumkan kabinetnya dari 33 menteri pada hari berikutnya.

Rini Soemarno adalah anggota pertama kabinet yang dikonfirmasi oleh tim transisi yang dipimpin Joko Widodo. "Rini Soemarno memiliki banyak pengalaman dalam mengelola perusahaan," ungkap Hasto Kristianto, anggota senior tim transisi, kepada Reuters.

"Di bawah kepemimpinannya di BUMN, pemerintah akan memiliki 'kekuatan khusus' untuk mempercepat pembangunan ekonomi, seperti program infrastruktur dan konsolidasi BUMN," tambah Hasto.

Sebagai menteri BUMN, Soemarno akan mengawasi perusahaan milik negara, seperti perusahaan raksasa energi Pertamina dan Garuda Indonesia.

Sekadar informasi, Rini Soemarno, diketahui dekat dengan Presiden Megawati Soekarnoputri, pernahmenjabat sebagai menteri perdagangan dan perindustrian saat pemerintahan Megawati 10 tahun yang lalu.

Dididik di luar negeri, tim transisi menilai Rini dihormati kalangan pebisnis ketika menjadi direktur Astra International, distributor mobil terbesar di Indonesia.

Tidak ada komentar: