Rabu, 15 Oktober 2014

Siapa Solena Chaniago

Jurnalis Independen: Tidak bisa di pungkiri, bahwa para waria, gay ikut menjadi pendukung Jokowi ketika kampanye Pilpres 2014 yang lalu. Mereka menilai Jokowi adalah orang yang mungkin bisa menampung aspirasi mereka sebagai kaum minoritas.


Lalu, pasca terpilihnya Jokowi jadi presiden versi KPU dan MK, ramai para waria menggeruduk kantor Tim Transisi Jokowi- JK untuk setor satu nama calon menteri. Artinya para waria dan gay merasa punya saham politik atas kemenangan Jokowi, jadi wajar jika mereka menuntut haknya.

Dari kejadian diatas, tidak bisa dinafikan bahwa geliat waria dan gay atau transgender ditanah air begitu kentara. Hubungan emosional para waria, gay dengan Jokowi memang sangat jelas sekali.

Kabar dan Gambar Solena Chaniago, Waria International Asal Sumbar Kembali Ke Indonesia

Bersamaan dengan geliat itu, muncul pemberitaan dunia maya kembali diramaikan tentang salah satu transgender yang berdarah Indonesia. Adalah Solena Chaniago yang disebut-sebut menjadi transgender Asia pertama yang berhasil menembus dunia selebriti dunia.

Solena lahir di Padang, Sumatera Barat, dengan jenis kelamin laki-laki. Dia bahkan pernah menjadi finalis Uda Sumatera Barat pada 1994, seperti dilansir JPPN.

Konflik batin sempat dialami Solena saat harus menjalani kehidupan seorang laki-laki. Sedari kecil, Solena mengaku memang sudah gemulai. Ia lebih suka mengenakan pakaian perempuan sedari dini.

Bahkan menurut pengakuannya, ia pernah menikah dengan wanita pada 2003 silam dan memiliki anak. Namun pernikahan itu berjalan tak bahagia karena ia merasa sejatinya adalah seorang wanita. Solena pun depresi.

Tahun 2005, Selena akhirnya memutuskan pindah ke New York dan mulai berkeinginan menjadi perempuan. Pada 2010, barulah ia memutuskan menjalani operasi ganti kelamin yang ditangani salah satu dokter terbaik dunia di Thailand. Ia disebut-sebut menghabiskan dana Rp1 miliar demi operasi payudara, bentuk badan, dan kelamin.

Hingga kini, Solena merasa bahwa dia sebenarnya terlahir untuk menjadi seorang wanita seutuhnya. Dari situlah ia mulai merintis karirnya di negeri orang.

Kabarnya, Solena yang kini bertempat tinggal di New York pernah mengukir karir dengan bermain di beberapa film Hollywood. Solena pernah bermain film dokumenter dan beberapa film pendek di Jerman dan Spanyol.

Solena pernah berakting di film komedi “The Extra Man” pada 2010 bersama Katie Holmes. Solena merasa sangat bersyukur mendapat kesempatan tampil beradu akting bersama aktris Hollywood, Katie Holmes. Dia mengasah bakat aktingnya bersama Katie Holmes di film yang bergenre komedi itu tahun 2008 silam.

Semakin percaya diri dengan kemampuan beraktingnya, Solena kemudian melanjutkan akting di New York pada 2010. Tidak disangka, keberuntungan datang kepadanya. Bintang kelahiran Padang tersebut dipilih oleh seorang sutradara bernama Antoine Fuqua untuk bermain di film“The Brooklyn Finest”. Film yang dirilis pada 5 Maret 2010 tersebut dibintangi aktor ternama Richard Gere dan menjadi film layar lebar pertama Solena.

Meski hanya mendapat peran kecil, Solena tetap bangga. Tak puas berkarir di dunia akting, ia melebarkan sayap menjadi penata rambut khusus pria di sebuah salon dan spa, Paul Labrecque, New York.

Dari pekerjaan tersebut, Solena pernah menangani rambut selebritas serta tokoh ternama dunia. Rambut Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton hingga manajer Justin Bieber, Scooter Braun, pernah ditanganinya.

Kini, Solena yang memiliki pacar berkewarganegaraan Jerman itu kembali ke Indonesia untuk mencoba peruntungan di dunia hiburan Tanah Air.

Tidak salah jika semua ini menjadi pertanyaan dikepala rakyat Indonesia, mengapa Solena Chaniago, Waria International mau kembali ke Indonesia dalam waktu bersamaan dengan kemenangan Jokowi.

Ternyata Solena kembali ke Indonesia dengan tujuan mendirikan klinik LGBT

Solena Chaniago, ingin kumpulkan orang kaya Indonesia. Untuk apa ya?

Liputan6.com, Jakarta Orientasi maupun identitas seksual yang berbeda dianggap sebagi hal yang tabu di Indonesia.  Namun, keberadaan orang yang menyukai sesama jenis maupun orang yang terperangkap dalam jenis kelamin yang dianggap tak sesuai dengan jiwanya atau yang biasa dikenal dengan LGBT - Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender, makin banyak terlihat.

Salah satu dari mereka adalah Solena Chaniago, seorang yang terlahir pria namun kini sudah menjadi wanita dan menjalani operasi alat kelamin di New York mengungkapkan harapannya menghimpun orang kaya di Indonesia untuk mendirikan sebuah klinik khusus LGBT.

"Ada banyak orang kaya di Indonesia, mengapa mereka dihimpun untuk membuat sebuah klinik bagi LGBT buat," terang Lena, sapaan akrabnya kepada Liputan6.com pada Rabu (1/10/2014).

Bukan tanpa alasan Lena yang berprofesi sebagai hair stylist di New York mengungkapkan hal ini. Bagi kaum transgender maupun transeksual misalnya, ia menginginkan agar mereka melakukan suntik hormon tak sembarang, di dokter yang tepat, bukan hanya dengan minum pil KB seenaknya.

"Coba lihat kaum gay, banyak kasus yang terkena HIV di Indonesia namun tak terekam. Banyak juga kaum gay meninggal di usia muda itu kemungkinan terkena HIV," terang Lena.

Oleh karena itu, ia ingin menghimpun orang-orang kaya di Indonesia untuk memberikan donasi untuk membuat klinik khusus LGBT demi kesehatan dan kualitas hidup kaum ini.

Tidak ada komentar: