Senin, 27 Oktober 2014

Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM RI

Jurnalis Independen: Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM RI – Sudirman Said dilahirkan di Brebes, tanggal 16 Bulan april 1963, kali ini menjabat selaku Direktur Utama PT. Pindad dan sekarang sudah menjadi Menteri ESDM dalam Daftar Nama Menteri Kabinet Kerja Jokowi  Tahun 2014-2019.


Sudirman Said Menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (Pendidikan Diploma pada tahun 1984 dan juga pendidikan Sarjana kepada tahun 1990), terus pada tahun 1994 Sudirman Said meneruskan di George Washington University, Washington DC, USA untuk program Master of Business Administration, Majoring in Human Resources Management and Organizational Behavior & Development.

Se-belum diangkat men-jadi Direktur Utama di PT. Pindad (Persero), Sudirman Said sudah berpengalaman di beragam institusi dan juga perusahaan. DI Era tahun 2003-2005 Sudirman Said menjabat selaku Direktur Keuangan & Admin, PT. Petrokimia Nusantara Interindo. Beliau jua pernah menjabat di sejumlah posisi di PT. Pertamina (Persero), salah satunya Staf Pakar Direktur Utama (2007-2008).

Sudirman Said bukanlah nama baru di sektor ESDM. Sejumlah jabatan eksekutif baik BUMN maupun perusahaan swasta bidang ESDM pernah diemban laki-laki kelahiran Brebes, 16 Bulan april 1963. Sudirman tercatat pernah berkarir di BUMN MIGAS, PT Pertamina (Persero).

Pada Awalnya, Sudirman Said dipercaya men-jadi Staf Pakar Dirut Pertamina kepada era Ari Soemarno. Selanjutnya, Sudirman Said dipercaya selaku Sekretaris Perusahaan, se-belum menduduki posisi strategis selaku Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC).

Sudirman Said juga pernah menjabat Wakil Dirut PT Petrosea Tbk dan juga Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk. Ke-2 perusahaan terbuka tersebut bergerak di bidang energi dan juga pertambangan. Namun, Sudirman Said belum kebanyakan berkiprah di birokrasi pemerintahan.

Sudirman Said diketahui pernah menjabat Deputi Kepala Badan Pelaksana Rekonstruksi dan juga Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias Bidang Pengembangan Kelembagaan dan juga Sumber Daya Manusia.

Sudirman Said adalah lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) kepada 1984.

Pada 1994, Sudirman Said meneruskan di George Washington University, Washington DC, AS untuk program Master of Business Administration, Majoring in Human Resources Management and Organizational Behavior & Development.

Tidak ada komentar: