Kamis, 01 Desember 2011

Buntut Penyerangan: Iran -Inggris Saling Tutup Kedubes



Jurnalis Independen: Inggris menutup kedutaan besar Iran di London dan mengusir semua stafnya pada Rabu kemarin (30/11) , mengatakan penyerbuan misi diplomatik Inggris di Teheran tidak bisa terjadi tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Iran.


Menteri Luar Negeri William Hague juga mengatakan bahwa Kedutaan Besar Inggris di Teheran telah ditutup dan seluruh staf dievakuasi menyusul serangan pada hari Selasa sebelumnya oleh kerumunan massa yang menerobos gerbang, menjarah kantor dan membakar bendera Inggris dalam aksi protes menentang Inggris.

Ini adalah insiden paling parah selama hubungan antara kedua negara memburuk karena sengketa yang lebih luas terkait mengenai program nuklir Iran.

Hague mengatakan duta besar Iran di Uni Eropa telah dipanggil untuk menerima aksi protes keras atas insiden tersebut. Tapi Inggris belum memutuskan untuk memutus hubungan dengan Iran sepenuhnya.

"Terkait insiden di Teheran maka kami memerlukan penutupan langsung kedutaan Iran di London dan meminta semua staf diplomatik Iran harus meninggalkan Inggris dalam waktu 48 jam," kata Hague kepada parlemen.

"Kami sekarang telah menutup kedutaan besar Inggris di Teheran. Kami telah memutuskan untuk mengevakuasi semua staf kami pada beberapa menit terakhi."(emi/mnt)

Tidak ada komentar: