Minggu, 04 Desember 2011

Amnesti Internasional Serukan Tangkap Penjahat Kemanusiaan George W. Bush


Jurnalis Independen: Zambia tidak akan menangkap mantan presiden AS George W. Bush selama tur Afrika nya karena hal itu dianggap melanggar hukum penyiksaan internasional, menteri luar negeri negara tersebut mengatakan Sabtu kemarin (3/12).


Sebelumnya Kelompok hak asasi Amnesty Internasional kamis lalu telah mendesak Ethiopia, Tanzania dan Zambia untuk menangkap Bush selama tur lima harinya yang bertujuan mempromosikan upaya-upaya untuk melawan penyakit seperti kanker, AIDS dan malaria.

"Pada dasar apa Amnesty International ingin kita untuk menangkap? Dan silahkan mereka menciptakan negara mereka sendiri dan menunggu Bush untuk mengunjungi negara mereka sehingga mereka dapat menangkapnya sesuai keinginan mereka dan tidak di sini di Zambia," kata Menteri Luar Negeri Chishimba Kambwili kepada AFP.

Bush di Zambia pada pemberhentian tur keduanya, setelah sebelumnya tiba di Tanzania pada hari Kamis.
Kambwili mengatakan Zambia hanya akan menangkap Bush jika Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dan organisasi internasional lainnya seperti PBB meminta pemerintah negara Afrika bagian selatan itu untuk melakukannya.

Amnesty International juga telah membuat seruan serupa untuk Kanada pada Oktober lalu ketika Bush mengunjungi British Columbia untuk mengikuiti KTT ekonomi.

Kelompok ini berpendapat bahwa Bush secara resmi mengizinkan penggunaan "teknik interogasi yang ditingkatkan" dan "waterboarding" terhadap tahanan yang ditahan secara rahasia oleh CIA antara 2002 hingga 2009.(emi/mnt)

Tidak ada komentar: