Selasa, 27 Desember 2011

Kanada Diam-diam Lakukan Pengiriman Bom Uranium ke AS



Jurnalis Independen: Kanada diam-diam mengangkut sejumlah besar senjata yang diperkaya uranium ke Amerika Serikat, menurut laporan media Kanada.

Sebuah dokumen rahasia federal yang dipublikasikan pada hari Selasa kemarin (27/12) mengatakan setidaknya satu muatan berupa uranium yang diperkaya telah ditransfer ke Amerika Serikat di bawah kesepakatan baru antara Kanada dan Amerika Serikat.

Muatan Kanada itu, yang diam-diam dikirim dari Chalk River di provinsi Ontario, berisi ratusan kilogram bom uranium, cukup untuk membuat beberapa bom nuklir sekelas bom Hiroshima.

Kasus ini hadir saat Komisi Keselamatan Nuklir Kanada, pengawas atom negara itu, berusaha untuk menjaga rahasia dengan menolak untuk melakukan dengar pendapat publik tentang hal itu atau mengungkapkan kepada masyarakat terkait rute transit pengiriman uranium ke AS.

Pengiriman bahan atom berasal dari kesepakatan yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan Presiden AS Barack Obama pada 2010. Kesepakatan itu ditandatangani di tengah kekhawatiran bahwa teroris mungkin mendapatkan akses ke senjata uranium.(emi/mnt)

Tidak ada komentar: