Kamis, 29 Desember 2011

Kapal Selam Nuklir Rusia Terbakar



Jurnalis Independen: Salah satu kapal selam nuklir terbesar Rusia telah terbakar ketika berlabuh di wilayah Murmansk utara tetapi tidak ada kebocoran radiasi yang dilaporkan sejauh ini, kata para pejabat.


Kapal Yekaterinburg seberat 11.740 ton itu menjalani perbaikan ketika kebakaran terjadi, membakar dengan cepat struktur kayu galangan kapal yang menjadi tempat perbaikan lambung luar kapal selam, juru bicara angkatan laut Armada Utara Vadim Serga mengatakan pada Kamis kemarin (29/12).

Sebuah helikopter khusus digunakan dalam operasi penyelamatan besar-besaran untuk memadamkan api dengan mengguyurkan berton-ton air dari atas.

Pekerja darurat, 11 awak kapal api dan angkatan laut terlibat dalam operasi pemadaman api ini.
Seorang juru bicara kementerian pertahanan mengatakan bahwa dua kapal selam reaktor nuklir telah dimatikan jauh sebelum perbaikan dimulai dan menegaskan bahwa  "tidak ada ancaman kebocoran radiasi nuklir."
"Unit listrik dimatikan dan sekarang kondisi sudah aman," kata juru bicara kementerian pertahanan Igor Konashenkov.

Armada Utara Rusia memiliki serangkaian kecelakaan kecil, di samping bencana yang mematikan pada bulan Agustus 2000 lalu, ketika 118 pelaut tewas di dalam kapal selam nuklir Kursk ketika kapal itu terbakar dan meledak di dalam laut. (emi/mnt)

Tidak ada komentar: