Rabu, 04 Januari 2012

Kuwait Bantah Mendanai Kelompok Salafi Mesir

Jur

Jurnalis Independen: Kuwait membantah memberikan pendanaan terhadap kelompok Salafi Mesir. Duta besar Kuwait untuk Mesir mengatakan pada Senin lalu bahwa laporan kementerian hukum Mesir yang mengatakan sebuah kelompok Kuwait telah menyumbangkan uang kepada kelompok Salafi lokal di negara Afrika Utara itu adalah "tidak benar."


"Laporan yang menyatakan lembaga Ihya At-Turats Kuwait telah menyumbangkan £ 114.493.643 Mesir ($ 18.895.100) untuk kelompok Ansharus Sunnah Al Muhammadiyah adalah tidak benar," kata Duta Besar Kuwait untuk Mesir Rasyid al-Hamad dalam sebuah wawancara dengan harian Kuwait al-Rai.

"Kuwait tidak mendanai kelompok-kelompok Islam manapun di Mesir, sehingga tuduhan ini tidak berdasar dan tidak kredibel. Kuwait tidak memiliki hubungan dengan Salafi di Mesir dan tidak mencampuri urusan politik dalam negeri Mesir. Namun, kami mendukung lembaga amal yang peduli anak yatim dan orang miskin dan kami memiliki bukti untuk mendukung kata-kata kami, "tambahnya.

Kelompok Ansharus Sunnah Al Muhammadiyah adalah kelompok Salafi terkemuka di Mesir dan telah dikenal menyuarakan pandangan "kontroversial" dan ultra-konservatif terhadap Kristen dan perempuan di negara itu serta diduga mendukung kekerasan.

Menurut duta besar, lembaga Ihya At-Turats Kuwait mengirimkan sumbangan melalui layanan solidaritas sosial Mesir dan kedutaan Kuwait di Kairo.

"Dukungan keuangan telah berlangsung untuk waktu yang lama, jauh sebelum perubahan politik di Mesir," katanya menegaskan.(emi/mnt)

Tidak ada komentar: