Kamis, 05 Januari 2012

Cucu Bung Karno: SBY-Boediono "Tak Gubris" Pancasila

Jurnalis Independen-Jakarta: Giliran Cucu Proklamator Bung Karno, Puti Guntur Soekarnoputra "menampar Pemerintah Sby - Bud, Cucu Sang Proklamator ini menganggap ada sebuah pelanggaran konstitusi yang dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah lalai/tak menggubris dan tidak melakukan sosialisasi Pancasila sebagai dasar negara.
"Bisa dikatakan, pemerintah lalai. Mengabaikan untuk mensosialisasikan Pancasila sebagai dasar negara. Dalam sistem pendidikan nasional kita, bahkan tak ada mata pelajaran Pancasila," kata Puti yang tak lain Wakil Sekertaris Fraksi MPR RI ini, di Gedung DPR, Kamis (5/1/2011).

Puti mengakui, rencana revisi UU Sisdiknas ini sangatlah penting. Ada beberapa pasal yang harus direvisi. Selain menambah mata pelajaran Pancasila, soal Ujian Nasional, termasuk soal rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI).

"Di dalam prolegnas kemarin, sudah dimajukan pembahasan revisi, ada beberapa pasal yang harus direvisi. Selain beberapa masalah, soal perguruan tinggi, juga termasuk kurikulum Pancasila yang harus masuk dalam kurikulum sekolah," Puti menandaskan.

Ditegaskan, perlu ada konsensus bersama beberapa fraksi di DPR agar rencana revisi UU Sisdiknas ini bisa dilaksanakan. "Pemerintah bisa dikatakan melanggar konstitusi karena "tak mau" mensosialisasikan Pancasila. Termasuk, menjadi bagian dari mata pelajaran di sekolah," imbuhnya.(tri/mnt)

Tidak ada komentar: