Minggu, 15 Januari 2012

Capres AS Rick Perry Bela "Prajurit AS" yang Kencingi Jasad Syuhada Taliban

Jurnalis Independen: Calon presiden AS dari Partai Republik, Rick Perry, mengatakan insiden Marinir AS yang mengencingi mayat pejuang Taliban di Afghanistan hanya sebuah contoh dari kenakalan anak-anak.

"Jelas anak-anak berusia 18 hingga19 tahun terlalu sering membuat kesalahan bodoh dan itulah apa yang terjadi di sini," ujar Perry dalam sebuah wawancara dengan CNN pada hari Minggu kemarin (15/1).


Gubernur Texas itu juga menuduh pemerintahan Presiden AS Barack Obama terlalu lebay dalam beretorika dan sehingga menghina militer dalam kecamannya terhadap insiden tersebut.

"Anak-anak membuat kesalahan, tidak ada keraguan tentang hal itu. Mereka seharusnya tidak melakukannya, itu buruk tetapi untuk menyebutnya sebagai tindakan kriminal, saya pikir hal tersebut terlalu jauh," tambah Perry.

Rekaman, yang telah diposting di situs berbagi video, YouTube, serta situs-situs lain pada Rabu pekan lalu, menunjukkan empat anggota Korps Marinir AS membuat lelucon cabul, saat mengincingi jasad tiga pejuang Taliban.

Insiden ini juga membangkitkan sentimen anti-AS di Afghanistan setelah lebih dari satu dekade perang di negara tersebut, dan memamng sudah waktunya AS hengkang dari Afghanistan.(fq/prtv/emi/mnt)

Tidak ada komentar: