Senin, 22 Juni 2015

Petinggi MEDCO Douglas B Scarborough, Ayah angkat Angeline

Sosok yang diduga sebagai ayah asuh Angeline dan dikabarkan mewariskan harta miliaran terkuak. Namanya Douglas B Scarborough, mantan pembesar pada sejumlah perusahaan tambang minyak dan gas bumi (migas). Dia juga dikenal sebagai ahli perminyakan.


Nama Douglas, pria asal Amerika Serikat ini, diungkap oleh seorang perempuan bernama Laura Scarborough. Laura menyebut, keberadaan Angeline berikut polemik kematian gadis cilik usia 8 tahun tersebut tidak terkait dengan Douglas.

"Tulisan mengenai kematian tragis Angeline di Bali, Mei 2015, tidak terkait dengan situs ini. Douglas tidak pernah mengadopsi Angeline. Dia hanya memiliki tiga anak perempuan: Sarah, Christina, dan saya sendiri," tulis Laura Scarborough pada satu situs dalam jaringan (online), Minggu (14/6/2015).

Terkait dengan Angeline, Laura menuliskan nama ibu asuh Angeline, Margriet Christina Megawe, adalah Margriet.

"Christina adalah putri dari Margriet dan Douglas. Margriet mengadopsi Angeline sendiri, dan sebagaimana laporan kepolisian menunjukkan, pembantu rumah tangganya, Agustinus Tai Hamdamai (Agus), bertindak sendirian dalam kejahatan menghebohkan menghilangkan nyawa Angeline."

Laura mengaku sebagai anak tertua Douglas. Dia membuat situs yang belum terkonfirmasi tentang Douglas melalui ourmemoryof.com, sebagai kenangan kepada ayahnya yang meninggal pada 17 September 2008 pukul 09.17 akibat serangan jantung di Singapura.

"Saya telah membuat situs ini untuk memberikan penghormatan kepada ayah saya. Harap membantu saya, berikan kontribusi konten dan ucapan belasungkawa untuk mengenangnya. Terima kasih kepada semua orang yang telah berbagi! Ini sangat berarti...."

Orang penting

Berdasarkan penelusuran Tribunkaltim.co, Laura mulai mengunggah pesan mengenai kematian Douglas pada 23 September 2008, enam hari setelah ayahnya meninggal.

Laura menggambarkan Douglas sebagai orang penting di bidang tambang minyak dan gas bumi. Dia memiliki banyak keahlian dan jabatan. Douglas juga tercatat sebagai penulis buku berjudul The Genesis Hypothesis yang terbit pada April 1998.

"Douglas Scarborough: explorationist (penambang), direktur, konsultan, pemikir, bapak, suami, kakek, ahli fisika, penulis, penemu, teman, rekan, dan banyak hal lainnya," tulis Laura.

Douglas lahir di Galveston, Negara Bagian Texas, Amerika Serikat, pada 26 Februari 1945. Ia anak bungsu dari lima bersaudara. Dia meninggal di Singapura pada 17 September 2008 pukul 09.17 Wita karena komplikasi dari serangan jantung.

"Dia begitu dicintai di seluruh dunia. Sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan bekerja di Indonesia, bekerja pada sistem seismik dan eksplorasi minyak. Selain kehebatannya dalam mengembangkan teknologi baru dan ide-ide, ia memberikan waktunya untuk membantu, dan mendukung tanpa pamrih untuk kawan-kawannya, keluarga, dan rekan."

Menurut informasi yang diperoleh Tribun dari sumber di Denpasar, Bali, Douglas pernah bekerja di beberapa perusahaan besar multinasional di bidang tambang minyak yang beroperasi di Kalimantan Timur dan daerah lain di Indonesia.

Menanggapi berita duka yang diunggah Laura mengenai kematian Douglas, tujuh tahun silam, banyak rekan mendiang memberi komentar.

Misalnya, praktisi perminyakan dari Rusia, Igor Tishchenko. "Saya pribadi dan semua tim Rusia berdukacita atas meninggalnya Pak Douglas. Kami mengucapkan belasungkawa yang besar untuk semua staf dari PT SVI (PT Sistim Vibro Indonesia), dan kerabat, untuk putrinya, Christina, Laura, dan Sarah, serta istri-istrinya, Ilse dan Telly." Telly nama alias Margreit Christina Megawe. Margreit juga memiliki putri bernama Yvonne Caroline Megawe.

"Pak Douglas benar-benar orang yang baik, manajer yang sangat kreatif, ahli geofisika, dan sahabat yang baik. Kami senang dapat bekerja sama dengannya di Indonesia, dan membesarkan perusahaan bersama Douglas selama 10 tahun terakhir," tulis Igor Tishchenko.

Hannes Schumann mengaku sudah bertahun-tahun mengenal Douglas. "Saya telah berada di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Saya sudah kenal Doug selama bertahun-tahun. Dia adalah teman baik, jujur, pikirannya tidak selalu mudah dicerna, tetapi selalu menarik, dan pemikirannya orisinal."

Rekan lainnya, Jean-Pierre Franger, menuturkan perkenalannya sekitar lima tahun sebelum Douglas meninggal.

"Saya bertemu Douglas hampir 5 tahun lalu, pertama sebagai rekan di MEDCO. Dia merupakan teman dengan pribadi yang sangat baik. Saya memiliki begitu banyak hal baik tentang dirinya. Kalau saya sampaikan semua, ruang ini tidak akan cukup untuk itu .... Semoga sahabat baikku istirahat dengan tenang."

Tidak ada komentar: