Selasa, 09 Juni 2015

Dan KRI Rencong 622 Letkol Laut (P) Rio Henrymuko menggantikan Letkol laut (P) Nanan Iskandar

Kariel Militer Alumni AAL XLIII
Jurnalis Independen: KRI Rencong-622, kapal perang dari jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmatim (Satkatarmatim) jenis KCR (Kapal Cepat Rudal) berganti komandan.

Pergantian komandan kapal buatan Galangan Kapal Tacoma SY, Masan, Korea Selatan pada tahun 1979 itu dilaksanakan dengan upacara militer di Lapangan Apel depan Mako Satkatarmatim, Senin (8/6).

Upacara serah terima jabatan tersebut dipimpin Komandan Satkatarmatim Kolonel Laut (P) Aria Cakra Wibawa.

Komandan KRI Rencong-622 diserahterimakan dari Letkol laut (P) Nanan Iskandar, yang akan menempati jabatan baru sebagai Komandan KRI Fatahillah-361, kepada Letkol Laut (P) Rio Henrymuko. Komandan KRI Rencong-622 yang baru merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XLIII tahun 1997 yang sebelumnya bertugas sebagai Perwira Renbangkuat Satf Operasi Mabesal.

KRI Rencong-622 merupakan kapal kedua dari kapal cepat klas Mandau. Kapal lain dalam kelas yang sama adalah KRI Mandau-621, KRI Badik-623, dan KRI Keris-624.

Awalnya KRI Mandau menggunakan Rudal Aerospatiale MM-38 Exocet sebanyak 4 pucuk, yang memiliki jangkauan maksimum 42 km dengan kecepatan 0,9 mach, berhulu ledak 165 kg, berpemandu active radar homing, bersifat jelajah inersia, sea-skimmer.

Sejak ada kerja sama alih teknologi dengan China Exocet maka mulai diganti dengan rudal C-802 buatan SACCADE. KRI Rencong-622 juga dilengkapi meriam Bofors 57 mm satu pucuk, meriam Bofors 40 mm satu pucuk dan  Kanon Penangkis Serangan Udara (PSU) Rheinmetall 20 mm dua pucuk.JI

Tidak ada komentar: