Rabu, 11 September 2013

Turki Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Jurnalis Independen: Menteri Turki , Tayyip Erdogan seperti dikutip pada hari Senin , bahwa pilihan Tokyo mengalahkan Kota Istambul menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 tidaklah adil.


Erdogan mengatakan pilihan yang dibuat oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) itu sangat jelas mem-blok dunia Islam.

“Tokyo dan Madrid telah pernah menjadi tuan rumah olimpiade sebelumnya, sedangkan Istanbul belum. Hal ini tidak adil, “Erdogan mengatakan  seperti yang dikutip di media Turki, menurut kantor berita Reuters.

“Di satu sisi, mereka memutuskan hubungan dengan dunia Muslim yang populasinya sebanyak 1,5 miliar orang.”

Voting atas Tokyo mengalahkan Kota Istanbul dengan meraih  60 suara untuk Tokyo dan  36 untuk Istanbul oleh anggota IOC di Buenos Aires pada hari Sabtu, keputusan tersebut memberikan ibukota Jepang itu sebagai tuan rumah Olimpiade untuk kedua kalinya.

Sedangkan Madrid telah tereliminasi dalam putaran pertama di pemungutan suara tersebut.

Kerusuhan anti-pemerintah oleh pihak sekuler baru-baru ini di Turki, serta konflik berdarah di tetangga Turki, Suriah diyakini telah mempengaruhi yang  menjadi alasan utama keputusan IOC untuk mengabaikan peluang Istanbul.

Ini kelima kali Istanbul gagal dalam tawaran pengajuan sebagai tuan rumah untuk olimpiade untuk tahun  2000, 2004, 2008 dan Olimpiade 2012, serta 2020.@Em


Tidak ada komentar: