Kamis, 19 September 2013

Pimpinan Majelis Rasulullah Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa Meninggal Dunia

Jurnalis Independen: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun. Pemimpin Majelis Rasulullah Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa dilaporkan meninggal dunia, Ahad sore (15/9/2013). Habib Munzir menghembuskan nafas terakhir pada pukul 15.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.


Berita meninggalnya Habib Munzir disampaikan kakaknya, Habib Nabil Al Musawa yang juga Ketua DPP PKS. Habib Nabil Al Musawa mengabarkan berita duka itu melalui akun twitter.

"Adinda Habib Munzir meninggal, mohon maafkan kesalahannya dan mohon doanya," tulis Habib Nabil di akun Twitternya, Ahad (15/9/2013), seperti dilaporkan Tribunnews.

Redaksi Muslimdaily.net belum mengetahui penyebab meninggalnya Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa.

Al-Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa atau lebih dikenal dengan Munzir bin Fuad bin Abdurrahman Al Musawa lahir di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, 23 Februari 1973. Ia merupakan pimpinan Majelis Rasulullah, sebuah komunitas majelis dzikir yang cukup besar di kawasan Jabotabek.

Ia merupakan anak keempat dari empat bersaudara dari pasangan Fuad bin Abdurrahman Al-Musawa dan Rahmah binti Hasyim Al-Musawa. Ayahnya bernama Fuad lahir di Palembang dan dibesarkan di Mekkah.

Setelah lulus pendidikan jurnalistik di New York University, Amerika Serikat, ayahnya kemudian bekerja sebagai seorang wartawan di harian 'Berita Yudha' yang kemudian berubah menjadi Berita Buana. Masa kecilnya dihabiskan di daerah Cipanas, Jawa barat bersama-sama saudara-saudaranya, Ramzi, Nabiel Al-Musawa, serta Lulu Musawa.

Ia mulai mendalami Ilmu Syariah Islam di Ma’had Assaqafah Al Habib Abdurrahman Assegaf di Bukit Duri Jakarta Selatan, lalu mengambil kursus bahasa Arab di LPBA Assalafy Jakarta Timur.

Selanjutnya, ia memperdalam lagi Ilmu Syari’ah Islamiyah di Ma’had Al Khairat, Bekasi Timur, yang dipimpin oleh Habib Naqib bin Muhammad bin Syekh Abu Bakar bin Salim. Ia banyak menimba ilmu di Ma'had al Khairat sebelum kemudian mengenal Habib Umar bin Hafidz yang kemudian diteruskan ke Ma’had Darul Musthafa di pesantren Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syech Abubakar bin Salim di Tarim Hadhramaut Yaman pada tahun 1994 untuk mendalami bidang syari'ah selama empat tahun. Di sana ia mendalami ilmu fiqh, ilmu tafsir Al Qur'an, ilmu hadits, ilmu sejarah, ilmu tauhid, ilmu tasawwuf, ilmu dakwah, dan ilmu ilmu syariah lainnya.@mz

*Keterangan gambar: Habib Munzir saat terbaring sakit dijenguk Ustadz Muhammad Arifin Ilham


Tidak ada komentar: