Rabu, 31 Juli 2013

21 Hari Ditahan Makhluk Gaib Kerajaan Menakkoncar

Dapat Mustika Kerajaan Majapahit Wahyu Keprabon Payung Tunggul Naga
 




Jurnalis Independen: Kalau sudah rejeki itu datang, kadang memang tanpa disangka-sangka. Seperti yang dialami Abdul hamid. Pria desa yang berprofesi pencari kayu bakar di Lumajang Jawa Timur. Abdul Hamid menemukan sebuah mustika Kerajaan Majapahit pusaka wahyu keprabon payung tunggul naga yang konon hilang. Mustika itu ditemukannya di petilasan kerajaan menakkoncar.


Ditemui di rumahnya. RT 5 RW 1 Desa Rejo agung Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Hamid (43),  mengaku dirinya di tunjuk sebagai pemegang amanah mustika kerajaan majapahit pusaka wahyu keprabon payung tunggul naga. Konon pusaka ini bisa dijadikan sebagai alat untuk pemersatu bangsa. Berkali-kali dirinya melalui bisikan gaib untuk mengambil pusaka tersebut.

Pertama, bisikan yang datang kepada dirinya terjadi ditahun 2006. Pada waktu itu dirinya ingat sekali kejadiannya tepat awal bulan Syawal. Dipertengahan malam ketika selesai melakukan solat tahajjud tepatnya sekitar tanggal 28 desember 2006.  Dalam bisikannya itu, bapak beranak 2 yang beristrikan seorang bernama Nami (39 thn) seolah ada yang memerintahkan dirinya untuk mengambil benda pusaka tersebut disekitar petilasan Kerajaan Menakkoncar. Kerajaan itu kini hanya berupa tumpukan batu bata dan tanah sisa partiran.

Kebetulan lokasi rumah Hamid tidaklah berjauhan dengan lokasi petilasan Kerajaan Menakkoncar tepat kira-kira seratus meter dari rumah Hamid. Sedangkan usaha Hamid sehari harinya  adalah seorang pencari kayu bakar dan seorang pengrajin pembuat patung.  Segala jenis patung mulai jenis yang terbuat dari semen maupun dari jenis kayu. Menurut Hamid selama ini dirinya menjalankan amanah sebagai pemegang pusaka sering melihat kejadian aneh. Dalam pandang batinnya, seakan-akan dilokasi petilasan Kerajaan Menakkoncar berdiri megah dan mentereng. Sebuah Istana Kerajaan yang dihiasi dengan pernak pernik kilauan permata. Dalam batinnya ia melihat layaknya sebuah kenyataan kerajaan secara nyata.

21 Hari Jadi Tahanan Makhluk Gaib Kerajaan Menakkoncar
Dirinya seakan melihat langsung tanpa tabir, sosok raja berpakaian kebesaran memakai mahkota dikepala. Sementara itu sosok prajurit kerajaan atau disebut dengan para punggawa serta para patihnya berdiri tegap perkasa. Mereka memakai pakaian lengkap, berbaju besi dengan lapis baja. Ditangan mereka memegang sebuah pedang ditangan dan tameng yang juga terbuat dari besi baja.

Badan para prajurit atau punggawa terlihat sangat gagah sekali. Bertubuh tegap membusung dada layaknya seperti seorang prajurit pasukan tentara perang. Menurut Hamid tempat yang didalamnya mengandung kekuatan gaib itu mulai diketahui secara langsung sejak 21 mei 2007 lalu. Saat Hamid mencari kayu bakar diatas sebuah gundukan petilasan Kerajaan Menakkoncar. Hingga sekarang, lokasi ini dianggap sangatlah wingit oleh warga.

Saat melihat wujud kerajaan itu, seketika tubuhnya tidak bisa digerakan. Seolah ada pagar gaib yang mengikat tubuhnya. Sementara dalam keadaan tidak dapat menggerakan tubuhnya, kedua telinganya menangkap suara yang menginginkan dirinya tidak beranjak dari tempat itu selama dua  puluh satu hari.
Lantaran tidak bisa berbuat apa-apa, terpaksa dirinya menurutinya. “Sebab mahluk mahluk gaib tersebut menghalangi kepulangan saya kerumah,”ungkap Hamid, mengawali cerita.

Saat berdiam diri di tempat tersebut, hamid sendiri semula tidak punya pikiran apa apa. Karena dia tidak pernah mendapat firasat apapun. Spontan saja karena ada banyak mahluk gaib di sekitar  tempat tersebut, yang menyerupai raksasa besar menghalangi jalan untuk pulang. Akhirnya Hamid menuruti segala perintah suara yang membisikinya.

Lalu apa yang terjadi kemudian? Sampai akhirnya setelah dua puluh satu hari berdiam diri ditempat itu dalam keadaan setengah telanjang. Lalu tiba tiba dirinya merasakan ada sesuatu yang lain kedua belah matanya menangkap sebuah cahaya seperti senter makin lama cahaya itu semakin besar dan menyilaukan. Ditepi sinar itu seperti ada jutaan kunang kunang kecil berterbangan.

Dia bukan saja kaget tetapi takut, sinar sangat bersih dan seolah olah melubangi dari dalam tanah gundukan tersebut ujarnya. Lalu kemudian  dalam cahaya itu muncul secara berlahan lahan bentuk tubuh sosok seorang laki laki. Semula samar namun makin lama semakin jelas. Laki laki itu berpakaian seperti seorang raja memakai pakaian serba putih dengan hiasan mahkota  berkilauan di kepala. Wajah yang bulat dan tampan penuh dengan keelokan, serta karisma tinggi.

Bertemu Arya Wiraraja Raja Lumajang
Entah perasaan takut hilang begitu saja dari kalbu berganti dengan kagum dan hormat. Seolah olah pria itu sudah lama mengenal sosok seorang laki laki berpakaian kerajaan. Tanpa sadar dia menghatur salam seperti seorang bocah yang sedang berhadapan ayahnya. Perlahan laki laki perkasa itu mendekat tanpa menggerakkan kaki. Ia melayang sekitar 20 cm diatas permukaan tanah. Ia tidak bicara dan hanya tersenyum manis, namun telinga Hamid seolah mendengar laki laki perkasa berbicara dengan suara bersih dan hangat.

Aku akan bicara banyak disini, cucuku “kata suara itu. Aku adalah Arya Wiraraja atau Prabu menakkoncar raja dari kerajaan Lumajang ini. Nama asliku Banyak Wedi dan aku dilahirkan dari keturunan resi atau pendeta pada tahun 1232 masehi. Aku dilahirkan di dusun Nangkaan desa Ranupakis kalau sekarang dikenal dengan Kecamatan Klakah Lamajang. Hamid tertegun mendengar suara itu begitu anggun dan berpengaruh seolah menyedot seluruh jiwa dan membawanya terbang keangkasa luas, jelasnya.

Kemudian laki laki perkasa itu menerangkan kepada Hamid, kalau dirinya pernah juga jadi penasehat spiritual Kerajaan Singasari.  Lalu pada tahun 1269  masehi atau diumur 37 tahun dia dipindahkan untuk mejadi Adipati Madura di Sumenep dan bergelar Arya Wiraraja. Pada saat Kerajaan Tumapel atau Singasari runtuh, Arya Wiraraja memainkan peranan yang penting dalam mendirikan cikal bakal kerajaan Majapahit. Mulai pembukaan Hutan Terik, menyediakan pasukan Madura untuk membantu Raden Wijaya, sampai strategi untuk menghancurkan pasukan Kediri dan pasukan Mongol Tartar pada tahun 1293 masehi jelasnya lagi.

Berdasarkan perjanjian Sumenep Arya Wiraraja mendapat bagian wilayah timur yang kemudian disebut sebagai Lumajang, tigang juru, dan fakta disahkan pada tanggal 10 Nopember 1293 masehi, bersamaan dengan kelahiran kerajaan Majapahit terangnya. Sedangkan berdasarkan bukti bukti yang ada menurut Babad Pararaton, Banyak Wedi selain bergelar Arya Wiraraja juga punya gelar Prabu Menakkoncar. Kerajaan Lumajang tigang juru ini berdiri kokoh sampai tahun 1316 masehi. Dan petilasannya dibuka ibu kota Arnon atau Kuternon dikawasan Biting Lumajang ungkapnya. Sedangkan  Arya Wiraraja meninggalkan banyak keturunan. Diantara keturunannya yaitu Maha Patih Nambi yang menggantikan ayahnya Raja Lumajang dan gugur mempertahankan kebesaran Kerajaan Lumajang pada tahun 1316 masehi. Selain itu Ranggalawe keturunan  kedua Adipati Tuban Pertama pada tahun 1295 masehi, karena melakukan perlawanan pada kerajaan Majapahit, dari Ranggalawe inilah tersambung keturunan generasi keempatnya yaitu Raden Sahid atau di kenal Sunan Kalijaga, yang juga merupakan keturunan Arya Wiraraja.

Selanjutnya Adipati Suradikara meneruskan Kerajaan Lumajang tigang juru mempunyai keturunan raja raja di kerajaan Patukangan atau Panarukan dan Blambangan seperti Prabu Tawangalun ujar Hamid.

Mendapat Hadiah Mustika Kerajaan Majapahit Wahyu Keprabon Payung Tunggul Naga

Menurut Hamid, dalam pertemuannya dengan  Prabu Arya Wiraraja Raja Lumajang itu dialam gaib  memberitahukan kepada dirinya kalau sosok prabu itu telah mendapat wahyu keprabon. Di jelaskan   bahwa orang orang tertentu saja yang mendapatkannya hanya kamu cucuku, katanya. Kemudian sosok laki laki  gaib itu, mendekati Hamid yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Hamid. Laki-laki yang mengaku Prabu Menakkoncar itu mengatakan kamu akan aku berikan pensiunan seumur hidupmu. Terimalah benda pusaka ini, dan ini adalah mustika  pusaka Kerajaan Majapahit yang telah hilang.

Pusaka ini bernama Mustika Kerajaan Majapahit Wahyu Keprabon Payung Tunggul Naga. Pusaka ini memiliki kekuatan gaib terangnya lagi. Masih dengan Hamid bercerita benda pusaka ini apabila dipegang para kyai, maka kyai tersebut akan bakal diangkat derajatnya, dan apabila dipegang para punggawa atau raja maka raja tersebut akan kekal jabatannya,  dan akan makmur rakyatnya, tuturnya sambil menirukan kata-kata prabu menakkoncar dalam pertemuannya dialam gaib dengan yakin.

Silang Sengkarut Wahyu Keprabon
Hamid mengatakan sebenarnya semenjak akhir periode orde baru ini banyak mendengar masalah Wahyu Keprabon. Namun kiranya sedikit saja orang orang yang mengetahui seluk beluk apa itu wahyu keprabon. Wahyu  Keparabon adalah wahyu yang begitu kental dalam tradisi kesusastraan jawa. Bagi siapa yang memegang Wahyu Keprabon dialah yang menjadi pemimpin. Menjadi Kesatria Piningit yang akan membawa berkah agung bagi rakyat yang dipimpinnya. Dan akan bakal “nyunggi drajat” kepemimpinan tertinggi di dalam suatu Negara. Juga akan ada semacam jaminan serta kekuatan supra satria akan menjadi pemimpin yang membawa berkah kemakmuran bagi rakyat yang di pimpinnya. Membawa berkah agung bagi bangsa yang dikelola lanjutnya hamid menjelaskan.

Dalam istilah jawa wahyu diartikan sebagai konsep Jawata Agung.  Lebih jelasnya kebijaksanaan yang diperoleh oleh manusia dengan cara gaib. Datangnya wahyu tidak dapat dipaksakan tetapi hanya diperoleh melalui media dan hanya kepada seseorang yang terpilih. Yakni orang orang kuat, memikul derajat tinggi memenuhi syarat dalam hal budi pekerti tindak perbuatan selalu hemamayu hayuning bawana terhadap alam semesta seluruh isi penghuninya. Kepada sesama manusia, mahluk halus binatang dan tumbuhan sebagai refleksi dimana kesadaran spiritualnya telah berada dalam tingkatan sejati ning jalma, manusia sejati ujar hamid.

Manusia yang demikian itu yang mempunyai sikap dan perbuatan selalu selaras harmonis dengan hukum keadilan dan keseimbangan alam. Persyaratan ini seseorang dapat memenuhi daya upaya melalui mesu raga dan mesu jiwa atau melakukan semedi, bertapa. Atau jalan lain yang behubungan dengan laku atau perbuatan batin jelasnya. Dan Wahyu Keprabon merupakan ajimat pusaka dari warna pancaran cahaya yang memiliki jiwa keterbukaan jalan bagi seseorang untuk memperoleh kekuasaan. Namun bukanlah sembarang kedudukan sebagai pemimpin, karena Wahyu Keprabon Payung Tunggul Naga dikhususkan untuk memperoleh kedudukan orang nomor satu atau seorang presiden disuatu negara ujar lagi hamid.

Lanjut terang Hamid menuturkan, selain  itu Wahyu Keprabon tersebut diserupakan sebuah pusaka yang selama ini masih belum ada tandingannya. Kemudian akhir percakapan dengan sosok Arya Wiraraja yang gaib, Hamid kini merasa bingung atas kejadian yang dialami selama ini. Sampai sekarang saya masih belum mengetahui apa maksud dan tujuan dari amanah mustika kerajaan majapahit pusaka wahyu keprabon payung tunggul naga yang diberikan para raja raja dulu  kepada saya katanya.

Pusakanya Para Petinggi Negara
Sementara itu banyak para tetangga berkunjung kerumah bahkan pihak Pemkab Lumajang sendiri yang kabarnya mau melihat pusaka tersebut ujar Hamid. Dikatakan Hamid, setelah kabar penemuan pusaka itu, bukan saja warga Lumajang yang penasaran untuk melihatnya. Bahkan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) Mojokerto pun datang untuk melihat temuan spektakuler tersebut.

Banyak yang datang ke rumah saya, bahkan ada yang mau membeli pusaka itu. Sampai sekarang saya dan suami tidak mengijinkan “jelas nami istri Hamid. Nami yang sehari harinya setia membantu sang suami mencari kayu bakar untuk kebutuhan menghidupkan anak anaknya, berharap besar kepada Pemkab Lumajang. Agar segera melakukan  penelitian terhadap pusaka temuannya itu. Karena jika tidak ada tindakan cepat oleh Negara dikhawatirkan ini akan membuat resah dia dan keluarganya, lantaran banyaknya orang yang datang kerumah saya.

“Siapa tahu setelah dilakukan penelitian benda pusaka itu akan menjadi milik Negara yang bisa memakmurkan rakyat, urai Nami.

Meski benda itu mengandung kekuatan gaib, namun Hamid tidak menyimpannya didalam tempat yang aman seperti halnya benda biasa. Hamid mengatakan selama dibulan terakhir ini dirinya tidak menyangka benda pusaka itu selalu memancarkan cahaya putih agak kemerah merahan.  Dan pusaka tersebut diketahui sebuah benda yang punya kekuatan dahsyat. Namun anehnya benda tersebut seolah punya nyawa bisa bergerak sendiri.

Ketika saya menolong seorang yang lumpuh tidak bisa berjalan bertahun-tahun, kemudian penyakit lumpuh yang diderita selama ini bisa sembuh total dan bisa berjalan. “Hanya lantaran minum rendaman benda pusaka itu, penyakit yang diderita si pasien sembuh berangsur-angsur, “kata Hamid.  Dengan kejadian aneh itu, bagi dirinya tidak menjadi permasalahan, juga dirinya tidak pernah mencoba untuk bertanya kepada siapa- siapa. Termasuk kepada orang pintar yang selalu menemuinya.  Bagi dirinya mungkin kehendak raja-raja terdahulu menitipkan kepada dirinya, dan memang harus menjadi orang yang berhak menerimanya, begitu pikir Hamid. Namun diakui Hamid sekarang benda pusaka tersebut, kini sudah banyak orang yang ingin memilikinya dan menjadi salah satu benda pusaka incaran. Mulai dari dalam negeri sampai luar negeri bahkan kondang di banyak Negara Asia, bebernya. 

Masih menurut Hamid bahwa dirinya di beri benda itu adalah merupakan wahyu keprabon dan amanah besar untuk menolong sesamanya. Di areal petilasan Kerajaan Menakkoncar inilah tumpukan narasi purba dari dusun Biting desa Kutorenon, puing bata itu bertumpuk seputar lubang berdinding bata berbentuk segi empat berukuran sekitar 4 meter x 4 meter persegi. Gundukan yang kini menjadi kebun itu, bekas bangunan pos suatu benteng pertahanan katanya.

Bangunan itu bagian dari pagar tembok sepanjang ratusan meter yang terletak ditepi sungai berbentuk bukit. Situs ini merupakan sisa peninggalan Kerajaan Lumajang. Biting kata bahasa jawa yang berarti benteng. Kata itu berasal dari basalikon atau kalau dikeraton Jogjakarta disebut pengingukan/tempat pengintaian. Benteng ini merupakan benteng lintas masa. Selain itu  merupakan situs langka. Diperkirakan sudah ada saat mulai kerajaan Singasari diperintah Raja Wisnu Wardana pada abad ke XIII.

Lumajang Kota Sejarah dan Pusaka 6 Miliar
Dalam kerangka doktrin politik Cakrawala Manggala Jawa atau kesatuan pulau jawa itulah raja mengangkat Nararya raja bawahan pada tahun 1255 masehi. Diantaranya Nararya Kirana Kerajaan Lumajang. Secara geografis, kawasan Biting datar sehingga lebih mudah membangun infra struktur kota, dan wilayahnya juga relatif aman dari jangkauan letusan gunung semeru dan gunung Lamongan di Lumajang imbuhnya.

Keberadaan Kerajaan Lumajang juga menjadi pusat pemerintahan penting sampai abad XII, dan  Lumajang menjadi wilayah yang diperebutkan Mataram dengan Bali. Wilayah sekitar petilasan kerajaan itu dikelilingi sungai bondoyudo dari sisi utara, sungai winung disebelah timur, sungai cangkring sebelah selatan, dan sungai ploso sebelah barat.  Wilayah itu dijadikan tempat untuk mencari kayu bakar oleh masyarakat sekitarnya. Di tempat itulah populer disebut Situs Petilasan Kerajaan Menakkoncar. Berbentuk gundukan yang ada sumber mata airnya, itu juga dijadikan untuk ritual tirakatan. 

Sedangkan bangunan sisa-sisa pagar tembok tersebut masih terlihat. Sekitar 1.500 meter  dari puing puing bata itu terdapat bekas bangunan partiran tempat mandi dan menyucikan diri. Bangunan kedua itu kini tertutup tanah. Tinggal sumber airnya yang masih sering dimanfaatkan masyarakat Bali untuk ritual keagamaan karena dipandang sebagai air suci yang dianggap mengandung kekuatan gaib dan wingit.

Kesaksian warga membenarkan adanya peristiwa ganjil yang sampai sekarang masih terjadi. Tempat keramat petilasan kerajaan menakkoncar itupun bahkan sampai kini sering digunakan sebagai tempat tirakatan  untuk mencari pesugihan. Warga setempat tidak menolak sejumlah orang baik dari dalam maupun dari luar daerah sering datang bertirakatan. Mandi kembang disumber mata air yang dianggap wingit tersebut. 

Ditempat petilasan Kerajaan Menakkoncar inilah Hamid mendapatkan Mustika Kerajaan Majapahit Pusaka Wahyu Keprabon Payung Tunggul Naga. Kesaksian warga membenarkan adanya peristiwa ganjil yang sampai sekarang masih sering terjadi.  Areal Petilasan Kerajaan Menakkoncar ini masih hanya berjaraj 5 kilometer dari gerbang Kota Lumajang. Tepatnya berada di sepanjang jalan Soekarno Hatta atau lebih mudahnya disebut jalan pintu raya gerbang Kota Lumajang.

Petilasan ini juga masih terlihat kokoh. Selain itu juga dikelilingi pohon beringin tua yang diperkirakan umurnya sudah ratusan tahun. Jenis tanaman pohon yang diperkirakan sudah mencapai usia tua umur ratusan tahun antara lain pohon beringin dan bunut. Selain itu menurut cerita Hamid diareal petilasan tersebut banyak orang-orang yang sakti mandra guna yang dimakamkan diareal petilasan itu. diantaranya seperti sayyid Abdurrahman guru spiritual agama islam dari Prabu Menakkoncar Arya Wiraraja, Ratu Majapahit Kencono Wungu beserta menterinya Patih Lugender dan  Damarwulan. Petilasan ini juga menyimpan banyak peninggalan berupa berbagai pusaka peninggalan orang-orang sakti terdahulu.


Menurut Hamid beberapa waktu lalu, ada seorang pria keturunan melayu bernama Jaka, yang datang dan meriksa pusaka tersebut. Jaka yang ahli ilmu gaib asal Malaysia itu, mengatakan bahwa benda pusaka itu benar benar mengandung kekuatan gaib yang ada tandinganya. Bahkan ia berani menawar Rp.60 miliar. Jaka mengatakan dirinya berani membayar dengan harga tinggi sebelum penilik dari Balai Peletarian Sejarah dan Nilai Tradisional memeriksa dan membawabarang yan gia percaya bisa mensejaterahkan rakyat Malaysia juka pusaka itu diboyong kenegaranya. @Wahyudi

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Portal Energi sebuah portal untuk membuka gerbang gaib dan gerbang dunia manusia orang yang mampu membuka gerbang ini mampu mengakses apapun yang kita inginkan dan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih cepat dalam proses pencapaian-pencapaian tertentu dalam hidup kita

Keilmuan ini bisa dipelajari oleh siapapun baik yang berbakat ataupun tidak berbakat

Manfaat Program Portal Energi ini :

* Mampu membaca pikiran orang
* Mampu melakukan telepati
* Menjadi orang yang cerdas secara spiritual dan intelektual
* Mampu mengakses sumber daya di dunia manusia ataupun gaib
* Mampu membuka gerbang dunia gaib dan gerbang dunia manusia dengan terbukanya kedua gerbang tersebut :
- Mampu menemukan benda yang hilang
- Mampu mengetahui isi hati orang lain
- Dan lain-lain manfaat yang tidak disebutkan satu persatu. Anda bisa mengembangkan sendiri kemampuan ini untuk hal lainnya sesuai kebutuhan

* Mampu membaca al-Quran dengan baik, lancar dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta paham cara berhenti dan memulai bacaan (waqaf wal ibtida)






http://pelatihanintienergi.com/portal-energi.php

telepon : 085 777 269 266 / 0812 8202 7639

Risma mengatakan...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Slamat pagi teman..
Bingung dengan pengeluaran yg tiap bulan bahkan tiap hari semakin banyak???
Gak perlu binggung lgi...karna ada yang bisa membantu memulihkan keuangan serta kebutuhan sehari hari....
Saya risma, ingin berbagi kpd teman semua...tentang ilmu pesugihan yang sudah saya jalankang sampai sekarang.
Alhamdulillah sekarang usaha saya di kampung semakin maju walaupun saya hanya seorang tkw di taiwan,, dan kerja saya pung sampai sekarang tetap bejalan. ,,
Saya ucapkan terima kasih kepada ki aron yang meluangkan waktunya untuk saya,,,, konsultasi dengan ki aron selama ini, benar benar sangat luar biasa.... Selain hebat, ki aron juga punya keahlian banyak. seperti, Angka togel,, Santet,, Penarikan dana ghaib,,, Pelaris,,, dan Pelet,,,,
Info:
Hub: 085343909178
Line:ahli spiritual pesugihan.

Unknown mengatakan...

saya asari alfiandi 22 tahun asal jawa timur, kalo sebaiknya pusaka itu disimpan oleh pemiliknya saja yang telah diwariskan kepadanya. karna kalo sudah mendapat amanah untuk memegangnya maka harus di tepati. insaallah benar akan semua kabar tentang kesaktian dan kekuatan yang di miliki oleh payung tersebut, saran yasa untuk pemilik pusaka tersebut, simpan dan jangan diserahkan kepada siapapun pusaka tersebut, karena itu amanah bagimu untuk memilikinya di dunia ini.

Unknown mengatakan...

Trimaksih untuk nyai kanjen dewi sinta purbasari karna berkat nyai sy bisa menbayar utang sy yang bgitu bnyak dengan bantuan lewat pesugihanyaa oleh karna it bagi saudara saudaraku dijawa maupun di luar jawa yg ingin mendapatkn kemudahan jalan dngn mencari modal usaha mnbayar utang yg menunpuk silahkn anda meminta bantuan lansung dri nyai dewi sinta purbasari silahkan hub lansun no nyai dewi sinta purbasari tampa perantara silahkan hub lansung di no nyikanjen no tlvng 082247121116. Dengan segenap keluaraga besar muhammad yasin - bandung jawa barat mengucapkan banyak trimaksih kepada nyikanjen purbasari wassalama .

Unknown mengatakan...

Stone is also incorporated into this type of agate stone starches commonly referred to as chicken or magnetsteen western term for when subjected to a magnetic iron, the stone will move stick.
togel singapura

Unknown mengatakan...

Ngimpi semua...khayala nya bagus....ngawur nglantur