Sabtu, 06 Juli 2013

Solar Impulse Pesawat Tenaga Surya AS Uji Akhir


Jurnalis Independen: Inilah bukti Negara Adidaya. Amerika Serikat (AS) membuktikan sebagai Negara penguasa tehnologi termutakhir. Buktinya, Pemerinta AS  itu sukses menerbangkan Solar Impulse pesawat tenaga surya pertamanya melewati rute terakhir dari Bandara Dulles menuju New York. Gak seperti Indonesia, ngurus BLSM aja nggak becus!


Pesawat bertenaga surya, Solar Impulse, memulai perjalanan terakhir penerbangan lintas negara bagian Amerika yang bersejarah dengan lepas landas dari Bandara Dulles menuju kota New York, Sabtu (6/7).

Pilot Bertrand Piccard melambaikan tangannya sesaat setelah pesawat bertenaga surya, Solar Impulse, yang dikendarainya mendarat di Dulles, Washington DC (Foto: dok). Solar Impulse telah memulai penerbangan lintas negara bagian terakhirnya, dengan lepas landas dari Bandara Dulles menuju New York, Sabtu (6/7).

Sebuah pesawat bertenaga surya telah lepas landas dari sebuah bandara di pinggiran kota Washington DC, untuk memulai perjalanan terakhir dalam penerbangan lintas negara bagian Amerika yang bersejarah.

Pesawat dengan nama Solar Impulse itu terbang meninggalkan Bandar Udara Internasional Dulles sebelum pukul 05:00 pagi hari Sabtu waktu setempat dalam perjalanan menuju kota New York. Rencananya penerbangan pesawat revolusioner itu akan melewati Patung Liberty sebelum mendarat di bandara New York - JFK Minggu pagi.

Pesawat, yang bertenagakan kira-kira 11.000 sel surya itu, dapat terbang hingga ketinggian 30.000  kaki dengan kecepatan maksimal  45 mph. Solar Impulse meninggalkan kota San Francisco awal bulan Mei dan telah singgah di Phoenix, Dallas-Fort Worth, St Louis, Cincinnati dan Dulles Airport.

Penerbangan lintas negara bagian itu merupakan persiapan bagi rencana penerbangan ke seluruh dunia tahun 2015 dengan jenis pesawat yang lebih dikembangkan.@JI


Tidak ada komentar: