Selasa, 19 Februari 2013

Matrix 05

Peringatan
Artikel-artikel di dalam seri The Matrix kebanyakan di luar kotak pemikiran biasa. Ada yang menyentuh ilmu-ilmu kerohanian tertentu terutama Ilmu Tasawuf (Sufism). Jika ada di antara artikel di dalam seri ini telah mengganggu ketentraman Anda, Anda tidaklah digalak melanjutkan pembacaan. Jika Anda merasa keliru atau sangsi setelah membaca isinya, terutama mengenai ajaran spiritual, lihat guru-guru agama yang mursyid dalam bidang Tasawuf.
Sekiranya perlu lihat AlQuran dan AlHadis serta kitab-kitab Tasawuf yang muktabar, sekadar menyebutkan contoh seperti Tanwirul Qulub, Minhajul Abidin, Futuhatul Ariffin, Sirus Salikin dan Hikam, atau lebih bagus sebagai permulaan kitab Imam Al-Ghazali, Ihya 'Ulumuddin.The Matrix adalah sekadar model untuk pemahaman masalah kehidupan manusia dari kacamata terakhir, di mana tidak mengubah sedikit pun konsep dan kepercayaan sebenarnya ilmu spiritual itu sendiri.Dalam hal ini MistisFiles mencoba untuk menyederhanakan isinya sesuai dengan tingkat pemahaman publik.

Kepada pembaca seri Matrix yang baru, silahkan periksa seri Matrix sebelumnya untuk pemahaman yang lebih jelas. Berikut adalah Matrix05 di bawah judul "Matrix Lebih Tinggi"

MO
"We are not human beings on a spiritual journey. We are spiritual beings on a human journey " ( Stephen R. Covey)

Di dalam dunia yang kita berhidup sekarang, sebenarnya ... adalah salah satu dari berinfiniti alam yang tercipta sebagai makhluk Tuhan.Alam ini, di mana manusia dapat merasainya dengan semua derianya adalah dinamakan Alam Nasut dalam istilah Tasawuf, di mana alam ini juga tidak diketahui anggaran dan ukurannya keluasannya.Dari sebesar-besar semesta yang gelap gulita dengan segala galaksi dan dimensinya, sampai sekecil-kecil jasad; elektron, proton, bozon, quark sampai ke partikel mikron yang kini sedang dipecahkan di laboratorium CERN, sesungguhnya akal manusia yang dikatakan lebih hebat dari superkomputer ini juga tidak mampu untuk menebak betapa luas dan hebatnya alamnya sendiri, Alam Nasut ciptaan Rabbul Izzati, apalagi untuk membicarakan alam malakut.

Kita tidak tahu untuk apakah alam ini diciptakan sehebat-hebatnya.Pernahkah kita bertanya ke dalam hati kita, pada malam yang gelap ketika merenung luas langit yang ditaburi bintang-bintang, untuk apakah semua ini dibuat? Untuk apakah Alam Nasut ini dibuat hanya untuk menempatkan manusia yang lemah ini beserta hewan-hewan untuk penggunaan mereka? Mengapa alam yang begini luas dibangun hanya untuk memuat bumi manusia yang di dalamnya para manusia sibuk berperang, bergaduh dan-bunuhan sesama sendiri? ADA RAHASIA DI SINI.Jika kita memahami konsep mikro dan makro dalam diri manusia itu sendiri, kita akan dapat memahami mengapa alam seperti luas, hanya dibuat buat manusia yang lemah dan bodoh ini.

Jika kita dapat memahami Alam Nasut ini, barulah kita dapat bercerita tentang Matrix yang lebih tinggi darinya.Barulah kita dapat memahami mengapa Tuhan menciptakan alam-alam yang lain seperti Alam Jabarut, malakut dan Lahut.

Matrix Lebih Tinggi
"Maha suci Allah dari bertempat atau bergerak atau berpindah-pindah"
(Sirus Salikin)

Di dalam pembahasan Matrix sebelum ini, kita tahu bahwa prinsip pertama untuk memahami Matrix adalah:

Untuk entitas yang ada di dalam Matrix, ia berjumlah terbatas; tidak terkira banyaknya.Di luar Matrix, tidak Matrix.

Entitas fisik kita tidak akan mampu mengetahui apa yang diluar Matrix yang kita tinggal sekarang, tetapi entitas spiritual kita yang memungkinkan kita tahu apa yang terjadi di luar Matrix.Akal manusia tidak akan dapat menjangkaunya meskipun 100 Albert Einstein dikumpulkan dan disuruh untuk menciptakan mesin yang mampu menembus Matrix manusia ini (Alam Nasut). Hanya rohani yang kuat dan tepat dapat mengetahui keberadaan Matrix selain Matrix manusia.INILAH perbedaan antara AKAL DAN ROHANI.Sejak ribuan tahun sebelumnya, para petapa, ahli agama, orang suci, rahib, biarawan dan para sufi mencoba untuk mengungkapkan Matrix diluar mereka.SEBENARNYA manusia tidak akan pernah tahu berita-berita tentang Matrix diluar mereka jika tidak diberitahu.Siapakah yang memiliki pengetahuan tingkat tinggi ini, di mana tidak ada ilmu sains yang mampu mencapainya?? Tidak lain tidak bukan adalah para Nabi-nabi dan Rasul-rasul.Mereka adalah para manusia yang terpilih, yang mendapat wahyu, yaitu berita-berita dari TUHAN, yang berada DI LUAR MATRIX, atau lebih tepat lagi YANG TIDAK BERGANTUNG dengan apa-apa MATRIX.

"Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan ".
(AlQuran 35:24)

Jika kita menganggap bahwa para nabi-nabi itu diturunkan kepada orang-orang Yahudi, Arab dan sejenis dengan mereka saja, maka pandangan ini sangat silap.Memang benar para Rasul (terutama 25 Rasul dalam AlQuran) kebanyakan diturunkan di kawasan, tetapi apakah jumlah para nabi yang menjangkau ribuan itu semuanya tinggal di Tanah Arab dan Kanaan?? TIDAK SAMA SEKALI.Para nabi diturunkan ke berbagai kaum dan bangsa, cuma apakah bangsa tersebut menerimanya atau tidak.Adakah bangsa dan kaum itu mendengar kata-kata 'orang suci 'ini atau meremehkannya dan tidak mempedulikannya.Sesetengahnya pula menokoktambah cerita-cerita orang suci ini menurut kepercayaan animisme mereka sendiri.Setengahnya pula amat mengagumi' cerita-ceriti 'orang suci ini sehingga menjadikannya idola dan sembahan.INGAT! Tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.

Dari sini asalnya pengetahuan tentang Matrix sampai ke semua bangsa dan kaum.Jika tidak diturunkan para nabi-nabi ini, sudah tentu manusia akan bertuhankan nafsu dan melihat Matrix ini melalui kacamata nafsu dan akal semata.Manusia tidak akan tahu untuk apa dia diciptakan, tujuan hidupnya dan ke mana dia akan pergi setelah mati.Akal saja tidak akan berguna jika tidak kekuatan rohani atau spiritual.Akal cuma bertindak MELALUI indra sahaja.Deria-indera ini bertindak sebagai sensor untuk memberikan input-input pada akal manusia untuk diprosesnya.Jadi akal hanya tahu APA YANG DI DALAM MATRIX sahaja.Di luar Matrix, tidak akan disentuh dan dijangkau oleh akal, karena indera-indera tidak dapat mendeteksi entitas di luar Matrix.

Ada satu cara, di mana manusia dapat merasakan ia satu keganjilan tetapi tidak dapat mengungkapkannya.Dari sini manusia tahu bahwa alam ini bukan hanya sepertinya ini.ada RAHASIA LAIN.

Pengalaman-pengalaman manusia berhadapan dengan hal-hal paranormal, 'anomalies' dan mistik, menjelaskan kepada manusia bahwa ada entitas lain yang sulit untuk dijelaskan, sama-sama berhidup di dalam Matrix ini.Entiti ini, mayoritasnya menimbulkan ketakutan kepada manusia karena keberadaannya melanggar hukum akal manusia.APA APAPUN HAL YANG menyalahi hukum AKAL, AKAL AKAN MELIHAT IA SESUATU YANG LUARBIASA.Ini dinamakan 'bug' dalam terminologi Matrix.

'Bug' yang terlalu banyak akan mengakibatkan 'overflow' dan lama-kelamaan sistem pemikiran manusia akan 'hang'.

Hal-hal gaib, mistik dan sejenisnya akan dianggap oleh akal bahwa luarbiasa dan ia tidak mampu menjelaskannya, atau dengan lebih ilmiah, akal manusia tidak dapat mengolah data-data dari kategori 'mistik' dan 'gaib' ini.Apabila akalnya tidak dapat menjelaskan paranormal ini, manusia akan mengeluarkan satu aura hormon yang dinamakan 'KETAKUTAN'. Ketentuan yang lebih tepat dalam bahasa Indonesia adalah 'seram'. Perasaan takut akan mengeluarkan aura tertentu yang tidak dirasakan oleh indera manusia tetapi dapat dihidu dan dirasakan 'entitas' lain.Contoh yang terbaik adalah anjing.Kajian ilmiah menemukan anjing dapat mendeteksi sejenis 'bau' yang dikeluarkan oleh manusia yang di dalam ketakutan.DARI SINI masyarakat menyadari TERDAPAT ENTITAS YANG TINGGAL BERSAMA-SAMA MEREKA di dalam Matrix, tetapi tidak dirasakan oleh dera-indera mereka secara langsung.Syaitan, jin, hantu, devil, demon, asura, goblin dan bermacam-macam lagi nama yang diberikan kepada entitas ini.TERDAPAT RAHASIA DI SINI.

Apakah entitas-entitas ini tinggal di dalam Matrix lebih tinggi? Jika begitu, apakah kita dapat terhubung dengan Matrix lebih tinggi hanya dengan berhubungan dengan entitas ini?? DI SINI MANUSIA SELALU TERPERANGKAP!!

Parallel Universe
You've never used them before. Rest, Neo. The answers are coming. (Morpheus-The Matrix)

Di dalam dunia Fisika, ada satu teori yang dapat menjelaskan keberadaan segala entitas yang disebut jin dan setan ini.Teori ini dikenal sebagai Parallel Universe, kesinambungan dari Superstring Theory.Mengikut teori ini, dunia yang kita duduki ini sebenarnya berada di dalam dimensi lebih besar. Istilahnya, dunia kita 'terbungkus' di dalam dimensi Matrix yang lain, yang lebih besar.Katakan kita berhidup di dalam 3 dimensi ruang.Dunia 3 dimensi ini pula terbungkus di dalam 4 dimensi ruang.Namun di dalam 4 dimensi ruang ini terdapat banyak 3 dimensi ruang.Dan sudah tentu di dalam 5 dimensi ruang, ada banyak lagi 4 dimensi ruang di dalamnya.Jadi berbalik ke dunia 4 dimensi ruang, ada banyak dunia 3 dimensi ruang di dalamnya.Walaubagaimanapun semua dunia 3 dimensi ruang ini tidak terhubung di antara satu sama lain.Dengan kata lain, entitas di dalam satu dunia 3 dimensi tidak dapat berhubungan dengan entitas di dunia 3 dimensi yang lain secara langsung.Ini adalah maksud yang sederhana, sebagai permulaan.Selepas ini kita akan lanjutkan dengan pembahasan yang lebih kompleks tentang dunia MATRIX LEBIH TINGGI ini.

Inilah dasar bagi apa yang dikatakan Dunia Yang Selari.Dengan kata lain ada dunia lain yang sama dimensi dengan kita tetapi indera kita tidak dapat menyentuhnya.Mengapa? Karena ada satu konsep lain yang akan menjelaskan mengapa dunia-dunia ini berbagi hidup dan tempat tinggal dengan kita , tetapi pada waktu yang sama kita tidak dapat melihat mereka, menyentuh mereka atau mendengar mereka berbicara-cakap.Di dalam Parallel Universe, ada banyak dunia yang berbagi dalam satu tingkat Matrix.Dunia-dunia ini berhidup dalam peraturan mereka yang tersendiri.Tidak diketahui berapakah jumlahnya dan apakah yang ada di dalamnya, tetapi setiap subMatrix ini sudah pasti memiliki format dan setup yang berbeda dari Matrix manusia, atau lebih tepat lagi Matrix di mana manusia dapat mendeteksi melalui derianya. SESUNGGUHNYA MANUSIA HIDUP DI DALAM MATRIX DERIANYA SAHAJA.Jika manusia melihat sehelai daun berwarna hijau, apakah entitas lain dari parallel world yang lain melihat daun itu dengan warna dan bentuk yang sama dengan manusia? ADAKAH DUNIA INI BENAR-BENAR seperti yang digambarkan oleh indra KITA?? Sebenarnya kita terkurung di dalam dunia indera kita sahaja.Orang yang terkurung di dalam dunia derianya, tidak akan dapat keluar dari Matrixnya.Dia akan tetap terkurung di dalam Matrix sehingga dikeluarkan secara 'paksa' di dalam Matrix ini setelah sampai waktunya.

Apa akan jadi jika semua indera kita dicabut?? Atau indra diganti dengan indera entitas yang tinggal di 4 dimensi ruang?? Apakah yang akan kita lihat, dengar, hidu dan rasa ketika itu agaknya?? INILAH HAKIKAT HIDUP DI DUNIA YANG FANA INI. Segalanya permainan dan senda gurau semata.Tidak ada yang kekal, hanya Wajah-Nya yang abadi.

Jadi apakah para Jin atau 'hantu' ini hidup dalam Matrix lebih tinggi?? TIDAK SAMA SEKALI.Mereka hidup di dalam Matrix yang sama dengan kita, tetapi berselari di dalam dimensi Matrix ini.Inilah dia Parallel Universe.

Bagaimana entitas-entitas dalam dunia yang berselari ini dapat terhubung?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu dulu prinsip dasar Fisika Kuantum pada entitas-entitas yang memungkinkan dimensi. Kita harus mengetahui dahulu apakah yang dinamakan sebagai 'dimensi' dan 'ruang'. Kita perlu tahu apakah perbedaan antara 'Matrix' dan 'Dimensi' . Ini karena pertanyaan ini hanya bisa dijawab melalui Kuantum Gravitasi, M-Theory dan Superstring Theory.

Awalnya kita belajar dahulu konsep dasar dimensi.

Fisika dasar 'Dimensi'
"Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka "
(AlHaaqqah ayat 17)

Dimensi secara sederhana berarti ukuran.Kita menafsirkan dunia ini berdasarkan ukuran-ukuran.Dunia ini lebih berarti jika kita tahu bahwa bola pingpong lebih kecil dari bolasepak.Lebih berarti jika kita tahu bahwa KLCC lebih tinggi dari Komtar.Lebih berarti jika kita dapat mengagumi kejelitaan Rozita Che Wan atau Cameron Diaz (namun ini agak abstrak). Berapa besar? Berapa tinggi? Berapa luas? Berapa panjang? Berikut adalah dasar ke aplikasi Matematik.Kita gunakan Matematika untuk menjelaskan dunia ini.kita menjelaskan sebagian dunia ini dengan angka-angka.

"Dan yang genap dan yang ganjil"
(AlFajr ayat 3)

Jadi dimensi terkait dengan ukuran.Berapakah dimensi tapak rumah Anda? Pertanyaan ini berbicara tentang UKURAN.Ukuran adalah satu kekuatan yang ada pada manusia untuk mengetahui hal-hal yang lain.Berapa besar dunia ini? Berapa kecil setiap hati nyamuk yang dikumpulkan dalam kisah Puteri Gunung Ledang? Berapakah Phase Margin, Gain Margin dan Frequency Response yang optimal untuk para insinyur jembatan Golden Gate di San Francisco menyusun jembatan tersebut? Berapa lebar tapak kaki Sang Gedembai? Berapa lebar 'misalignment' yang diizinkan dalam desain sebuah kapalangkasa 'Shuttle'?

Panjang, tinggi, lebar, luas dan sebagainya adalah komponen dimensi.Semua konotasi ini membentuk ukuran ruang kita.dan MENJELASKAN GAMBARAN SEBENAR RUANG YANG KITA TINGGAL DI DALAMNYA.Bagaimana sebenarnya rupa ruang yang kita tinggal ini? Kita mulai dengan tingkatan dimensi.

1 Dimensi: Hanyalah satu garis panjang.Garisan ini tidak tertutup, artinya jika ada dua garis sejajar, ia tidak mengikat dikedua-dua hujung.Pada satu garis, komponen yang jelas adalah PANJANG.

2 Dimensi: Garis tertutup (close-loop). Bayangkan sebuah lingkaran, atau sebuah segiempat sama.Pada segiempat sama kita temukan ada dua komponen yaitu panjang dan lebar.

3 Dimensi: Garis tertutup dengan titik pandang (point of view). Bayangkan segiempat sama tadi menjadi berbongkah.Kita akan temukan 3 komponen dimensi yaitu panjang, lebar dan DALAM.

4 Dimensi: 3 Dimensi ruang dan 1 Dimensi waktu.

Sampai di sini ilmu dimensi dapat dijelaskan dengan bahasa yang sederhana.Tambahan pula Fisika dasar menjelaskan manusia hidup dalam ruang 4 dimensi sebenarnya (3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu), dengan kata lain ruang yang bergerak dalam satu garis waktu yang abstrak.Adakah ada 7 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu? ADA, tetapi penglihatan dan neuron otak tidak dapat menafsirkan bentuk yang terdapat dalam 7 dimensi ruang ini.Terlampau kompleks.Objek 7 dimensi ruang hanya menumpuk di belakang titik buta tanpa diserap oleh cahaya untuk dibawa ke otak untuk ditafsirkan.

Ini adalah Fisika paling dasar untuk menjelaskan dunia fisik kita.Namun untuk menerangkan lebih jelas lagi, kita perlukan Fisika Kuantum.

"Fisika Kuantum adalah ilmu yang mencoba untuk menjelaskan dunia gaib secara ilmiah"
(anonymous)

Di dalam dimensi dasar ini manusia mencoba untuk memikirkan banyak perkara.Salah satunya cahaya.Cahaya telah lama menarik minat manusia untuk mempelajari alam ini.Apakah yang membuat cahaya? Apakah ia memiliki berat? Apakah ia berjisim?

"Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api dan manusia diciptakan dari apa yang diceritakan kepadamu (tanah)"
(Hadis Nabi diriwayatkan oleh Muslim)

Ini membuka persoalan yang lebih besar, apakah kita bisa menyeberang ke dimensi lain??

Terminologi
Dimensi: Ukuran.Dimensi adalah cara manusia menggambarkan dunia fisik yang ditempatinya.Melalui dimensi juga manusia dapat mengetahui kondisi sebenarnya konsep ruang dan masa.Dimensi hanya sah di dalam Matrix sahaja.Di luar Matrix, tidak dimensi.

Bug: Merupakan satu pincangtugas di dalam pemrosesan data yang dikirim ke CPU micro.Dalam kasus ini pikiran manusia.Ini terjadi apabila data yang terkumpul di dalam database tidak dapat mengeluarkan informasi seperti dicari atau sesuai dengan persoalan atau data yang diminta.Proses ini akan berulang -ulang dalam 'loop' yang jika tidak dikontrol akan menyebabkan 'overflow'.

Overflow: Masuknya aliran tugas.Apabila tugas yang berulang-ulang masuk manakala tugas lama tidak sempat diselesaikan maka terjadilah fenomena 'overflow'. Ini samalah teknik DoS (denied on Service) yang digunakan oleh para 'hacker' untuk menggodam atau menghancurkan sesuatu sistem.Ini akan mengakibatkan sistem terputus (hang). Dalam situasi manusia, ketika sesuatu fenomena tidak dapat dijelaskan oleh akal mereka, maka mereka akan panik dan hairan.JIka fenomena itu seperti memprovokasi korban, maka aura 'seram' atau ketakutan akan timbul.Ini adalah efek dari 'DoS' tadi.Pada layar komputer mungkin akan muncul Blue Screen of Death.

Parallel Universe: Dunia yang berselari.Dalam 'Parallel Universe' dunia yang berselari ini mungkin akan menindan satu sama lain.Dalam Fisika Kuantum, alam-alam di dalam 'Parallel Universe' berhubungan dengan perantaraan TENAGA. Dalam String Theory bergabung dengan Mekanik Kuantum, alam-alam ini dapat terhubung melalui membran yang sama, jika 'string' yang lain dapat 'terbang' dan melekat dalam satu membran.Dalam Gravitasi Kuantum bergabung dengan Elektromagnetik Kuantum, mungkin ada daya Foton atau Graviton yang mendukung hubungan antara partikel.

Apakah Anda dapat memahami rahasia Matrix dengan lebih mendalam sejauh ini? Tidak mengapa, adakalanya kenyataan adalah teramat sulit untuk dipahami dari kepalsuan.

"This is the nature of the universe. We struggle against it, we fight to deny it, but it is of course pretense, it is a lie. Beneath our poised appearance, the truth is we are completely out of control "
(Merovingian-Matrix Reloaded)

Apapun caranya Anda telah termasuk ke dalam 'lubang sang kelinci' ini. MASA AMAT mencemburui KITA.Sila ambil tempat duduk Anda.

Pil yang Anda ambil tadi adalah sebagian dari program pencari. Ia dirancang untuk mengganggu sinyal pembawa input /output Anda, jadi kami dapat melacak lokasi Anda.

LIHAT SINI.
Apakah Anda pernah bermimpi, di mana Anda merasakan ia benar-benar terjadi? Bagaimana jika Anda tidak bangkit dari mimpi itu? Bagaimana Anda dapat membedakan antara dunia mimpi dan dunia nyata?

Tidak ada komentar: