Rabu, 20 Februari 2013

Matrix 03


Apa Yang Ada Di dalam Matrix?
Artikel di bawah merujuk kepada Matrix manusia, yaitu Matrix di mana manusia hidup sekarang.
Ok, sekarang buka mata Anda. Lihat disekeliling Anda. Apa yang Anda lihat? Mungkin sebuah kamar, meja, kursi, jam ...atau apa saja ...

Bergeraklah ke luar, atau lihat melalui jendela ...Apa yang Anda lihat?
Pohon, awan putih, langit biru, burung-burung ... (sekedar contoh, tergantung pada apa yang Anda lihat sekarang)

Apakah semua ini? Apa yang Anda bisa takrifkan dengan apa yang Anda lihat?
Dunia? Alam? Benda-benda? Lihat diri Anda. Lihat tangan Anda. Cubit tangan Anda.

Apakah Anda merasa sakit? Pergilah ke cermin.Tatap wajah anda. Adakah Anda melihat diri Anda di dalam cermin?

Semua yang Anda lihat ini dan juga diri Anda ini adalah 'alam dunia'. Ini adalah istilah untuk model yang tradisional dan kontemporari. Ini adalah dunia nyata. Dunia yang Anda lihat, Anda dengar, Anda hirup, cium dan Anda rasa. Ini adalah dunia realitas, dunia yang kita percaya ia wujud.Dunia yang kita percaya kita berada di dalamnya.

Apa yang menyebabkan kita PERCAYA ini adalah realitas? Mengapa kita katakan ia adalah realitas? Karena ia nyata. Wujud. Ada.

"Ya, saya bisa lihat betapa birunya langit ini ... ya warnanya biru"
"Oh ... lembutnya kain tirai di jendela ini ... dinding ini terasa kasar"
"Saya bisa bernafas, saya dapat merasakannya" "What is real. How do you define real? "(Morpheus-The Matrix)

Jika kita bisa menjawab pertanyaan ini, kita akan melangkah lebih jauh ke dalam misteri ini.

Ini ada satu jigsaw puzzle.
Kita katakan semua ini adalah 'real' karena kita 'lihat', kita 'rasa', kita 'dengar', kita 'cium. Kita mendefinisikan realitas melalui indera kita. Indra yang disediakan semenjak kita sadar keberadaan kita di alam dunia ini.kita melihat melalui indra mata, kita dengar melalui indra telinga, kita cium melalui indra hidung, kita merasa dengan lidah dan kita menyentuh dengan indera pada kulit kita. Walhasil, kita mendefinisikan DUNIA INI BERDASARKAN INDRA-INDRA KITA.

Apa akan terjadi jika indra-indra ini tidak berfungsi? Ada rahasia penting di sini.

Kita ambil satu contoh, orang yang buta sejak lahir.Adakah dia dapat mendefinisikan apakah itu warna hijau dengan tepat? Jika dia berkata "Oh ya ... warna hijau seperti warna pada daun tanaman". Nah, bagaimana dia tahu daun berwarna hijau? ( bukan diberitahu oleh orang lain). Warna adalah paradoks yang hanya dapat diketahui oleh penglihatan. Kita tidak dapat mendefinisikan bagaimana rupanya warna hijau itu selain mengaitkan dengan benda-benda. Inilah yang dinamakan RELATIF.Manusia selalu menggunakan konsep relatif (relevansi) untuk menjelaskan apa definisi yang dilihat atau diketahui dari indra yang terbatas.

'Relatif' ADALAH SATU KEMAHIRAN MANUSIA UNTUK MENJELASKAN SESUATU YANG TIDAK MAMPU UNTUK dijelaskannya.

Ini menunjukkan ada sesuatu yang tidak kena di sini.Jika ada sesuatu yang tidak dapat dijelaskan oleh manusia, dia kerap membuat hubungan (relatif). Katakan Anda berpeluang melihat komodo, setelah itu Anda ditanya, "macam mana rupanya komodo itu?". Kemungkinan besar Anda akan menjawab begini, "Bagaimana ya? Macam mana aku nak terangkan ... oh ya, rupanya macam biawak, tapi besar.Ya ... macam biawak yang besar". Atau ayat klise ini, "Aku seperti pernah melihatnya ... tapi di mana ya? ".

Konsep Relatif
Konsep relatif ini amat populer bila dikaitkan dengan Kisah Orang Buta dengan Gajah.Si buta yang memegang ekor akan membuat relatif; gajah seperti ular.Si buta yang memegang badan gajah membuat relatif; gajah seperti tembok atau dinding, dan seterusnya.Bagaimana akhir dari cerita ini ? Bagaimana semua orang buta ini tahu gambaran nyata seekor gajah?

JIKA SEMUA 'relatif' MEREKA digabungkan menjadi SATU.
Sejauh mana konsep relatif ini digunakan oleh manusia? Selagi pengetahuan meningkat sedikit demi sedikit. Sesuatu yang belum mampu untuk dijelaskan oleh manusia, otak manusia akan otomatis mencari item di dalam basis datanya untuk dibuat relatif. Jika tidak dapat menemukannya, di sini ... ya di sinilah manusia akan menganggap sesuatu itu aneh, ganjil dan luar biasa. Otak pun otomatis akan menambahkannya sebagai item baru ke dalam basis datanya. Inilah proses pemikiran manusia, selalu bermain dengan relativitas di dalam Matrix dunia yang misteri ini.

Sejauh itu?

Tidak, tidak SEPANJANG ITU ...

Semua pernyataan di atas menjelaskan satu rahasia yang berjalan di belakang Matrix dunia ini. Ia ibarat 'pandora box' yang menunggu waktu terbuka.

"I hate this place, this zoo, this prison, this reality, whatever you want to call it".
(Agent Smith-The Matrix)

Manusia sebenarnya HIDUP DI ATAS relatif-RELATIF.Tanpa relatif, manusia tidak dapat membayangkan apakah dia dunia yang dilihatnya.Tanpa relatif, pikiran tidak dapat memproses informasi dan data-data yang masuk ke dalamnya.Akhirnya manusia tidak dapat memahami dunia ini, apakah benda yang dilihat, dirasa, dihidu, didengar atau disentuhnya.Manusia tadi akan menjadi gila.Kelakuannya akan menjadi tidak stabil dan akhirnya MATI pada keliru.

BERPIKIR ... BERPIKIRLAH ...
Manusia yang pernah merasakan nikmat kasih sayang, tiba-tiba dipukul, ditengking, dipermalukan, dihina dan sebagainya akan merasa kurang nyaman.Dia akan merasa tergugat.Emosinya terganggu.Hormon-hormon di dalam tubuhnya bereaksi ... dan akhirnya air matanya tidak dapat ditahan lagi.

Dia pun menangis.
Manusia yang selama hidupnya sendirian.Sering disisihkan, dihina dan dilecehkan. Tiada siapa peduli dia, malah diejek dan dipukul. Kebencian adalah dunianya apalagi kasih sayang ...

Suatu hari seorang gadis misteri asyik memandangnya ...
Dan si gadis pun menghadiahkan sesuatu yang dinamakan 'CINTA'
Agaknya apa yang terjadi kepada manusia tadi?
Dia akan terasa seolah-olah mendapat 'Pencerahan Agung'!

INILAH KUASA relatif
Kita tidak dapat merasakan nikmatnya sebutir nasi, sampai kemarau tiba dan tidak nasi untuk dimakan.Kita tidak sadar betapa nikmatnya gigi yang diciptakan hingga gigi kita semuanya luruh.Kita tidak terasa pun nikmat tubuh yang sehat, sehingga kita jatuh sakit dan merengek-rengek kepada Tuhan:

"Tuhan, aku sakit ..."

Relatif ADALAH RAHASIA BAGAIMANA kesadaran BEKERJA.
Merelatifkan sesuatu adalah keterampilan (skill) yang digunakan oleh kesadaran kita.Ia adalah bahasa pemrograman (programming language) pada antarmuka (interface) kesadaran dan indera-deria.TANPA KEMAHIRAN INI kesadaran TIDAK DAPAT MEMAHAMI DERIA DAN MENGGUNAKAN DERIA.

"Demikianlah Kami bangkitkan mereka (dari tidur) supaya mereka saling bertanya satu sama lain. Salah seorang di antaranya bertanya: "berapa lama kamu tidur?" (Sebagian dari) mereka menjawab: "kita berada sehari atau setengah hari". (Sebagian lagi dari) mereka berkata: "Tuhan kamu lebih mengetahui tentang lamanya kamu tidur; sekarang utuslah salah seorang dari kamu, membawa uang perak kamu ini ke Kota; kemudian biarlah dia mencari dan memilih setiap jenis makanan yang lebih baik lagi halal, kemudian harus ia membawa untuk kamu sedikit jatah darinya; dan harus ia beramah-lembut dengan keras (saat di Kota); dan janganlah dia melakukan sesuatu yang menyebabkan siapa pun menyadari akan hal kau. "(surah Al-Kahfi: 19)

Titik keberadaan konsep relatif ini terbongkar jika dua manusia melihat objek yang sama tetapi menjelaskannya dengan pandangan yang berbeza.Inilah dia yang dimaksud dalam Kisah Orang Buta dengan Gajah.

"Jika benda yang sama bisa menjadi merah dan panas bagi sebagian orang dan sebaliknya bagi sebagian yang lain, ini berarti bahwa kita adalah berada di bawah pengaruh kekeliruan dan 'benda' itu hanya ada di dalam pikiran kita". (George Berkeley)

Dari relatif manusia membangun keterampilan lain yang dikenal sebagai PENGALAMAN.Pengalaman adalah gabungan dua atau lebih entitas relatif di dalam proses kesadaran manusia.Kesimpulannya, manusia hidup di dalam dunia relatif.Relatif adalah rahasia keberadaan Matrix di mana manusia berhidup sekarang.

"Untuk memahami struktur dan pergerakan alam semesta secara keseluruhan, maka kita harus memahami interaksi antara partikel. Penelitian ini akan menghubungkan kita ke alam sub-atomik "(Fisika Kuantum)

Sejak ratusan tahun yang lalu manusia menemukan rahasia alam ini.Manusia mencari apakah benar bumi ini leper? Bagaimana sebenarnya dunia ini berbentuk? Mengapa kapal-kapal yang berlayar tidak jatuh di ujung dunia? Teks-teks spiritual tertentu mengatakan bumi ini terletak pada seekor lembu.Dalam kepercayaan yang lain, ketika terjadi gerhana matahari, mereka mengatakan naga menelan matahari tadi.Adakah Anda melihat ini sesuatu yang lucu?

SEBENARNYA MEREKA SEDANG MEMBUAT relatif-RELATIF.Itulah cara berpikir manusia.Mereka mencoba hendak memahami fenomena yang terjadi di dunia ini.

MEREKA CUBA untuk menjelaskan APAKAH DIA DUNIA YANG MEREKA BERHIDUP SEKARANG.

Jadi sejauh mana relatif dunia ini?
KESEMUANYA. Kesemuanya adalah relatif.Tiada satu pun yang dapat dijelaskan oleh manusia yang lemah ini.Deria hanyalah alat (device) untuk menghasilkan relatif-relatif.BUKAN MENJELASKAN HAKIKAT SESUATU.Manusia memahami berdasarkan relatif-relatif.Jika indera Anda menyatakan sesuatu itu relatif ke A maka itulah yang Anda percaya.JIka indera Anda menyatakan sesuatu itu relatif B, maka sesuatu itu adalah B.

Matrix adalah tergantung pada APA YANG ANDA PERCAYA.

Inilah dasar dan rahasia kepada Teori Relativitas oleh Albert Einstein.

Relativitas
Tidak perlu Anda tahu apakah dia rumus-rumus, koefisien, konstan, jalan kerja matematik dan apapun teknis dalam Teori Relativiti.Albert Einstein telah lama menemukan keganjilan ini (anomalies) ketika menghabiskan kertas karyanya tentang Teori Relativity. (Teori ini sebenarnya bukan ide mutlak Einstein, sebelum itu banyak ilmuwan telah menemukan keganjilan ini termasuk Nikola Tesla).

Inilah rahasia yang ditemukan oleh Einstein, dan ini juga menjelaskan mengapa dia mati-matian ingin menemukan satu rumus yang menjelaskan hakikat keberadaan dunia ini.Hakikat yang menjelaskan semua hukum fisika, yakni satu rumus yang dapat menggabungkan semua elemen Fisika, di mana Teori Relativitas jauh lagi dari 'kesempurnaan'. Ada banyak persoalan fisika dan matematika yang tidak dapat dijawabnya.Rumus inilah digelarnya Unified Field (mulai diperkenalkan oleh Nikola Tesla). Namun sampai kematiannya, dia tidak dapat menyelesaikannya dan menjawab semua keanehan ini, bahwa;

"SIFAT-SIFAT OBJEK adalah relatif terhadap PEMERHATI"
-Fisika Kuantum

Usahanya dihubungkan oleh ilmuwan berikutnya sampai hari ini.Hari ini mereka menamakannya M-Theory mengacu kepada 'Theory of Everything'. Pendiri ke M-Theory adalah Edward Witten, seorang yang diakui sangat jenius ketika usia muda.Jadi, mereka akan terus mencari dan menemukan hakikat ketidakwujudan alam ini. 'Theory of Everything' akhirnya menjadi 'Theory of Nothing'.

Anehnya, Edward Witten tidak memberitahu apakah yang diwakili oleh huruf 'M' itu. (Anda dapat menekanya?)

Di sini ada lemari menyimpan rahsia.Ia ibarat 'Ark of covenant' dalam dunia Sains Fisika.

MANUSIA PURBA YANG MEMBUAT relatif 'NAGA MENELAN MATAHARI' untuk menjelaskan kejadian gerhana, berpikir dengan cara yang sama ketika EINSTEIN MEMBUAT relatif; "BENDA DAN TENAGA sangat DAN CAHAYA adalah konstan" untuk menjelaskan fenomena hubungan benda dan energi.

Perbedaannya, adalah tingkat pengetahuan.Semakin tinggi tingkat pengetahuan manusia, semakin berubah gaya dan cara relatif dibuat.YANG PENTING DI SINI relatif tetap eksis, DAN SELAMANYA MANUSIA TIDAK DAPAT MENCAPAI HAKIKAT ADANYA ALAM BENDA.

Teori Relativitas secara umum terbagi dua, Relativitas Khusus (Special Relativity) dan Relativitas Umum (General Relativity), di mana Einstein sendiri tidak berani menyatakan teorinya adalah 'segalanya' atau 'hakikat' tetapi tetap menempatkan kata 'Relativitas' pada teorinya.JIKA MANUSIA BERFIKIR kehidupannya BERDASARKAN MATERIAL SEMATA-MATA, DIA AKAN MENEMUI BAHWA HIDUPNYA SEKADAR KERELATIFAN SEMATA-MATA.

"This, this isn't real?" (Neo-The Matrix)

Tetapi jika manusia berpikir kehidupannya dari sudut yang lain ...

Jadi saya dan Anda bisa bertanya kepada diri sendiri,

"APA ERTI HIDUP INI? ADAKAH APA YANG AKU LIHAT INI HAKIKAT YANG SEBENARNYA".

Selama ribuan tahun manusia menemukan arti hidup ini.ada yang mencarinya di tengah-tengah kehausan dan penderitaan.Ada yang mencarinya di celah-celah emas dan permata.Ada yang mencarinya di tempat-tempat sunyi, di dalam gua di puncak-puncak gunung . Ada yang berlapar dahaga dan menyiksa diri.

Kesimpulan
Jadi, pelajaran yang pertama di sini adalah: KITA HIDUP DI DALAM MATRIX.

Pengetahuan ini membawa ke pelajaran lain: BAHWA MATRIX INI TERDIRI DARI relatif-RELATIF.Tiada hakikat sebenarnya.

Spoon boy: Do not try and bend the spoon. That s impossible. Instead hanya try to realize the truth.
Neo: What truth?
Spoon boy: There is no spoon.

(The Matrix)
Matrix ini adalah dunia yang palsu dan menipu.Tiada apa sebenarnya.Tiada rumus matematika dan fisika yang dapat menunjukkan Matrix ini abadi, ada, realitas dan hakikat.Semua rumus matematika dan fisika menjelaskan dunia ini relatif, terdiri dari polariti yang bertentangan, membutuhkan kondisi seimbang , sebab dan akibat, ketidakpastian (uncertainty) dan sebagainya, semuanya menunjukkan dunia Matrix ini memiliki kelemahan, bisa termusnah dan bersifat sementara.

"Perhatikan, segala sesuatu selain Allah adalah batil". (Hikam)

"Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertaqwa, (maka) Allah akan memberikan pahala kepadamu, dan Dia tidak meminta harta-hartamu ". (Surat Muhammad ayat 36)

Catatan:
Mungkin ini waktu yang tepat untuk kita rayakan bersama:
"SELAMAT DATANG KE DUNIA MATRIX"
Jika Anda sudah paham, kami ucapkan tahniah
"Congratulations". (Neo-Matrix Reloaded)
Setelah ini jika ada orang bertanya kepada Anda,
"Apa yang ada di dalam Matrix?"

Tidak ada komentar: