Kamis, 08 Januari 2015

Kasus Penyelundupan Sabu 840 Kg, Terbesar di Asia

Jurnalis Independen: Kasus Sabu 840 Kg,Temuan Terbesar di Asia Tenggara © Disediakan oleh Tempo Kasus Sabu 840 Kg,Temuan Terbesar di Asia Tenggara.

Juru bicara Badan Narkotika Nasional, Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto, mengatakan penggerebekan penyelundupan 840 kilogram sabu di Lotte Mart, Kalideres, Jakarta Barat pada Senin 5 Januari 2015, merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Menurut dia, di Asia Tenggara  seperti Thailand, tidak ada yang berhasil menangkap bandar yang membawa 150 kilogram narkoba. "Dalam pertemuan dengan Kepala Badan Narkotika se-Asia Tenggara, terungkap tidak ada yang menangkap di atas 150 kilogram," kata dia, Rabu 7 Januari 2015. Penggerebekan sabu ini sekaligus merupakan tangkapan paling besar oleh lembaganya.

Dari penggerebekan itu BNN meringkus sembilan tersangka termasuk Wong Ching Ping yang menjadi buron di tujuh otoritas pemerintah. Delapan lainnya berinisial SL, SN, TST, TSL, SEF, CHM, SJJ, dan ADK. Empat merupakan warga negara Hong Kong, empat lainnya warga negara Indonesia, dan satu warga negara Malaysia.

Sabu itu disamarkan dalam 42 karung yang tiap satu karung berisi 20 bungkus kopi merek Cina dengan berat 1 kilogram. "Sabu ini siap diedarkan di Jakarta dan kota besar di Indonesia," kata Sumirat.

Tidak ada komentar: