Rabu, 27 November 2013

Pakubuwono X Pemilik Mobil Pertama Nusantara

Jurnalis Independen: Keberadaan mobil pertama di Indonesia yang sempat hilang di 1924 sudah terkuak. Mobil itu kini berada di tangan Belanda. Siapa yang kini memilikinya?


Menpora Roy Suryo yang juga anggota komunitas Mercedes-Benz Club menuturkan mobil itu saat ini dimiliki oleh kalangan swasta di sana. "Pemiliknya adalah swasta," ujar Roy.

Namun Roy tidak menjelaskan siapa kalangan swasta yang dimaksud. Namun dari informasi yang dijelaskan kalangan pengguna Mercy, mobil yang serupa kini berada di museum mobil Leidschendam di bagian selatan Belanda.

Mobil Benz Phaeton itu pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1894. Mobil itu dimiliki oleh Pakubuwono X dan menjadi orang pertama di Indonesia yang pernah mengendarai mobil. Mobil dibeli seharga 10.000 gulden saat itu.

Karena mobil mirip seperti kereta namun tidak ada kudanya dan bisa melaju sendiri, mobil ini sering disebut sebagai 'kereta setan' atau de duivelswagen.

Terakhir kali mobil tahun 1894 ini terlihat di pelabuhan Semarang saat akan dikapalkan ke Belanda tahun 1924 untuk mengikuti pameran mobil di sana.

Mobil menggunakan mesin 2 liter, 1 silinder dengan tenaga yang hanya mencapai 5 daya kuda saat itu.@JI

Tidak ada komentar: