Senin, 16 April 2012

UN Tahun Ini juga Dijadikan Awal Gerakan Kampanye Kejujuran Gerakan Anti Nyontek Nasional

Jurnalis Independen: Kasak-kusuk kecurangan baik pihak sekolah maupun siswa di setiap gelaran Ujian Nasional memang bukan lagi rahasia. Ketidakjujuran menjadi sebuah “kewajaran” di ranah pendidikan.

Tergelitik dengan kewajaran yang tidak wajar, sejumlah pelajar SMA mendeklarasikan ManTep-GAn (Mandiri-Terpercaya Gerakan Anti Nyontek Pelajar Nasional) di Gedung Indonesia Menggugat Jalan Perintis Kemerdekaan Bandung pada Kamis (12/4) lalu. Deklarasi ini dilakukan oleh 30 Siswa perwakilan beberapa SMA Negeri dan Swasta di Bandung.

Esoknya, Jum’at (13/4), ManTep Gan menggelar aksi di Gedung Sate Bandung, mengusung poster berisi slogan-slogan anti nyontek.

"Menyontek itu merupakan cikal bakal korupsi. Harus dihindari," kata Fadly Akbar Nasher, coordinator Mantep-Gan di sela-sela aksi.

ManTep-Gan digagas pada saat UN 2010. Para siswa yang mendukung gerakan ini memakai pita biru pada saat pelaksanaan UN. “Awalnya hanya empat sekolah yang ikut. SMAN 3, 5, 12, dan 22 Bandung. Di tahun 2011 mulai berkembang dengan twitter dan Facebook, membernya saat ini sampai 2000 orang lebih,” ujar Ibrahim, salah satu penggagas Mantep Gan kepada Eramuslim.com Ahad (15/4).

Banyak yang mendukung, banyak juga yang menentang. “Pastinya ada kendala dari pihak siswa bahkan pihak sekolah. Ada sekolah yang frontal melarang gerakan. Bahkan ada guru yang bilang, kalau jujur ga perlu bilang-bilang dan pakai symbol,” tutur Ibrahim. Meski tidak melakukan aksi frontal, mereka tetap mensosialisasikan gerakan melalui media jejaring sosial.

Saat ini sudah ada 22 sekolah di Bandung yang berpartisipasi dalam gerakan ini. Dalam UN 2012 yang digelar mulai Senin (16/4), seluruh siswa pendukung Mantep Gan akan mengenakan pita biru, dan tidak mencontek. (Hafshah)

Tidak ada komentar: