Selasa, 24 April 2012

OKI Akan Gelar Konferensi tentang Pengungsi di Dunia Muslim



Jurnalis Independen: Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sedang bersiap untuk menyelenggarakan konferensi internasional tingkat menteri tentang "Pengungsi di Dunia Muslim" di Ashgabat Turkmenistan, bekerja sama dengan Komisaris Tinggi PBB untuk urusan Pengungsi (UNHCR).

Konferensi ini akan berlangsung pada tanggal 10-11 Mei mendatang. Menurut pernyataan pers dari OKI, tujuan utama konferensi ini adalah untuk menyorot dukungan organisasi negara-negara anggota OKI karena mereka harus membantu populasi pengungsi berskala besar, serta mandat dan tanggung jawab UNHCR terhadap pengungsi.

"Konferensi ini juga bertujuan untuk mempromosikan kesadaran akan ruang lingkup dan sifat masalah pengungsi di negara-negara anggota OKI, serta situasi pengungsi yang lebih luas secara global, terutama mendorong masyarakat internasional, termasuk negara-negara anggota OKI, dalam mempromosikan dan menciptakan kondisi secara sukarela yang berkelanjutan dengan melakukan pemulangan dan reintegrasi di negara asal mereka," kata pernyataan OKI.

OKI merupakan organisasi Muslim terbesar internasional dengan 57 negara anggota dengan populasi gabungan sekitar 1,2 miliar orang. (mnt/emi)

Tidak ada komentar: