Minggu, 22 April 2012

AS Gelontor 680 Juta Dolar untuk Sistem Anti-Rudal Israel Iron Dome


Jurnalis Independen: Amerika Serikat akan mengalokasikan 680 juta dolar untuk meningkatkan sistem anti rudal Israel "Iron Dome", seorang pembantu Kongres mengatakan.

Partai Republik yang menguasai Komite Angkatan Bersenjata berencana memberikan jutaan dolar untuk sistem yang dirancang yang bisa mencegat roket jarak pendek dan mortir, menurut pembantu kongres di AS.

Bantuan tersebut di luar dari bantuan sebesar 205 juta dolar yang pemerintahanan Obama dan Kongres setujui dalam permintaan khusus dalam anggaran 2011 serta akan mencakup beberapa tahun, sampai tahun fiskal 2015.

Sementar itu, Pemerintah Irak telah menyita pesawat militer Turki yang melanggar wilayah udara negara itu setelah mendarat di kota utara Mosul, media Irak melaporkan.


Tidak ada berita apakah pesawat ditembak jatuh atau melakukan pendaratan darurat di bandara Mosul pada Jumat lalu, menurut kantor berita Alsumaria Irak.

Pesawat itu dilaporkan membawa mobil lapis baja yang diduga milik pejabat tinggi Irak.
Sebelumnya, Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki menuduh rekan Turkinya Recep Tayyip Erdogan turut campur tangan dalam urusan internal negaranya, dan mengatakan Turki menjadi sebuah "negara bermusuhan" di wilayah tersebut.

Perdana menteri Irak membuat pernyataan dalam menanggapi Erdogan yang menuduh Maliki mengambil "pendekatan egosentris" dalam politik Irak.
Maliki juga mengatakan pernyataan yang dibuat oleh perdana menteri Turki "menegaskan bahwa Erdogan masih berusaha untuk melakukan hegemoni regional." (mnt/emi)

Tidak ada komentar: