Minggu, 22 April 2012

Intelijen Afghanistan Gagalkan Upaya Pembunuhan Wakil Presiden


Jurnalis Independen: Intelijen Afghanistan telah menggagalkan upaya pembunuhan yang menargetkan Wakil Presiden Kedua Abdul Karim Khalili dan telah menangkap tiga tersangka yang akan melakukan pembunuhan di Kabul.

Juru Bicara Direktorat Keamanan Nasional (NDS) Shafiqullah Tahiri kepada wartawan di Kabul hari Sabtu kemarin (21/4) menyatakan bahwa para pembom, menurut pengakuan mereka sendiri, terkait dengan jaringan Haqqani yang berbasis di Pakistan, The New York Times melaporkan.

Para penyerang mengidentifikasi diri mereka sebagai Abdul Khan, warga Paktia, Noorullah, warga Ghazni saat ini tinggal di kota Kohat Pakistan, dan Zabihullah, yang berasal dari provinsi Maidan Wardak, dalam rekaman video yang dirilis oleh NDS, Sabtu kemarin.

"Semua orang yang ditahan mengaku keterlibatan mereka selama penyelidikan pendahuluan dan mengakui bahwa mereka telah dikirim ke kamp militer dan pelatihan di Miranshah, Pakistan," kata Tahiri.
"Mereka dilatih dalam penggunaan senjata ringan dan berat oleh pelatih Arab dan Pakistan," tambah pejabat intelijen Afghanistan.

Miranshah, kota utama di kawasan suku Waziristan Utara di barat laut Pakistan, adalah tempat kelahiran kelompok Haqqani. Selama beberapa tahun terakhir, Haqqani telah bekerja dengan Taliban maupun dengan kelompok gerilyawan Pakistan lainnya dan memainkan peran dalam serangan di Afghanistan. (mnt/emi)

Tidak ada komentar: