Sabtu, 13 Februari 2016

Pembangunan SDN Sentonorejo


Jurnalis Independen: Pekerjaan Ruang Perpustakaan Baru (RPB) SDN Sentono Rejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto yang telah dilaksanakan oleh Siti Robiah ( Kepala SDN Sentono Rejo. Red ) saat ini, terlihat menggunakan bahan kapur putih sebagai bahan campuran pasangan pekerjaan dinding, gewel, pondasi, rabatan lantai, plesteran dinding dan gewel (gapura).

Disamping itu, Siti Robiah didalam melaksanakan pekerjaan kolom praktis, balok beton, ring balok dinding pada RPB SDN Sentono Rejo tersebut, diduga memakai bahan besi tulangan ukuran 7 mm – 8 mm, dan begel ukuran 3 mm – 4 mm. Sedangkan ukuran ketinggian / kedalaman pengerjaan pasangan pondasi yang telah digarap oleh Siti Robiah, sepertinya kurang sesuai dengan gambar maupun Rencana Anggaran Belanja (RAB). Buktinya, ukuran ketinggian / kedalaman pondasinya “ 30 cm – 40 cm.”

Lalu pada saat Siti Robiah dikonfirmasi Wartawan Koran ini, terkesan menghindar, “ Saya sekarang tidak bisa memberikan penjelasan apapun tentang pekerjaan perpus ( RPB. Red ) SDN Sentono Rejo itu. karena Saya mau ke- UPT Dinas Pendidikan Trowulan, ada undangan untuk menghadiri rapat Gugus di SDN yang ada diwilayah Trowulan. Jadi kalau mau tanya terkait pekerjaannya perpus SDN sini, tanya aja sama Ketuanya Pelaksana Pembangunan Sekolah (P2S). Sehingga, biar Ketua P2S yang menjawab dan menjelaskan semuanya tentang pekerjaan perpus itu. Tapi kalau sekarang Ketuanya P2S tidak ada ditempat sekolahan sini. Dan nama lengkapnya ketua P2S SDN sini, Saya kurang ingat.” Kata Siti Robiah berbelit dan aneh.

Sementara ditempat terpisah, Sony S. ST, Sekretaris Lembaga Pemantau Kebijakan dan Korupsi Indonesia ( LP-2KI ) Perwakilan Mojokerto ketika ditemui Wartawan Koran ini, membenarkan adanya dugaan manipulasi pada bahan-bahan pengerjaan RPB SDN Sentono Rejo yang telah dilaksanakan oleh Siti Robiah. “ terus terang,  Saya sudah beberapa kali telah melakukan investigasi terhadap pengerjaan RPB SDN Sentono Rejo secara detail. Dan didalam investigasi yang telah Saya lakukan itu, Saya menemukan dan melihat, kalau bahan campuran pasangan dinding, gewel, pondasi, rabatan lantai, plesteran dinding dan gewel RPB SDN Sentono Rejo ada indikasi menggunakan bahan kapur putih, semen dan pasir. Dan komposisinya campuran ± 2 sak kapur putih : 1 sak semen : 12 sak pasir. Ungkapnya Sony S. ST.

Masih kata Sony S. ST, “ bahwa dilain itu, Saya menemukan adanya bahan tulangan kolom praktis, balok beton, ring balok dinding menggunakan bahan-bahan besi berukuran ± 7 mm – 8 mm, Sedangkan bahan begelnya menggunakan bahan-bahan besi berukuran ± 3 mm – 4 mm. Lalu didalam temuan Saya yang terakhir, Saya menemukan adanya ketinggian / kedalamannya pondasi RPB SDN Sentono Rejo berukuran ± 30 cm – 40 cm.” Jelasnya Sony S. ST. (Twi)

Tidak ada komentar: