Minggu, 14 Februari 2016

Eko Wahyudi Pimpin HIMPAUDI Tulungagung 4 Tahun ke Depan

Jurnalis Independen: Eko Wahyudi, tokoh muda desa Batangsaren terpilih menjadi Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Tulungagung untuk empat tahun mendatang. Eko menggantikan Dwi Azzahra, M.Pd. yang telah habis masa baktinya.
Pengukuhan dan pelantikan Pengurus Himpaudi Kabupaten Tulungagung ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Februari 2015 yang lalu di Aula Hutama Abdi Husada, STIKES Tulungagung.

Acara ini selain dihadiri oleh seluruh guru PAUD sekabupaten Tulungagung, juga dihadiri oleh Imam Mahmud, M.Pd., Ketua Himpaudi Prov. Jatim; Dewan Penasihat Himpaudi Prov. Jatim; Tim Penggerak PKK Tulungagung; Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tulungagung; Supriyono, S.E., M.Si., Ketua DPRD Tulungagung, selaku Ketua Dewan Pendidikan.

Dalam sambutannya, Eko Wahyudi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada sekaligus haru dan bangga kepada segenap pihak yang telah membantu dengan tulus atas terselenggaranya kegiatan ini. Selanjutnya Eko berharap kepada Seluruh laskar HIMPAUDI Tulungagung agar sungguh-sungguh bekerja untuk perubahan profesionalisme pendidik dan organisasi yg lebih baik, sesuai dengan apa yang telah ditandatangani dalam pakta integritas, menjadikan HIMPAUDI sebagai organisasi profesi yang handal, tangguh serta berwibawa.

Mampu menjalin kemitraan, menjalin hubungan yang baik dengan seluruh stake holder/ pemangku kepentingan PAUD, mengedepankan semangat kebersamaan dan kekeluargaan sehingga mampu membawa HIMPAUDI menjadi organisasi profesi yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan peningkatan pelayanan anak usia dini menuju PAUD berkualitas serta mampu menjadikan HIMPAUDI sebagai wadah kaderisasi pejuang laskar HIMPAUDI yang leadership, amanah, shiddiq, kerja, berakhlaq, dan ramah.


Selanjutnya Eko memaparkan gagasannya ingin mengadakan pembaharuan data base, KTA, koperasi HIMPAUDI, peningkatan mutu melalui diklat berjenjang, pelatihan yang bekerja sama dan kemitraan, baik dengan pemerintah maupun swasta, memperjuangan kesejahteraan, program sosial, olahraga seni dan budaya, serta beberapa program yang berkaitan dengan kebutuhan dasar pendidik PAUD, yang disesuaikan dengan program kedinasan maupun program organisasi, baik wilayah maupun pusat.


Selanjutnya, Eko Wahyudi mewakili seluruh guru PAUD Non-formal sekabupaten Tulungagung, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah menunjukkan konsistensi dan apresiasinya dalam mendukung HIMPAUDI. Salah satunya adalah dengan memberikan anggaran khusus, baik bagi kegiatan rutin PAUD seperti Gebyar PAUD, HAN, serta insentif kepada guru-guru PAUD. Tahun 2015, guru-guru PAUD mendapat bantuan insentif Rp 900 ribu. Harapannya, semoga tahun ini seluruh guru PAUD mendapatkan kembali bahkan ada peningkatan.


Acara perhelatan yang sangat meriah ini diawali dengan tari gambyong yang diperagakan oleh para guru PAUD Tulungagung dan diakhiri dengan acara santunan anak yatim oleh seluruh guru PAUD Tulungagung.


Pak Eko, demikianlah panggilan Eko Wahyudi sehari-hari. Pria kelahiran Tulungagung, 11 Juni 1969 ini dikenal ramah dan supel bergaul. Pria tinggi semampai ini resmi mengemban amanah untuk menjalankan roda organisasi HIPMAUDI Tulungagung empat tahun ke depan mulai awal Januari 2016, Dipundaknyalah segala permasalahan harus ditangani dan diatasi demi kemajuan organisasi HIMPAUDI.

Pak Eko menekuni dunia PAUD sejak 2003. Didampingi, istri tercinta, Lilik Yulianah yang fasih berbahasa Inggris ini, bahu membahu mengabdikan hidupnya untuk PAUD. Pria yang saat ini masih kuliah di STAI Muhammadiyah Tulungagung ini dikenal sangat aktif berorganisasi, baik organisasi kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan. Berbagai organisasi diikuti dan selalu dipercaya menjabat sebagai pengurus. Seperti Ketua PNPM (BKM) desa Batangsaren, Sekretaris Forum Silaturahmi Kiai desa Batangsaren, Ketua K3 PAUD Kecamatan Kauman, Ketua PKG Kec. Kauman, Pengurus Pramuka Kwaran Kauman, Pengurus PTMSI Tulungagung, Pengurus HIMPAUDI Jatim.

Eko yang mantan Sekretaris SPSI Kab. Tulungagung ini dalam menggerakkan roda organisasi HIMPAUDI Tulungagung mencanangkan program:


• Memperjuangkan kesejahteraan guru PAUD di Kabupaten Tulungagung
• Mensosialisasikan PAUD kepada masyarakat kabupaten Tulungagung
• Menggandeng stake holder PAUD sekabupaten Tulungagung untuk bekerja sama dalam meningkatkan beberapa bidang demi kemajuan PAUD di kabupaten Tulungagung.

Saat ini Pak Eko hidup berbahagia dengan istri dan kedua putra-putrinya, Moh. Bayu Fikrul Khoir, kelas 7 SMPN 1 Kedungwaru, dan Aisyah Rizqi Hidayatul Husna, yang masih duduk di bangku SDN 1 Batangsaren.

Tidak ada komentar: