Kamis, 03 November 2011

Iwan Fals Ganti Profesi!

Hilangkan Kejenuhan Sekaligus Ingatkan Bangsa Lewat Mendalang
Jurnalis Independen:
Saat "bergerumbul" di hotel Grand Kemang dengan para wartawan Jakarat Selatan usai perskon Opera Diponegoro, Kamis (3/11), musisi senior Iwan Fals mengungkapkan, dirinya menjadi dalang dalam pagelaran tersebut. Bagaimana bisa Iwan jadi dalang? Bisakah? Inilah tutur musisi "Sahabat Pemerintah ini".

"Proses latihannya itu butuh 8 bulan. Nanti waktu pentas semua syairnya udah pakem, udah jadi lagu. Saya tinggal ngikuti alur cerita. Kalo lagu kan biasanya ada bagian bait ini, bait itu. Nah, saya sendiri sudah melakukan itu semenjak dulu," kata Iwan Fals.

Penyanyi yang kini berkacamata itu juga banyak belajar dari lagu Oemar Bakri yang pernah di rilis dan dinyanyikannya. Di mana lagu tersebut memiliki bait yang sudah membentuk jalur cerita sendiri. Dan untuk persiapan pagelarannya tersebut, Iwan memperbanyak istirahat.

"Coba perhatikan lagu saya dengan label Oemar Bakri dan yang lainnya. Baitnya itu kan nggak umum, tapi kalo kita teliti lagi, sebenarnya syair yang saya nyanyikan itu membentuk sendiri ya. Jadi ada ulangannya. Makanya saya perlu waktu 8 bulang untuk membentuk itu. Makanya saya tidak memaksa, tapi akhirnya terbentuk seperti itu," tutup Iwan.

Terakhir kali merilis album berjudul Keseimbangan pada tahun 2010, Iwan Fals sampai saat ini belum berniat merilis album anyar kembali. Untuk menyibukkan diri, Iwan akhirnya mencoba menjadi seorang dalang dalam Pagelaran Opera Musikal Diponegoro. (kpl/dis/aia/mnt)

Tidak ada komentar: