Minggu, 20 November 2011

ICC Mendesak Libya untuk Serahkan Saif al-Islam Gaddafi



Jurnalis Independen: Mahkamah Pidana Internasional (ICC) telah meminta pemerintah transisi Libya untuk menyerahkan putra mantan diktator Libya Muammar Gaddafi, Saif al-Islam ke pengadilan.

AS dan Sekutunya: Habisi Keturunan Gaddafi
Juru bicara ICC Fadi Al-Abdallah kepada AFP pada hari Sabtu kemarin (19/11) menegaskan bahwa pihak berwenang Libya  diwajibkan untuk bekerja sama dengan pengadilan dan menyerahkan Saif al-Islam.

Seorang pejabat senior pemerintah sementara Libya mengatakan pada Sabtu kemarin bahwa Saif al-Islam telah ditangkap di bagian selatan negara Afrika Utara.

"Jika mereka menginginkan sidang di Libya, mereka harus mengajukan permohonan untuk prosedur di Libya harus dilakukan pada dakwaan yang sama seperti yang tercantum dalam surat perintah dari ICC," kata Abdallah.

Kepala jaksa ICC Luis Moreno-Ocampo akan menuju ke Libya pekan depan untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat pemerintah transisi tentang masalah ini.

Pada 27 Juni, ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Gaddafi, Saif al-Islam, dan kepala intelijen Libya Abdullah al-Senoussi.

Tiga orang ini dituduh melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan selama aksi rezim Gaddafi terhadap aksi protes anti-rezim.(fq/prtv)

Tidak ada komentar: