Selasa, 04 Desember 2012

Harga 12 Potong Baju Dinas Jokowi hanya Rp 420 ribu, Punya Lu Berapa Harganya?????


Jurnalis Independen: Jarang memakai baju dinas gubernur, Joko Widodo mengaku punya alasan tersendiri. Dia mengatakan, saat pertama kali menjabat sebagai orang nomor satu di ibukota, baju dinasnya itu masih kebesaran. Tapi setelah dipermak, justru ukuran baju itu malah terlalu kecil.


"Pas saya coba ini kok malah kekecilan, makanya belum dipakai lagi," katanya.

Jokowi pun berinisiatif untuk membuat "baju dinas" yang baru untuk sementara. Bukan baju berwarna cokelat atau hijau khas PNS, tapi kemeja putih dipadu celana hitam yang dijahit sendiri. Bahannya pun dibelikan langsung oleh sang istri di Pasar Klewer, Solo.

"Ya setelah itu dijahit. Penjahitnya ada dua orang. Ada di Solo semua," kata politikus PDIP itu.

Jokowi pun membocorkan jika uang yang harus dirogoh untuk menciptakan baju kerjanya itu. Untuk pakaian, Rp35 ribu harus dipersiapkan untuk memperoleh sepotong bahan baju berwarna putih. Untuk celana, dia mengatakan butuh sekitar Rp45 ribu agar bisa dibuat satu celana panjang.

"Jadi cuma Rp80 ribu kan, murah toh. Coba kemeja yang kamu pakai itu berapa, pasti lebih mahal dari pakaian saya satu setel," kata Jokowi bertanya kepada para wartawan sambil tertawa.

Jokowi sendiri mengaku memiliki 12 potong pakaian berwarna putih yang siap digunakan sehari-hari. Dia membutuhkan baju sebanyak itu lantaran dalam satu hari bisa berganti tiga kali karena banyak di lapangan terkena matahari. "Ganti, kalau keringatan saja," ujarnya.

Punya 12 potong kemeja berwarna putih , Jokowi punya cara tersendiri untuk membedakannya. Dia menambahkan motif dan corak tertentu pada bagian kerah baju agar tidak terlihat sama satu dengan lainnya. "Ada yang kerahnya kotak-kotak, nanti kalau saya pakai putih semua dipikir bajunya hanya satu. Jadi, untuk membedakan bahwa itu ganti gitu, lho," ujar dia sambil tertawa lepas.

Lantas apakah warna baju favorit Jokowi? Dia tidak spesifik menyebutkan warna, tapi cuma menjawab singkat, "Kotak-kotak." Jawaban itu keluar dengan nada yang datar sambil menyengir.

Jokowi pun mengaku senang bisa bercerita soal pakaian dinas barunya itu. "Masak urusan politik saja. Saya jawab celana dulu ya enggak apa-apakan?," tuturnya. (bas/epo/mnt)

Tidak ada komentar: