Kamis, 17 Oktober 2013

Mata Hari, Legenda Mata Mata Wanita

Jurnalis Independen: Mata Hari adalah nama samaran penari Belanda Margaretha Geertruida yang hidup mulai 7 Agustus 1876 di Leeuwarden, dan meninggal 15 Oktober 1917 di Vincennes. Selain nama tersebut, ia juga banyak menggunakan nama panggung lain, diantaranya, nama Marguerite Campbell dan Gretha Lady MacLeod.


Mata Hari dikenal dalam waktu sebelum dan selama Perang Dunia Pertama sebagai penari eksotis telanjang. Setelah sidang kontroversial hadapan pengadilan militer Perancis pada tahun 1917, ia dieksekusi sebagai tersangka mata-mata untuk Reich Jerman.

Riwayat Hidup
Laporan tentang kehidupan dan karir Mata Haris adalah sebanyak bertentangan. Banyak rincian dari hidupnya yang kontroversial dan ditantang oleh beberapa penulis biografi. Alasan banyak versi resume mereka adalah banyak cerita yang Mata Hari dalam hidupnya bahkan "diciptakan" dan berubah. Selain itu, keadaan aktivitas spionase mungkin yang hanya dihuni oleh beberapa produk.

Kisah hidupnya telah dijelaskan dalam lebih dari 200 buku. Namun, hanya sebagian kecil dari buku-buku ini didasarkan pada sumber-sumber asli. Data kehidupan nyata terlalu sering bingung dengan cerita sewenang-wenang ditemukan, anekdot dan kontroversial penggambaran satu sisi tuduhan spionase. Jadi Friedrich Wencker-Wildenberg menulis dalam bukti sumber biografinya, pertama kali diterbitkan pada tahun 1936:

"Tentang Mata Hari telah berhasil mengumpulkan literatur agak luas selama dua puluh tahun terakhir.

Pengalaman tak terlupakan
Di bawah Mengingat tulisan individu penyelidikan kritis, masih banyak sekam dan sangat sedikit gandum, sehingga Anda bertanya-tanya hampir bahwa seorang wanita setelah semua, berdiri untuk sementara waktu dalam terang sorotan publik dan otoritas, pers dan sastra mempekerjakan telah dengan cerita yang paling bertentangan dan tidak mungkin dibagikan ... "Her biografi Sam Waagenaar membuat deskripsi dari hidupnya di" banjir dongeng ", penemuan dan hanya dihapuskan dari setiap kebohongan lain.

Anak dan remaja
Margaretha Geertruida sel lahir pada tahun 1876 sebagai satu-satunya putri sel Adam Hatter dan istrinya Antje van der Meulen di kota Leeuwarden Belanda. Dia menghabiskan sebagian masa kecilnya di rumah tua di Grote Kerkstraat 28, yang keluarga telah diperoleh pada tahun 1883. Dia memiliki tiga saudara lainnya, John Henderikus dan si kembar Ari dan Anne Cornelis Coenrad.

Mata Hari, 1904
Ayahnya Adam Zelle, yang mengelola sebuah toko topi di Leeuwarden, pergi tentang tahun 1891 karena keterlibatannya dalam transaksi spekulatif bangkrut. Pada tahun yang sama ibunya meninggal. Keluarganya pindah ke Amsterdam. Berikut sel Adam menikah cukup cepat dan membuka uang istri kedua ritel menguntungkan sedikit minyak.

Ibu Antje van der Meulen mengurus anak-anak putrinya dan dibayar untuk pendidikan mereka. Grietje sebagai Mata Hari kemudian disebut dalam keluarga, datang ke rumah pamannya Visser, di Sneek, yang menikah dengan saudara perempuan dari sel Adam. Keluarga pamannya mengirimnya ke sekolah asrama setelah menderita membiarkannya berkembang menjadi seorang guru TK. Dia berhenti pendidikannya dan kemudian pindah ke Taconis pamannya ke Den Haag.

Melalui iklan surat kabar di Nieuws van den Dag Grietje bertemu calon suaminya pada tahun 1895 tahu. John McLeod adalah sekitar 20 tahun lebih tua dan telah datang untuk berdamai dengan hidupnya sebagai bujangan. Salah satu teman-temannya duduk Namun, meskipun teks pemesanan McLeod pada, menurut seorang petugas yang "telah kembali dari Hindia Barat" hanya, berusaha berkenalan dengan seorang wanita muda menikah. Meskipun perbedaan usia Grietje terkesan dengan penampilan McLeod dan banyak medali dan seragam petugas.

Pernikahan dan tinggal di Hindia Belanda

Pada tanggal 11 Juli 1895 ia menikah pada usia sembilan belas, kolonial Belanda petugas Rudolph Campbell (Yohanes) MacLeod. Keluarga John MacLeod dari klan MacLeod berasal dari Skotlandia. Awal Leod didokumentasikan adalah putra Olaf Black, Raja Manusia sebagai akhir 12 Century hidup. Dunvegan Castle adalah dan masih markas cabang Skotlandia keluarga.

Bulan madu menghabiskan Grietje dan suaminya di Wiesbaden. Pada tanggal 30 Januari 1896, langka tujuh bulan setelah pernikahan, anaknya John Norman lahir.


           
Pada 1 Mei 1897 pergi ke keluarga MacLeod, di papan steamer "Prinses Amalia" ke Batavia - Jakarta hari ini - di Jawa. Suaminya ada urutan Ambarawa, sebuah kota kecil yang terletak di pulau Jawa untuk memukimkan kembali. Pada tanggal 2 Mei 1898 adalah putri dari Johanna Luisa, disebut Non, lahir.

Aksesi ke tahta Ratu Wilhelmina, adalah operet di Malang, bekas rumah keluarga MacLeod, tercantum dalam Gretha, karena mereka menyebut diri pada waktu itu, harus memainkan peran utama. Ini juga penampilan publik pertamanya. Pada bulan Maret tahun 1899, John MacLeod, sekarang Mayor, dipindahkan ke Medan di Sumatera.

Dengan memindahkan pasangan telah berpisah sekitar dua bulan. Selama ini ada terutama dalam surat dan telegram kepada kesulitan kontak pertama dalam hubungan mereka. John MacLeod menegur istrinya yang masih muda lagi dan lagi untuk lebih hemat dan usia dan kepribadian perbedaan antara keduanya menyebabkan lebih banyak masalah dan banyak lagi. The terasing pasangan terlihat. Pada tanggal 28 Norman meninggal pada Juni 1899 - satu-satunya anak dari keluarga - dari efek keracunan. Beberapa minggu setelah kejadian itu mengungkapkan kolera rumah pembantu dikontrak keluarga di ranjang kematiannya bahwa dia telah meracuni Norman makanan, untuk membalas dendam atas hukuman kekasihnya oleh McLeod. Non kecil lolos nasib ini - tergantung pada versi - hanya dengan bantuan cepat dari dokter atau karena fakta bahwa dia masih disusui oleh ibu. Dengan kematian Norman, istirahat antara suami-istri akhirnya tak terbendung.

Pada September 1900 Mayor MacLeod diberikan keberangkatan yang tidak diminta sebelumnya dari tentara. Pada bulan Oktober, keluarganya pindah ke Sindanglaja. Masalah perkawinan dan lebih Yohanes mengajukan saran istrinya untuk bercerai. Kemudian dia tidak menanggapi, karena suaminya menuntut hak asuh putri mereka. Pada bulan Maret tahun 1902, pasangan itu melakukan perjalanan kembali ke Belanda dan pindah ke apartemen yang terpisah di sana. Itu selalu datang kembali untuk rekonsiliasi, tetapi berubah menjadi pertengkaran dan pemisahan setelah beberapa minggu. Pada bulan Oktober tahun 1903, Gretha pergi ke Paris untuk pertama kalinya untuk merencanakan karir sebagai seorang aktris. Namun, harapan mereka kecewa, dan untuk melengkapi sumber daya mereka sedikit keuangan, mereka akhirnya harus model untuk berbagai pelukis yang. Pelukis Guillonnet Oktaf dia menolak pada awalnya karena tidak sesuai, itu menggambarkan tapi kemudian setelah pingsan sebuah mantra kasihan untuk poster Teater Gaite. Rekannya Gustave Assire setelah mereka berkomitmen sebagai model. Bekerja lebih lanjut, bagaimanapun, gagal terwujud dan kemudian kecewa Gretha kembali kembali ke Belanda.

Legends
Pada tahun 1903 dan 1905, sejarah India Candi penari Mata Hari lahir. Nama ini berarti mata Melayu atau mata fajar pagi atau mata hari dan digunakan sebagai sinonim untuk matahari. Antara tahun 1903 dan 1905 ia dirancang menari, kostum dan legenda nya, yang kemudian jatuh di tanah yang subur. Penari eksotis dan sembrono Paris memang digunakan, sebuah Bayadere India, yang bisa datang dengan sejarah misterius dan asal, bagaimanapun, adalah sesuatu yang baru. Merayakan kemenangan mereka sebagai penari dimulai.

Dalam sebuah laporan surat kabar kontemporer Mata Hari melaporkan diri dari mereka pemuda Jawa:

"Di Malabar, di pantai India Selatan, aku lahir putri seorang Brahmana kepada dunia. Ibuku adalah seorang yang terkenal dan dirayakan di kuil Kanda Swany Bayadere, dengan empat belas tahun yang lalu ketika ia melahirkan saya, dia meninggal. Ketika tubuhnya dibakar, Saya tertarik dengan para imam, dan memberi saya nama Mata Hari. Sebagai anak kecil saya diinisiasi ke dalam gua bawah tanah dari pagoda Siwa dalam tarian suci Allah, bahwa saya harus menjadi penerus ibuku. [...] Jadi saya jatuh tempo secara bertahap menuju Virgin, dan di malam musim semi yang hangat ketika disk perak bulan menggantung di langit, aku berada di misteri cinta suci Dewi Sakryjuda diresmikan [...] Sebagai Bayadere Saya tidak pernah diijinkan bawah tanah Merasa cinta. Hidup saya didedikasikan untuk dewa. Lalu aku bertemu seorang perwira kolonial Inggris yang membawa saya keluar dari Siwa suci dan membuat saya istrinya. Jadi saya menjadi Lady MacLeod Gretha "

Ini dan lainnya legenda Mata Hari bahkan "diciptakan" untuk mengubahnya menjadi imajinasi Oriental dan memberikan tarian mereka sejarah kuno dan keaslian. Sering menetap masa kecilnya di Jawa. Sekitar selusin dari versi diri mereka menemukan legenda Sam Waagenaar dilaporkan dalam laporan pertamanya mengenai mata-mata benar legendaris. Asal eksotis mereka tidak sampai akhir 1920-an sebagai sebuah fakta dan diresmikan pada tahun 1930 oleh jurnalis Charles S. Heymans.

Mata Hari memang di Indonesia, tetapi tidak pernah benar-benar "India" tarian dipelajari atau berurusan dengan mereka. Apa yang mereka dibacakan di salon Paris adalah kreasi pribadi seperti kisah keturunan India. Tapi ini memiliki sentuhan yang eksotis untuk audiens mereka dan membuka jalan mereka menuju sukses.

Mata Hari, 1906
Dari tahun 1905, mereka mulai dengan nama Lady MacLeod, dan dengan nama samaran Mata Hari di Paris, karirnya sebagai penari, tanpa pernah memiliki pelajaran tari diterima. Penampilan pertama Anda berlangsung pada akhir Januari 1905 diadakan selama acara amal di Madame Kiréevsky di Paris. Melalui siaran pers yang berkaitan dengan "seorang wanita dari Timur Jauh" yang terkait, "sarat dengan parfum dan perhiasan datang ke Eropa untuk menutupi diri dengan kerudung dan mengungkapkan ' , pelanggan lain untuk Lady MacLeod yang penuh perhatian. Atas undangan industrialis Emile Guimet dia menari-nari di 13 Maret 1905 di museum di depan audiens yang dipilih dan disajikan di sana setelah-sensasi tarian kuil India.

Adegan di mana dia menari untuk terakhir hampir telanjang, adalah sensasi dan skandal pada waktu yang sama. Hal ini diikuti oleh penampilan di salon, antara lain, bankir Baron Henri de Rothschild, Cécile Sorel, Gaston Menier dan Natalie Clifford Barney. Yang legendaris impresario dari Russes Balet, Gabriel Astruc menjadi manajernya.

Olympia Theatre di Paris pada tahun 1906, ia muncul untuk pertama kalinya sebelum khalayak yang besar dalam Variéteprogramms. Di Monte Carlo ia terlihat di babak ketiga oleh Jules Massenet opera Le Roi de Lahore bersama balerina Carlotta Zambelli.

Pada tanggal 26 April 1906 datang perceraian pernikahan mereka. Mata Hari itu bersalah bercerai karena foto bugil yang membuatnya membuat pematung, dan dijual untuk alasan yang tidak dapat dijelaskan bagi pecinta dan yang diedarkan kepada publik. Putri itu kemudian diberikan kepada ayah. Masyarakat tidak diberitahu dari proses ini. Bagi masyarakat Eropa, hanya ada Mata Hari, yang misterius India Tempelbajadere, yang asal romantis koran saling mengalahkan diri dengan cerita-cerita yang fantastis.

Mata Hari telah menikmati kesuksesan di Wina dan memberikan kinerja di Berlin untuk Kaisar Jerman dan keluarganya. Dia kembali ke Paris pada tahun 1907. Pada tahun yang sama, biografi yang ditulis oleh ayahnya, Adam muncul " Roman de van Mata Hari, de levensgeschiedenis mijner dochter en tegen mijnegrieven rambut vroegeren echtgenoot ". Ini "sejarah hidup" yang terkandung, selain dokumen palsu dengan yang ayah ingin membuktikan kelahiran mulia putrinya, terutama tuduhan terhadap mantan suaminya. Pada musim dingin 1907 mereka melanjutkan perjalanan ke Mesir dan tinggal pergi untuk pendukung mereka di Eropa. Rumor telah itu tinggal di Lembah Nil untuk mempelajari misteri kuno .

Pada tahun 1910 ia mengambil alih peran Cleopatra di Antar oleh Nikolai Rimsky-Korsakov Andreyevich di Monte Carlo. Dari musim panas 1910 hingga akhir 1911 ia memegang - tanpa diketahui oleh publik - di sebuah puri di desa Perancis Esvres. Selama musim teater 1911-1912, Mata Hari dipresentasikan pada Milan La Scala menari Putri dan bunga ajaib di babak kelima opera Christoph Willibald Gluck Armide dan diwujudkan Venus Antonio Marcenos balet Bacchus dan Gambrinus .

Pada saat itu, Mata Hari juga berusaha untuk melakukan kontak dengan putrinya rokok, namun mantan suaminya mengirimkan surat-suratnya dikembalikan belum dibuka kepada mereka. Akhirnya, Mata Hari dikirim kepercayaan terdekatnya, pembantu Anna Lintjens ke Belanda. Hal ini mungkin harus membawanya ke Neuilly-sur-Seine, di mana Mata Hari tinggal di sebuah villa kecil sejak akhir 1911 Bebas. Ini upaya pertemuan terganggu dengan putrinya, ditampilkan dalam beberapa laporan sebagai penculikan yang direncanakan. Apakah Anna Lintjes benar-benar pekerjaan harus membawa non ke kota lain, tidak jelas. Dia kembali ke Prancis tanpa putrinya.

1913 Mata Hari ke Berlin dan melihat selama tur kota Jerman Putra Mahkota. Ketertarikan saya disalahartikan oleh pengamat bernama Guido Kreutzer sebagai permusuhan fanatik ke Jerman. Dibandingkan dengan teman Kreutzer diperhitungkan plot bahkan dia untuk membunuh Pangeran Mahkota. Kecurigaan Kreutzer Nya didokumentasikan pada tahun 1923 dalam buku "The German Putra Mahkota dan wanita dalam hidupnya." Mata Hari sebagai memohon agar diperbolehkan untuk menari di depan Jerman Putra Mahkota, permintaannya tidak dikabulkan. Jadi mereka pergi dengan tangan kosong dari Berlin, tanpa pernah berkenalan Jerman Putra Mahkota.

Pada tanggal 28 Juni 1913 ia tampil sebagai penari Spanyol di La Revue de kamisol di Folies Bergère pada. Pada Agustus 1914, Perang Dunia Pertama pecah. Mata Hari saat itu di Paris. Posisi di Teater Metropol untuk bermain The Million pencuri tidak lepas. Dia kembali ke Belanda, dan di Theatre Royal di Den Haag pada balet Les Folies Francaises untuk melihat.

Tuduhan spionase
Seiring waktu, kontak didirikan dengan perwakilan dari politik dan masyarakat, tetapi dalam menghadapi popularitas Mata Hari dan keberhasilan itu tidak mengherankan. Ini kontak dan informasi yang Mata Hari dimaksudkan atau tanpa disadari sebagian, dipromosikan atau penampilan terangsang untuk mengetahui atau dapat mengetahui lebih banyak, itu akhirnya bencana.

Dinas rahasia Jerman harus menawarkan Mata Hari pada tahun 1914, sekitar 20.000 sampai 30.000 RM untuk membeli jasa mereka sebagai mata-mata. Biaya spionase kemudian dibatalkan, setidaknya oleh Jerman Mayor Jenderal Purnawirawan Hempp. Hempp, mantan kepala Angkatan Darat di Departemen Pertahanan, self tahu apa-apa tentang Mata Hari sebagai mata-mata. Sumber lain, bagaimanapun, bahkan pelatihan dibiayai oleh Jerman untuk memata-matai Mata Hari dijelaskan. Dikatakan dari kekurangan uang ke Mata Hari telah menerima tawaran dan memiliki selanjutnya H21 mata-mata di bawah nama penutup untuk Kekaisaran Jerman.

Apakah mereka pernah memiliki kesempatan untuk menyampaikan informasi penting untuk pertahanan Jerman atau pernah bekerja di bawah nama samaran ini, sangat kontroversial.

1914 Mata Hari melarikan diri dari kreditur dan tagihan yang belum dibayar, tetapi tidak sebelum mata-mata dari Entente atau biaya, seperti yang diklaim kemudian ke Den Haag. Karena keterlibatan di ibukota dan gagal untuk kematian massal tentara adalah masalah utama dalam perang, hampir tidak memiliki theatergoers ingin melihat penari telanjang India. Gaya hidup yang rumit dan mewah mereka tidak bisa melanjutkan dengan cara biasa, oleh karena itu. Pada Oktober 1914, dia menyewa sebuah rumah kecil di Den Haag. Ada dan di Amsterdam, dia adalah tamu opera Perancis dan memiliki banyak tari malam.

Beberapa waktu kemudian, dia mungkin belajar 21 tahun Rusia Vladimir petugas Masloff tahu. Sifat hubungan Mata Hari ke Masloff adalah subyek dari banyak diskusi di masa sesudah perang. Mata Hari begitu meskipun perbedaan usia 17 tahun hubungan dengan Rusia akan diterima. Setelah Masloff telah diperintahkan kembali ke depan, ia dikatakan telah kehilangan pertempuran ada di matanya. Biaya pengobatan cedera ini perang yang kemudian disebut oleh beberapa penulis biografi Mata Hari sebagai motif mungkin untuk spionase. Sementara tesis ini diwakili terutama oleh penulis biografi Perancis, mengacu pada penulis Jerman Friedrich Wencker-Wildenberg cerita jelas di ranah legenda. Menurut Masloff informasinya pertama kali terluka dalam Agustus 1917 - yaitu pada saat Mata Hari sedang menunggu di penjara menunggu eksekusi.

Pada musim semi tahun 1915 ia kembali ke Paris, seolah-olah untuk mengumpulkan pertanyaan penting tentang persiapan Perancis untuk serangan baru. Bahkan, mereka memecahkan anggaran mereka untuk villa mewah di Neuilly, mereka tidak mampu lagi. Mata Hari sudah hampir bangkrut pada saat itu. Dr Bizard, dokter Prefektur Paris yang dilihatnya di minggu-minggu diulang dalam hotel yang lebih baik di kota jam.

Pada pertengahan 1915, layanan kontra intelijen Perancis kantor kedua Staf Umum tentang Mata Hari penuh perhatian. Pada perjalanan dari Paris ke Spanyol, ia telah melihat kewenangan Dinas Intelijen Inggris selama pendaratan di Southampton, yang sudah telah menerima dari agen mereka dari informasi Madrid tentang hal itu. Mata Hari bepergian dengan paspor itu atas nama Gertrude Benedix. Polisi menemukan surat-suratnya untuk palsu dan kami menangkap mereka. Mata Hari dibawa ke London dan disajikan kepada Sir Basil Thompson, kepala dinas kontra intelijen Inggris dan diinterogasi. Dia bisa membela dan Sir Thompson, yang memiliki banyak pengalaman dalam berurusan dengan mata-mata yang percaya pernyataan mereka. Apakah dia mengklaim bahwa dia adalah simpanan seorang Jerman atase militer bernama Benedix, yang sesuai dengan realitas, Anda tidak dapat menemukan. Dalam memoarnya, Sir Tompson bahwa Mata Hari diminta untuk berbicara secara pribadi. Dalam wawancara ini, dia mengaku benar-benar menjadi mata-mata, tetapi tidak untuk Jerman, tapi untuk Perancis. Thompson dipecat Mata Hari, namun memberitahu polisi rahasia Perancis tentang aktivitas yang mencurigakan dari penari. Dari titik ini Mata Hari dipantau praktis sekitar jam.

Di Madrid, dia bangkit dari Palace Hotel, sebuah hotel yang tamu adalah anggota bangsa. Termasuk pejabat dari Kedutaan Perancis tetapi juga agen-agen Jerman. Berikut Mata Hari dikatakan telah berhubungan erat dengan Jerman atase militer Mayor Arnold Kalle. Untuk tujuan ini, penulis biografi mereka Sam Waagenaar:

"Ketika mereka tiba di Madrid, Mata Hari mengacu kamar di Palace Hotel. Di sini mereka tidak memenuhi beberapa, tapi tetangga langsung dari seorang perawat profesional darinya - mata-mata yang nyata. Marthe Richard (juga disebut hakim) adalah seorang wanita muda Perancis. Setelah ia kehilangan suaminya dalam perang di awal, Ladoux mempekerjakannya untuk kegiatan ini. "

Marthe Richard adalah nyonya angkatan laut atase Jerman, Mr Krohn. Dalam otobiografinya, Marthe Richard menjelaskan bagaimana dia hidup dengan Mata Hari pintu ke pintu. Lihat halaman Waagenaar:

"Dari Marthe Richard sendiri menggambarkan jelas betapa sedikit yang diketahui tentang kegiatan spionase dugaan Mata Hari di Madrid. Dan mereka benar-benar harus tahu tentang hal itu " .

Hanya di surat kabar Perancis Marthe Richard telah membaca tentang hal itu sampai April 1917 dan tidak ada orang di Madrid diberitahu bahwa Mata Hari mata-mata. Marthe Richard tidak memiliki mandat untuk menaungi. Ketika ia ditemukan di sebuah surat kabar, Mata Hari diduga dengan Mr Krohn memiliki relasi, dia pergi ke kekasihnya dan membuatnya adegan. Juga kemudian artikel dan laporan bingung dengan Kalle dan Krohn suka.

Pada perjalanan selanjutnya mereka dari Madrid ke Paris pada tahun 1916, dia pergi ke sana dan mengajukan permohonan paspor untuk Vittel. Vittel atau Contrexévillenear terletak di Pegunungan Vosges, tepat di belakang depan mantan timur Jerman dan reservoir untuk perwira dan prajurit dari Angkatan Udara Perancis.

Penari mendapat izin untuk pergi ke Vittel. Ada Mata Hari juga diduga memelihara hubungan intim dengan petugas penerbang Perancis. Dalam laporan polisi rahasia Perancis setiap langkah Mata Hari ditebang. Mereka pergi belanja, minum teh, mengunjungi teman dan mengunjungi seorang peramal. Bahkan Ladoux tidak bisa melihat kegiatan yang mencurigakan. Orang-orang yang menulis laporan tersebut, ditambahkan ke laporan ini, bagaimanapun, kecurigaan mereka sendiri. Bagaimana Mata Hari dikatakan telah disiapkan pada dua hari berturut-turut keberangkatan mereka.

Mata Hari saat terbaik mereka
Kedua kali mereka mengatakan dugaan keberangkatan dari lagi. Menurut laporan dari agen, kapal, mereka harus menggunakan, tenggelam terkena torpedo Jepang. Hal ini dapat diasumsikan bahwa rincian ini sudah kemudian menciptakan kecurigaan beralasan, yang disajikan kepadanya di kemudian pengadilan sebagai bukti dan terkesan hakim berkelanjutan. Dia meninggalkan Vittel setelah waktu yang singkat dan kembali ke Paris.

Untuk periode ini, kantor kedua Kementerian Perang Perancis telah menyelidiki kegiatan Hari Mata. Apa yang telah diidentifikasi, tetapi tidak cukup untuk penangkapan. Itu jelas bahwa dia terkait di negara-negara netral dengan huruf Jerman dan ciphered ditukar dengan orang-orang ini. Paparan pesan-pesan tersembunyi juga berkontribusi penyair Jules Supervielle, yang bekerja pada saat itu untuk kontra intelijen Perancis. Diputuskan untuk mendeportasi dirinya sebagai Belanda di rumah mereka. Mayor Ladoux, kepala layanan kontra spionase Perancis, biarkan mereka datang ke kantornya dan memberitahu mereka tentang pengusiran. Dalam percakapan ini, memoar Ladoux, Mata Hari mengaku kekasih dari mata-mata Jerman bernama Chandler menjadi. Chandler adalah salah satu agen terkemuka di Belanda.

Pada Desember 1916 memperkenalkan utama Ladoux Mata Hari, yang ingin memata-matai satu juta franc di markas Jerman karena diduga Perancis, perangkap. Itu adalah nama penari enam agen Belgia, yang harus melihatnya. Lima dari Anda adalah untuk menyampaikan pesan-pesan menyesatkan dicurigai kerja keenam untuk Perancis dan Jerman. Dua minggu setelah Mata Hari berangkat dari Paris ke Spanyol, yang terakhir ditembak oleh Jerman, sedangkan lima agen lainnya tetap tanpa gangguan. Ini adalah Ladoux untuk bukti bahwa mereka telah mengkhianati penguasa militer Jerman nama-nama mata-mata. Mereka menunggu penangkapannya pada dirinya kembali ke Prancis dan dipantau pada saat yang sama, salinan semua laporan berasal dari Madrid ke Jerman.

Sepuluh hari setelah kejadian ini, sebuah laporan dari Kedutaan Besar Jerman di Madrid dicegat. Pesannya adalah: "Tidak ada H21 saja tiba di sini. Kami telah mencapai bahwa itu diatur dalam layanan Perancis. . Dituntut wesel dan " Tanggapan dari Jerman adalah: "H21 untuk kembali ke Perancis dan menonton. Dia menerima cek sebesar 5.000 franc, ditarik oleh Kramer pada Comptoire d'Escompte. " Pada tanggal 3 Januari 1917 Mata Hari bertemu di Paris. Meskipun seharusnya bukti yang tersedia, mereka membiarkan banyak waktu dengan penangkapan. Mata Hari diam-diam dengan uang Ladoux Mayor telah membayar dia untuk perjalanan ke Spanyol untuk berdiri keluar dan menghabiskan.

Penangkapan dan proses
Pada pagi hari tanggal 13 Februari 1917, dia ditangkap oleh komisaris Priolet polisi dan disajikan kepada hakim memeriksa Pengadilan Militer Kapten Bouchardon. Selama interogasi, mereka selalu bersikeras mereka tidak bersalah. Dia dibawa ke tempat penahanan ke Saint-Lazare. Setelah dua hari dalam satu sel normal, yang kemudian ditempatkan di 12 terkenal sel Berikut tersangka dikenal sebagai Henriette Caillaux, pembunuh Figaro pemimpin redaksi Gaston Calmette, atau Félix Faure nyonya Marguerite Steinheil ditampung sebelum Mata Hari.

Selama waktu ini, Mata Hari tinggal dengan penjaga nya, biarawati Suster Leonide. Kantor ini memihak di Saint-Lazare lima puluh biarawati dari Ordo Marie-Joseph du Dorat. Kecuali pendeta, dokter, pengacara, dan pengacaranya tidak memiliki akses ke sel penari. Ketika mereka mengejar kreditur mereka meskipun penangkapan dan mengirim faktur dan pengingat mereka ke penjara. Sampai 24 Juli 1917, lima bulan setelah penangkapan mereka, dakwaan selesai dan dibuka persidangan. Mata Hari dituduh berkhianat dan membantu musuh. Pada kedua pelanggaran pada waktu itu hukuman mati.

Mata Hari adalah pengacara terkemuka di kalangan artistik Eduart Clunet pengacara, yang telah mewakili banyak aktor terkenal di pengadilan. Pada saat penuntutan Mata Hari telah melampaui tujuh puluh dan sebelumnya tak pernah terjadi sebelum pengadilan militer. Jadi dia mengulurkan dalam pembelaannya, terutama aspek kehidupan manusia Mata Hari, yang tergantung pada dukungan dari seorang wanita yang lemah. Tuduhan ini penuntutan, ia mencoba untuk berurusan dengan penjelasan tersebut. Clunet begitu sering akan jatuh ke pidato emosional dan dengan demikian gagal untuk membantah tuduhan dengan bukti substansial atau kesaksian. Para hakim Mata Hari adalah perwira dan prajurit profesional, dan tidak ada pengacara selama persidangan tidak memiliki juri sebagai hakim awam. Clunets upaya Mata Hari sebagai korban keadaan dan membutuhkan artis, gagal karena kerasnya para hakim.

Mata Hari selanjutnya dituduh Jerman-pengagum, karena mereka - berbicara Jerman, dan menghabiskan bulan madu mereka di Wiesbaden diadakan di Paris atau Venice - yang tidak biasa bagi seorang wanita Belanda. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, mereka menari sebelum diplomat dan pejabat, mereka diundang ke rumah kota mereka di Paris, senang menerima hadiah uang dan memiliki hubungan baik dengan pers. Karena seperti Mata Hari hanya kikuk dengan keuangan pribadi mereka ditangani sebagai Gretha MacLeod, mereka harus bergantung pada dukungan keuangan. Oleh karena itu mereka memiliki hadiah untuk menyambut, terlepas dari kewarganegaraan dari pelanggan mereka. Mereka juga harus menjaga pers untuk mendapatkan liputan positif mungkin dalam peran mereka sebagai seorang seniman kontak yang baik. Bagaimana Mata Hari memiliki beberapa Einklebebände dengan semua artikel surat kabar yang terbit tentang mereka dan juga mengambil sebuah kartu undangan pribadi.

Rekaman Kadastral pada hari sebelum eksekusi
Sebuah bukti nyata kegiatan spionase mereka tidak dapat dilakukan. Meskipun Mayor Ladoux tahu bahwa mata-mata Marthe Richard, para terdakwa pada semua penting bisa meringankan, tidak pernah dipanggil sebagai saksi. Selama proses pernah berkelana hanya salah satu dari banyak pelanggan Mata Hari sebelumnya, pengagum dan penggemar bersaksi sebagai saksi karakter di pengadilan.

Orang ini, yang "salah satu titik tertinggi" di Perancis identitas diduduki harus dirahasiakan atas permintaannya. Dalam pernyataannya, ia juga menegaskan bahwa hanya koneksi ke Mata Hari akan menjadi bersifat murni pribadi. Penampilannya terkesan hakim tidak sesuai, karena dia akan memiliki dirinya dituduh meneruskan perang informasi penting dengan setiap pernyataan lainnya.

Di persidangan, beberapa dokumen dari korespondensi penari disajikan dengan menteri Perancis bagian penuntutan. Semua surat bertuliskan tanda tangan "My". My - pengadilan - disebut baik mantan menteri dalam negeri Louis Malvy atau terlalu bercerai dari Kantor Menteri Perang Adolphe Pierre Messimy. Namun, Mata Hari mengaku korespondensi adalah swasta murni di alam dan karena itu akan menjadi alasan kebijaksanaan untuk menahan nama penulis surat. Kesabaran mereka untuk nama penulis surat-surat, tetapi hanya mengeras kecurigaan hakim. Mereka menahan diri dari kedua menundukkan mantan menteri kesaksian memalukan di pengadilan. Hubungan intim Mata Hari ke seorang politisi senior dari awal, bagaimanapun, melemparkan cahaya yang buruk pada terdakwa. Penulis sebenarnya dari surat itu terungkap pada tahun 1926 setelah perdebatan sengit di parlemen Perancis. Tak lama setelah Louis Malvy telah ditolak mentah-mentah semua tuduhan dan akhirnya harus dibawa sadar dari ruangan, memberi Umum Messimy pernyataan publik untuk Kontak untuk Mata Hari. Dia menegaskan, bagaimanapun - mungkin dari kepentingan - bahwa isi surat-surat itu benar-benar tidak berbahaya di alam dan tidak dapat digunakan untuk tujuan mata-mata.

Menurut moralitas yang berlaku adalah wanita yang diceraikan masih benar-benar telanjang di depan penonton menari juga dapat diklasifikasikan sebagai tidak bermoral. Putusan oleh Kapten Bouchardon kemudian pergi ke depan dan epilog, adalah Mata Hari direpresentasikan sebagai orang yang sangat meragukan. Bouchardon menggambarkan dirinya sebagai seorang wanita,

"Siapa kemampuan bahasa, berbagai senyawa, kecerdasan yang cukup dan bawaan atau diperoleh imoralitas hanya membantu untuk membuat mereka curiga. Tanpa keberatan dan terbiasa dengan orang-orang untuk menggunakan, itu adalah tipe wanita yang ditakdirkan untuk memata-matai. "

Muatan utama, yang disajikan sebagai bukti dari kegiatan spionase ganda mereka dengan jaksa, fakta yang didaftarkan Mata Hari dengan kunjungan rahasia Prancis ke enam agen yang telah disebutkan. Dalam prosesnya, ia ditanya mengapa, jika mereka tidak mengungkapkan nama-nama orang Jerman, salah satu agen ditembak. Jawaban Anda adalah baik hukuman matinya. Karena mereka salah berasumsi berlari informasi akan menjadi "usang" akunya meneruskan nama uang.

Pada tanggal 25 Juli Mata Hari dijatuhi hukuman mati karena pengkhianatan tingkat tinggi dan spionase ganda hakim pengadilan militer.


Eksekusi pada 15  Oktober 1917
Eksekusi - gambar ditampilkan dalam banyak sumber sebagai representasi otentik, tapi akhirnya adegan itu diciptakan untuk film dari tahun 1920.

Pada tanggal 15 Oktober 1917 at 6:15 jam di pagi hari, Margaret Geertruida sel di Vincennes, dekat Paris, ditembak oleh regu tembak dua belas anggota. Seperti adat di Perancis, penjahat tidak diberitahu tentang tanggal pelaksanaannya, agar tidak mengganggu lebih dari yang diperlukan. Mata Hari juga belajar sehingga sampai satu jam sebelum tanggal yang telah disepakati pelaksanaan nasib mereka. Di kantor direktur penjara ia diizinkan untuk menulis tiga surat perpisahan, dia menyerahkan pengacaranya. Surat pertama ditujukan kepada putrinya, yang kedua untuk Masloff ketiga dan dengan karakter saksi diketahui. Apakah surat-surat ini tidak pernah sampai ke penerima mereka tidak diketahui. Keberadaan ketiga dokumen masih belum jelas.

Penembakan wajib menutup mata dia menolak. Karena mereka tidak ingin membiarkan terhubung ke tiang, dia hanya tali, yang melekat pada tiang, ditempatkan longgar di sekitar pinggang. Dari seharusnya dipecat salvo hanya satu tembakan, bagaimanapun, memukul parah, hak ini ke jantung. Sebuah tembakan kedua lututnya hancur. Sersan A memberi jarak pendek terakhirnya dari kasih karunia wajib ditembak di kepala.

Kata-kata terakhirnya Mata Hari sebelumnya telah mengarahkan komandan: ". Pak, saya terima kasih" Di tempat lain, dilaporkan bahwa kata-kata terakhirnya adalah , "Ini luar biasa!" sudah. Juga kutipan "Kematian adalah apa-apa, bahkan tidak hidup dalam hal ini. Untuk mati, untuk tidur, menghilang ke dalam kehampaan, apa bedanya? Semua ilusi saja! " dihubungkan dengannya dalam hal ini. Eksekusi mereka diselimuti berbagai anekdot lain, tetapi semua milik daerah mitos. Mata Hari begitu tersenyum sebelum regu tembak, para prajurit telah melemparkan ciuman atau pakaian dalam wajah yang sama. Tak lama setelah eksekusi nya bahkan menyebarkan desas-desus bahwa Mata Hari telah menyuap regu tembak akan melarikan diri dari penjara hidup, dan dengan seorang perwira muda Perancis.

Posthistory
Karena tidak ada yang naik mayat Mata Hari klaim dan tidak ada seorangpun yang akan mengambil alih biaya pemakaman, tubuhnya fakultas medis dari Sorbonne diberikan. Pembedahan obat juga makam penari terkenal. Diduga, kepalanya sudah siap di sana dan di museum Paris anatomi, dari mana itu berada di tahun 1950-an tapi menghilang secara misterius. Kisah kepala dicuri sebagian besar didasarkan pada pernyataan oleh dokter Prancis Paul de Saint-Maur, yang ingin mengingat telah melihat sebagai mahasiswa kedokteran, penyusunan kepala seorang wanita berambut merah di fakultas, yang sebagai kepala Mata Hari digambarkan oleh semua orang. Le Figaro yang diterbitkan pada tahun 2000 kemudian daftar semua pernah di museum, tengkorak, yang dapat ditemukan dalam nama Mata Hari. Namun, mari dibuktikan dengan dokumen dari waktu yang hanya merekam mayat. Da Mata Hari berambut hitam dan saat tidak memiliki rambut merah, tapi meninggalkan keraguan tentang kebenaran cerita ini.

Putrinya juga non perjalanan pada musim gugur tahun 1919 ke Indonesia untuk bekerja sebagai guru. Meski baru berusia 21 tahun, dia meninggal pada bulan Agustus tahun ini - hanya beberapa minggu sebelum memulai perjalanan mereka - karena perdarahan otak.

Mitos Mata Hari
Tak lama setelah kematiannya, Mata Hari telah menjadi legenda modern. Bagaimana Mata Hari sering disebut sebagai mata-mata besar. Orang Anda hampir sebagai perwujudan dari pelacur atau femme fatale. Lain berpikir itu Tempelbajadere India dan tak tahu malu penari telanjang. Ini transfigurasi orang yang didasarkan paling tidak pada berbagai versi cerita hidupnya dan diskusi tentang kebenaran banyak fakta.

Dalam retrospeksi, Mata Hari disebut baik sebagai master mata-mata atau sebagai pelacur jahat atau bahkan sebagai "India" La Bayadere. Nama-nama ini berasal lama setelah sidang dan disebarkan oleh publikasi di kemudian hari.

Untuk waktu mereka Mata Hari tidak diragukan lagi dikenal sebagai penari eksotis atau India. Fakta bahwa mereka muncul di akhir tarian mereka telanjang di depan penonton, dipromosikan tidak hanya keberhasilan mereka, tetapi juga asumsi tentang prinsip imoralitas yang ada.

Ada banyak referensi tentang selingkuh dengan orang terkemuka. Penunjukan sebagai pelacur tetapi dari perspektif hari ini bukan tanpa kontroversi, karena hampir dapat dipadatkan menemukan bukti banyak penghubung.

Mata Hari, sekitar tahun 1912 Potret
Meskipun Mata Hari telanjang di akhir tarian, dia tidak pernah melepas kostum nya bordir atas. Pada beberapa gambar telanjang, dia selalu terlihat dengan shell. Alasannya adalah, seperti yang kemudian dikonfirmasi oleh dokter Dr Bizard, adalah Mata Hari patung sangat kecil dan disebut kutil kawah telah dia merasa mungkin tidak baik untuk benar-benar telanjang untuk datang sebelum publik.

Sejak 1990-an, ada Mata Hari di Leeuwarden Foundation, yang telah menetapkan dirinya di atas semua rehabilitasi gawang Belanda yang terkenal. Dengan membandingkan dokumen kontemporer anggota Yayasan sampai pada kesimpulan bahwa Mata Hari hanya over oleh berbagai badan-badan intelijen dan karena pengetahuan mereka untuk kemungkinan mengorbankan rincian tentang politisi senior harus mati.

"Mata Hari tidak lahir spy. Mereka telah digunakan untuk kampanye anti-perang Jerman. Dia hanya seorang wanita yang ingin menikmati hidup, dan tidak menyadari bahwa perang akan menjadi seperti apa sebelumnya. "


Film

Kisah hidup dramatisnya Mata Hari difilmkan beberapa kali. Sejauh ini versi film paling terkenal berasal dari tahun 1931 dan disutradarai oleh George Fitzmaurice. Dasar untuk film memberi Thomas Coulson dengan bukunya "Mata Hari, pelacur dan spy". Peran utama termasuk Greta Garbo dan Ramon Novarro terlihat.

Mata Hari , Amerika Serikat, 1931, diterbitkan oleh Warner Home Video pada VHS Hamburg (2001, 85 menit) dan DVD (2005, 89 menit)
Selain itu, ada film lain berjudul Mata Hari dari tahun 1920, 1978, 1985 dan 1996.


Tidak ada komentar: