Kamis, 24 Oktober 2013

Bukan Dongeng Tapi Fakta: Fakta Pohon Emas Ditemukan Peneliti Australia

Jurnalis Independen: Selama ini keberadaan pohon berbuah emas hanya di kenal dalam dongeng. Namun peneliti Australia telah menemukan keberadaan pohon emas Eucalyptus di sebuah wilayah tandus di Australia Barat.


Tim peneliti asal Australia tanpa sengaja berhasil memecahkan mitos keberadaan pohon emas. tersebut, ia berhasil menemukan sejenis pohon ” Eucalyptus ” bertunas emas di salah satu daerah terpencil di Australia.

Dalam pencariannya, tim ilmiah Australia menemukan wilayah yang kaya dengan sumber daya alam yang terkenal tandus di Australia Barat, wilayah ini disebut juga ‘Gold Field’ ( ladang emas).

Menurut tim peneliti, wilayah ini diyakini memiliki kekayaan sedimen emas pada tanahnya yang sebelumnya tidak dapat di temukan oleh para ilmuwan di masa lalu. Rasa penasaran membuat para peneliti, memutuskan untuk memeriksa seluruh tumbuhan di wilayah tersebut yang memiliki kadar emas di dalam daunnya di laboratorium.

Perlu dicatat bahwa pohon Eucalyptus dikenal sebagai tumbuhan yang dikenal dengan batang kerasnya, pohon ini dapat memperdalam akarnya di dalam tanah, sedalam puluhan meter untuk mendapatkan sumber air tanah.

Para ilmuwan berkeyakinan bahwa proses inilah yang menjadi penyebab pohon Eucalyptus di daerah ini memiliki kadar emas di lembaran daunnya.

Untuk membuktikan lebih lanjut, tim peneliti Australia ini juga menanam pohon Eucalyptus di tanah yang tidak mengandung molekul emas.  Dan hasilnya adalah tetap ditemukan sisa-sisa emas pada daun pohon Eucalyptus, seperti yang tertulis dalam jurnal ‘ Nature ‘.

Dalam dunia tumbuh-tumbuhan emas merupakan unsur logam yang menjadi komponen beracun bagi pertumbuhan tanaman.

Tim peneliti Australia ini menyatakan bahwa setiap daun pohon Eucalyptus berisi sejumlah kadar emas yang sangat kecil, yaitu ( 46 ppb ), sehingga perlu ratusan pohon Eucalyptus untuk membuat sebuah cincin pernikahan. Sky/Em


Tidak ada komentar: