Jumat, 10 April 2015

KPK Sita Uang Dollar Singapura dan Rupiah Saat Menangkap Anggota DPR RI

KPK menggelar konferensi pers terkait operasi tangkap tangan di Bali. Dalam keterangan Plt Wakil Pimpinan KPK, Johan Budi tersangka berinisial AH dan AK. Diduga AH menyuap seorang anggota DPR, Jumat (10/4/2015).

KPK Sita Uang Dollar Singapura Saat Menangkap Anggota DPR RI
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan menangkap seorang anggota DPR dalam operasi tangkap tangan di Sanur, Bali, tadi malam.

Walau belum dipastikan siapa anggota DPR tersebut, KPK menegaskan sudah menyita uang yang diduga suap dalam mata uang Dollar Singapura itu.

"Ada sejumlah uang dalam bentuk uang Dollar Singapura," ujar Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK, Johan Budi, di kantornya, Jakarta, Jumat (10/4/2015).

Terkait dugaan adanya penyitaan mobil mercy, Johan belum bisa memastikannya.

"Ini yang belum dapat informasi. Nanti akan kita pastikan. Belum (dapat informasi), apa kaitannya sama di Bali," tukas Johan.

Sekadar informasi, anggota DPR RI tersebut ditangkap di Sanur, Bali, pukul 22.00 WITA. Satgas KPK kini masih dalam perjalanan dari Bali ke Jakarta membawa orang yang ditangkap beserta barang bukti.

Terkait penangkapan tersebut, PDI Perjuangan mengakui bahwa kadernya lah yang ditangkap Satgas KPK. Anggota DPR tersebut bernama Adriansyah yang berasal dari Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan II.

Penangkapan Anggota DPR RI H Adrianysh di Bali Terkait Izin Pertambangan
Penangkapan Anggota DPR RI di Bali, H Adriansyah Kamis (9/4/2015), ternyata berkaitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pertambangan.

"Ini diguga berkaitan dengan pemberian izin di sebuah lokasi di Kalimantan. Berkaitan pengurusan izin, SIUP," ungkap Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK, Johan Budi, saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Jumat (10/4/2015).

Johan sendiri mengaku belum bisa menjawab mengenai asal-muasal uang yang disita saat penangkapan anggota berinisial A tersebut dengan seorang berinisial AK, kemarin sore.

Pasalnya, selain menangkap dua orang di Bali, KPK juga menangkap seorang penusaha bernisial AH di sebuah hotel di Jakarta. AH ditangkap pukul 18.49 WIB.

"AH itu pengusaha. Dari informasi awal tidak ada uang yang dibawa. Di TKP di kawasan Sanur itu ditemukan uang dalam bentuk Dollar Singapura dan Rupiah," kata Johan.

Terkait tiga orang yang ditangkap itu, A tersebut adalah Adriyansah. Dia pernah menjadi bupati dua periode Kabupaten Tanah Laut dari 2003-2013.

Sementara AK diduga adalah Agung Kristiyandi. Sementara AH diduga pengusaha bernama Andrew (nama lengkap belum diketahui).

Terkait kasus tersebut, ini diduga berkaitan suap antara kepala daerah di Kalimantan Selatan yang melibatkan Wali Kota Muhidin dan Bupati Tanah Laut Adriyansah. Kasus ini pernah diproses Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.

Kasus tersebut kemudian dilimpahkan ke Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri. Tahun lalu, kepala Sub Direktorat III Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Kombes Pol Darmanto di Mabes Polri, mengatakan kasus tersebut telah P21 dari Kejati Kalsel.

Akan tetapi, Adriyansah justru melenggang ke Senayan dan tidak diproses hukum.

Tidak ada komentar: