Minggu, 27 Januari 2013

Ditangkap Artis an Politisi Narkobais


Jurnalis Independen: Badan Nasional Narkotika (BNN) masih memeriksa presenter Raffi Ahmad dan 16 rekannya yang ditangkap di rumah Raffi di Jalan Gunung Balong I Kavling VII Nomor 16-I, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Hingga saat ini ke-17 orang itu belum boleh dikunjungi keluarga maupun pengacara.


"Kita masih menunggu pemeriksaan penyidik. Keluarga belum bisa mengunjungi," kata Kepala Humas BNN Komisaris Besar Sumirat dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Timur, Senin (28/1).

Sumirat mengatakan, pihaknya masih menunggu tes spesimen lain, seperti rambut dan darah, terhadap Raffi dan kawan-kawan. Adapun hasil tes urine kemarin yang menyatakan hanya lima orang positif narkoba, belum merupakan hasil akhir.

"Jadi tim BNN masih memeriksa mendalam kepada masing-masing orang di lokasi. Sampai saat ini belum ada yang pulang ke rumah masing-masing. Kita masih mendata keterlibatan atau status mereka seperti apa. Kita masih menunggu tes spesimen untuk mendukung," jelas Sumirat.

Petugas BNN menggerebek rumah Raffi pada Ahad subuh karena diduga sedang pesta narkoba. Petugas menangkap 13 laki-laki, dan empat perempuan. Empat di antaranya adalah artis, yakni Raffi, pasangan suami istri Irwansyah dan Zaskia Sungkar, serta Wanda Hamidah.

Adapun hasil tes urine menyebut lima orang positif menggunakan narkoba, yaitu dua orang menggunakan ganja, dua orang MDMA (sejenis ekstasi yang telah dihancurkan), dan satu orang menggunakan dua-duanya. Kelimanya tidak termasuk empat artis yang ditangkap.

Terkait artis dan politisi narkobais, anggota DPR RI Venna Melinda mengaku prihatin dengan diringkusnya empat selebritas yang diduga pesta narkoba. Venna mengaku langsung telepon anaknya sesaat mendengar penangkapan Raffi Ahmad, Irwansyah, Zaskia Arfan, serta anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Amanat Nasional, Wanda Hamidah.

"Saya BBM jangan salah pergaulan, karena menyebabkan kerugian di kita," aku Venna soal isi pesan untuk anaknya. Venna memiliki dua orang putra, Verrell Bramasta dan Athalla Naufal, dari pernikahannya dengan Ivan Fadila Soedjoko.

Terkait Wanda, selebritas pemilik "Sanggar Senam dan Fitness Venna Melinda" ini melihat kasus itu harus dijadikan pelajaran.

"Ini masalah berat, menyangkut keluarga. Ini jadi pelajaran bagi artis-artis muda," kata Venna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/1).

Venna mengatakan narkoba menjadi musuh besar seperti terorisme. Venna pun ingin agar pengedar narkoba dihukum berat. Bukan diberi grasi. Sementara pemakai direhabilisasi.

"Kan faktor coba-coba, dijebak, kan kemudian ditangkap tangan, kita punya mobil, temen ada yang pakai, lalu kita ikut ditangkap," tutur Venna.

Terkait caleg artis, Venna meminta kalangan selebritas agar siap mental dan menguatkan iman ketika masuk ke dunia politik.

"Bagaimana kita ekstra hati-hati dalam bertindak, kalau udah siap masuk politik, harus siap mental," kata Venna.

Sementara pemeriksaan urine dan tes laboratorium pada barang bukti narkotika yang ditemukan di rumah Raffi Ahmad yang digerebek pada Minggu (27/1) menunjukan adanya zat narkotika jenis baru. Zat tersebut belum diatur dalam perundang-undangan di Indonesia.

Demikian disampaikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Badan Narkotika Nasional (BNN), Kuswardani kepada wartawan, Senin (28/1).

Menurut Kuswardani, setelah pemeriksaan laboratorium, zat-zat adiktif tersebut ditemukan dalam urine dan 14 butir MDMA atau ekstasi yang ditemukan di lokasi kejadian.

"Sejauh ini, zat tersebut beredar di beberapa negara. Namun, untuk di Indonesia belum dapat disebut namanya dan belum masuk dalam perundang-undangan yang ada. Itu yang kita dalami, maka itu kami butuh waktu dan koordinasi juga dengan instansi terkait," ucapnya.

Kuswardani menmbahkan, dalam pengujian laboratorium terhadap narkotika yang ditemukan termasuk urine 17 orang yang diamankan, pihaknya berusaha hati-hati, teliti, dan sampai tuntas. Hal itu lantaran hasil pemeriksaan akan menjadi dasar untuk dibawa ke pengadilan.

"Dalam pengujian projustisia, kami selalu hati-hati dan sampai tuntas," katanya.

Ada Isu kedekatan Wanda Hamidah (35) dan Raffi Ahmad (25) menyeruak menyusul penangkapan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu bersama 16 orang lainnya di rumah Raffi di Lebak Bulus, Jaksel, Minggu (27/1) kemarin. Pihak keluarga Wanda mengklarifikasi hal ini. Menurut ayah Wanda, Muhammad Husein, tidak ada hubungan spesial antara anaknya dengan Raffi Ahmad.

"Cuma dekat, mereka tidak berhubungan (istimewa) sama sekali," ujar Husein usai menjenguk anaknya di gedung BNN, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (28/1/2013).

Husein datang menjenguk anaknya ditemani kakak perempuan Wanda bernama Miria, pamannya Deddy Eka Dibrata, dan kuasa hukumnya yang juga paman, Hamid Husein. Mereka tiba di gedung BNN sekitar pukul 11.50 WIB. Usai menjenguk Wanda selama sekitar 15 menit, mereka lalu meninggalkan gedung BNN.

Husein meyakini anaknya sama sekali tidak mengkonsumsi narkoba. Dia pun berharap anaknya yang saat ini masih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta itu bisa segera pulang.

"Iya, mudah-mudahanlah bisa pulang," ucapnya.

Tapi, kenapa Wanda datang pagi-pagi ke rumah Raffi?

"Mereka ramai-ramai berombongan (datangnya), jadi tidak ada hubungan (istimewa) sama sekali," ujar pria berambut putih dan berkacamata ini.

Sebelumnya paman Wanda Hamidah, Deddy Eka, mengungkapkan adanya kedekatan antara Wanda dan Raffi Ahmad. Presenter DahSyat itu disebut sedang melakukan pendekatan ke Wanda.

"Raffi baru dua minggu dikenalkan ke Wanda. Raffi lagi pendekatan ke Wanda," ungkap Deddy di kantor BNN, Minggu kemarin. Namun Raffi bukan idaman Wanda. "Wanda bilang nggak mungkinlah, dia bukan tipe saya. Wanda juga sudah punya calon sendiri," kisahnya.

Pada Minggu (27/1) pukul 05.00 WIB, BNN menangkap 17 orang di kediaman artis Raffi Ahmad di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dari 17 orang yang ditangkap, 4 di antaranya berprofesi sebagai artis, mereka adalah Wanda Hamidah, Irwansyah, Zaskia Sungkar, dan Raffi Ahmad.

BNN telah merilis 5 inisial yang terbukti memakai narkoba. 5 Inisial itu berprofesi sebagai mahasiswa, pengacara, dan konsultan restoran.

Sesuai keterangan Deddy, Wanda langsung menghubungi ibunya setelah diamankan BNN. Dia berucap, "Demi Allah saya tidak menggunakan barang haram itu." Bahkan Wanda memusuhi narkoba karena adiknya meninggal dunia karena zat adiktif itu.@


Tidak ada komentar: