Kamis, 30 Juli 2015

Mushaf Kuno Pusaka Suku Papua Qur'an atau Injil?

Mushaf Kuno Pusaka Suku Papua, antara Fakta, Hoax atau hanya Ilustrasi wartawan?
Pada salah satu artikelnya, situs pkspiyungan.org, berkisah tentang Mushaf Kuno Al Qur’an (link), yang menjadi pusaka salah satu suku di Papua.


Dalam pemberitaannya tersebut, situs ini memajang foto mushaf Al Qur’an, yang terlihat sudah sangat tua usianya…

mushafpapua1
Tulisan yang dibuat oleh situs tersebut, kemudian dijadikan referensi oleh beberapa situs lain, seperti harsindo.com (link), arrahmah.com (link) dan lain-lain.

Dari pemberitaan yang muncul belakangan, nampaknya terjadi kesalahan tafsir. Foto mushaf kuno (berbahan daun lontar), yang awalnya hanya sebuah iliustrasi, dianggap sebagai mushaf pusaka suku Papua.

Padahal foto mushaf lontar ini, sepertinya adalah foto mushaf yang menjadi koleksi di salah satu musium mushaf di Indonesia (Sumber : kuberceritahari.blogspot.com).

mushafpapua2
Foto Mushaf lontar ini, juga pernah menjadi foto ilustrasi pada artikel di blog wongalus.wordpress.com, pada tahun 2014.

Keberadaan Mushaf Kuno Al Qur’an milik Suku di Papua, jika diselusuri berdasarkan kepada  kisah (alm) Habib Munzir (link).

Akan tetapi, bagaimana bentuk fisik dari Mushaf tersebut, dan lokasi persis suku Papua yang menyimpan mushaf itu, sampai saat ini masih sangat misterius.

WaLlahu a’lamu bishshawab

Tidak ada komentar: