Senin, 22 September 2014

Jokowi Sortir 200 Nama Calon Kabinet Trisakti

Jurnalis Independen: Setelah berhasil mengumpulkan 200 nama Putra Terbaik Indonesia? Guna dijadikan pendamping hidupnya semasa menjabat Presiden nanti, Joko Widodo (Jokowi) bermaksud menyortir hingga didapat 34 nama terbaik sebagai menterinya.


Presiden Terpilih Jokowi Kumpulkan 200 Nama Calon Kabinet Trisakti. Hingga hari ini Presiden terpilih Joko Widodo mengaku telah mengumpulkan 200 nama-nama calon Kabinet Trisakti. Dari angka itu, akan dilakukan seleksi dan dikerucutkan hingga 34 nama. Kabinet Trisakti tersebut akan diambil sumpahnya untuk masa kerja 5 tahun mendatang.

Presiden terpilih Joko Widodo Senin malam menegaskan, dari 200 nama-nama calon menteri dari berbagai latar belakang. Sebagian dari  kalangan profesional dan sebagian lagi dari kalangan politisi.

"Kami terlah menerima data dari 200 nama itu di rumah transisi, saat ini masih dalam proses pengecekan, penelusuran dan pengerucutan menjadi 34 nama sesuai dengan jumlah kementrian. Tentu saja yang akan memimpin adalah dirinya dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla, jelas Jokowi.

Sejumlah nama diprediksi akan masuk ke dalam kabinet Jokowi - JK. Chatib Basri, menteri keuangan sekarang, kabarnya akan tetap di posisinya. Mas Ahmad Santosa, diprediksi menjadi menteri hukum dan ham. Menteri luar negeri diprediksi akan diisi Arief Havas Oegroseno atau Retno LP. Marsudi.

Sudah ada 7 kementrian atau lembaga yang dipastikan akan dipimpin oleh profesional non partai politik, masing-masing kementrian keuangan, kementrian energi dan sumber daya mineral, kementrian pertanian, kementrian pekerjaan umum, kementrian kesehatan serta kementrian pendidikan.

Sementara itu, ada sejumlah opsi nomenklatur kementrian baru, antara lain kementrian pertanian menjadi kementrian pangan dan kementrian kelautan menjadi kementrian maritim.JI

Tidak ada komentar: