Kamis, 17 Mei 2012

Warga Jerman Gugat CIA atas Penculikan dan Penyiksaan, Dasar Kelakuan AS!



Jurnalis Independen: Beginilah kelakuan CIA, selalu bikin masalah dan berbuat seenak "udelnya" sendiri. Seorang warga negara Jerman, yang mengatakan diculik di Makedonia oleh CIA dan kemudian dibawa ke penjara di Afghanistan serta mengalami penyiksaan, telah menuntut keadilan dari pengadilan HAM Eropa.

Khaled El-Masri keturunan Libanon mengatakan dia secara brutal disiksa dan diinterogasi di sebuah penjara rahasia di Afghanistan yang dijalankan CIA selama lebih dari empat bulan setelah diculik dari Makedonia pada tahun 2003, Associated Press melaporkan.

Pada hari Rabu kemarin (16/5), Masri membawa kasusnya ke Pengadilan HAM Eropa.

"El-Masri telah menghabiskan delapan tahun terakhir untuk mencari keadilan hukum bagi kejahatan yang dilakukan terhadap dia," kata James Goldston, yang merupakan direktur eksekutif dari Open Justice Initiative, sebuah kelompok hak asasi yang melawan praktek rendisi luar biasa AS.

Rendisi luar biasa adalah praktik yang memungkinkan penangkapan AS dan transfer di luar hukum terhadapseseorang dari satu keadaan ke keadaan lain.

Dia mencatat, "Ada banyak bukti, termasuk data pada penerbangan ke dan dari CIA ke ibukota MakedoniaSkopje."

Masri akhirnya dibebaskan setelah CIA menyadari telah salah menangkap orang.
Ia juga menggugat pemerintah Macedonia karena perannya dalam penculikan, namun tuduhan itu disangkal oleh pihak berwenang di Skopje.

Pengadilan akan mempertimbangkan apakah agen Macedonia yang sebenarnya menculik Masri, dan, jika mereka melakukannya, apakah mereka tahu apa yang akan terjadi padanya setelah mereka menyerahkannya kepada pihak berwenang AS.(mnt/emi)

Tidak ada komentar: