Rabu, 02 Mei 2012

Menkes Kontroversi Namru 2 Itu Akhirnya Meninggal Dunia



Jurnalis Independen: Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih meninggal dunia. Menkes Endang meninggal pada Rabu (2/5/2012) pukul 11.50 WIB di RSCM Kencana.

"Ibu Menkes sudah pergi 2 menit lalu. Masih di RSCM," kata suami Menkes, dr Reanny Mamahit, seperti dilaporkan detikcom pukul 11.50 WIB yang lalu.

Semasa hidupnya, menkes Endang sempat menimbulkan kontroversi terutama sewaktu dirinya akan diangkat menjadi Menteri Kesehatan di kabinetnya SBY-Boediono.

Kontroversi terhadap dirinya terkait keberadaan laboratorium kesehatan NAMRU-2 milik Angkatan Laut AS dan kedekatan menkes Endang dengan NAMRU itu sendiri.

Tak kurang Siti Fadhilah Supandi, Menkes sebelumnya, mengkritik naiknya Endang menggantikan dirinya. Karena menurutnya dia (Endang) adalah mantan pegawai NAMRU. Dia memang sekarang ini tidak mempunyai jabatan khusus sebagai peneliti biasa," ucapnya dalam wawancara di sebuah stasiun televisi.

Saat menjabat, Siti memang dikenal sangat vokal terhadap keberadaan lembaga yang secara lengkap bernama Naval Medica Research Unit 2 itu. Dia bahkan secara tegas meminta agar lembaga itu segera ditutup. Siti pada waktu itu menyinyalir NAMRU melakukan hal-hal rahasia di tempat yang notabene merupakan aset Depkes.

Sedangkan Presidium Medical Emergency Rescue Comittee (Mer-C) Joserizal Jurnalis menilai, pengangkatan Endang Rahayu Sedyaningsih sebagai Menteri Kesehatan (pada waktu itu) akan menjadi persoalan baru. Apalagi, dia berencana akan melanjutkan lagi penelitian dengan Namru 2.

Jurnalis secara tegas menyatakan bahwa permasalahan Departemen Kesehatan bukan sebatas persoalan kesehatan ibu dan anak, tapi juga keamanan negara. Sebab, pihak asing bisa menggunakan ‘senjata kesehatan’ demi menghancurkan sendi perekonomian Indonesia.

Terlepas dari itu semua, semoga almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih, diampuni segala dosanya oleh Allah SWT dan diterima amal baiknya. Amin.(mnt/emi)

Tidak ada komentar: