Rabu, 07 Juni 2017

Mengenang "Satu Tahun Husni Kamil Malik" Ketua KPU th 2014



Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.
“Ketua KPU meninggal, sekarang masih di RSPP,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia saat dihubungi membenarkan kabar tersebut, Kamis (7/7/2016) malam.

Husni meninggal di RSPP sekitar pukul 21.07 WIB. Jenazah Husni kemudian dibawa ke rumah duka di Jalan Siaga Raya No 23 A, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Sebelum meninggal dunia Husni Kamil mengeluh sesak napas. “Sempat ngobrol dengan saya, katanya sesak napas mau kontrol,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi. Sebelum meninggal, lanjut Viva, Husni sudah mengeluh sesak napas sejak pagi hari tadi. Ia pun kemudian langsung bergegas menuju rumah sakit. “Sesak napas dari pagi,” ujar Viva.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan rasa duka cita
“Selamat jalan sahabat saya,” ujar Tjahjo.
Lebih lanjut Tjahjo menilai sosok Husni Kamil Manik adalah sosok yang memiliki keteguhan dalam sikap dan prinsip yang kuat dalam memperjuangkan demokrasi.
Selain itu, Husni menurut Tjahjo adalah sosok yang komunikatif dalam rangka memecahkan masalah.

“Sahabat saya yang selalu membuka diri untuk terus berkomunikasi kalau ada hal-hal di daerah terkait pilkada serentak selama persiapan dan suksesnya pilkada serentak 2015,” kata Tjahjo.
“Kita akan selalu mengenang sosok pemikir dan pekerja keras yang demokratis, komunikatif, memegang prinsip dan keyakinan,” kata Tjahjo menambahkan.

Sayangnya, kepergian Husni tidak serta merta ditanggapi banyak orang sebagai sebuah kewajaran.
Kepergian Husni yang mendadak justru membuat banyak kalangan bertanya-tanya. Ada yang menduga, Husni meninggal karena diracun.

Berita kematian Husni sempat menjadi trending topik. Ada yang menyebut Husni meninggal dunia akibat peradangan atau infeksi bisul. Bisul tersebut bertambah parah karena penyakit diabetes yang sudah lama diderita oleh pria berumur 41 tahun tersebut.

Namun sebuah status yang diposting oleh seorang netizen bernama Cut Meutia Adrina membuat heboh. Pasalnya Meutia menganggap ada indikasi kalau Husni diracun.
Sontak saja postingan tersebut langsung menuai banyak tanggapan dari para netizen yang melihat tulisan tersebut.

Meutia dalam akun Facebooknya menulis: OTOPSI Dari wajah terakhir almarhum
Husni Kamil Manik (ketua KPU RI). Dan atas nama demokrasi dan hak-hak manusia serta utk mengungkapkan tabir dibalik kematian sdr. Husni saya mengusulkan ada tim Dokter ahli forensik yang independen utk melakukan OTOPSI. semoga keluarga berkenan memberikan izin, saya menyaksikan wajah seperti ini seperti dahulu wajah yg pernah saya lihat setelah diotopsi ternyata yang bersangkutan mati krn diracun, negara harus menaruh perhatian pada kematian sdr. Husni Kamil yang sungguh sangat mendadak berita kematiannya seperti diliput dan menghiasai berita di berbagai media. waspada dira anuraga, ali mocthar ngabalin, Dr. drs. MA, Ketua Umum POSSI DKI, Ketua Umum Muballigh Se-Indonesia

Dari tulisan Meutia tersebut, dia melampirkan foto wajah jenazah Husni saat dikafani. Dalam statusnya juga disebutkan nama seorang politisi Ali Mochtar Ngabalin yang juga menjabat Ketua Umum Muballigh se-Indonesia dan Ketua Umum dari POSSI.
Dalam akun Twitter @NgabalinAli, yang bersangkutan rupanya juga mengunggah link berita dari netralitas.com yang kontennya berkaitan dengan kematian mendadak Husni.
Disebutkan, atas nama demokrasi dan hak-hak manusia serta untuk mengungkapkan tabir di balik meninggal dunia Ketua KPU Husni Kamil, Ngabalin mengusulkan untuk dilakukan diautopsi.  Proses autopsi ini diminta dilakukan oleh tim dokter ahli forensik yang independen.
“Semoga keluarga memberi izin agar bisa dilakukan autopsi  jenazah almarhum,” pinta  Ngabalin, Jumat (8/7/2016) di media sosial.
Ngabalin menuturkan, setelah dia melihat wajah jenazah Husni, dirinya berkesimpulan wajah seperti ini setelah diautopsi ternyata meninggal dunia karena diracun. Untuk itu, Ngabalin meminta negara harus menaruh perhatian pada berpulang ke Rahmatullah Ketua KPU yang sangat mendadak.
Kematian Husni diduga akibat “konspirasi” juga disinggung oleh paranormal kondang yang sering muncul di televisi, yakni Mbah Mijan. Melalui akun Twitternya @mbah_mijan, dia menyebut akibat santet modern.
“Kalau misteri “bisul” ini tidak di otopsi, maka akan ada bisul-bisul serupa, ini santet modern & canggih, menancapnya gak pakai bantuan Jin,” tulisnya yang dilansir redaksi, Minggu (10/7/2016).
“Hampir kesana beda versi, ini bukan jarum santet versi dukun, tapi santet versi ala FBI,” sindir Mbah Mijan lagi.
Mbah Mijan mengaku mendapatkan berita duka kematian Husni dari pandangan supranaturalnya. “Entahlah, tapi ada semacam benda yang menancap dengan sengaja. Sekedar saran, coba minta bantuan tim Forensik agar lebih jelas. Apakah benar itu infeksi atau racun, seperti jarum kecil yang berbisa. Kematian adalah takdir dan ketentuan Tuhan, namun ada yang ganjil dalam benak saya. Ada unsur kesengajaan dibalik infeksi yang jadi penyebab,” imbuhnya.
Sekedar diketahui, sebelum meninggal dunia, Husni Kamil Manik sempat berdebat panjang di mensos dengan beberapa netizen yang mempertanyakan keabsahan data KPU pada Pilres 2014 lalu.
Bahkan Husni menantang netizen untuk membuka kecurangan KPU. “Ayo diaudit Lebih cepat dilakukan, lebih baik. Datanya terbuka,” tantang Husni dalam akun @HusniKamilManik pada Jumat (1/7/2016) terkait Kilas Balik Audit Keamanan Sistim IT KPU Yang Diretas Pada Pilpres 2014 yang dipertanyakan netizen @Yatnoslax dan @ZaraZettiraZR.
Sementara penelusuran redaksi di situs https://kabarnet.in/2014/07/24/hacker-bongkar-kecurangan-kpu-menangkan-capres-tertentu, disebutkan seorang hacker mengaku berhasil membongkar ‘kecurangan’ KPU memenangkan Capres tertentu. Benarkah?
Dalam situs yang termuat pada 24 Juli 2014 dijelaskan seputar Security Audit Sistem IT KPU Pilpres 2014, di mana seorang hacker memperkenalkan diri dengan nama anonymous berhasil membobol situs KPU.
“Saya lahir di Indonesia. Sebagai CEH, profesi saya konsultan keamanan jaringan komputer. Baru tahun ini saya mengikuti berita-berita dan ikut memilih di Pemilu Presiden Indonesia. Hari ini 23 Juli 2014. Saya membaca berbagai tulisan orang. Banyak yang bertanya: Apakah Pemilu Presiden 2014 berlangsung dengan jujur dan adil?” demikian kata hacker.
“Tulisan ini saya tujukan untuk anda-anda yang penasaran. Juga untuk calon presiden terpilih, pak Jokowi. Agar nanti sistem IT Pemilu 2019 bisa lebih baik dari sekarang. Agar tidak ada lagi yang teriak curang. Juga untuk calon presiden tidak terpilih, pak Prabowo. Karena anda pasti penasaran. Juga untuk presiden sekarang, pak SBY. Siapa tahu, bapak juga penasaran. Juga untuk para perancang dan admin sistem IT Pemilu 2014: Raden Santoso, Nanang Indra, Utian Ayuba, Andy Nugroho, Yoga Dahirsa, Muhammad Hafidz dkk. Tentunya juga untuk pada anggota KPU: Husni Kamil Malik, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Ida Budhiati, Sugit Pamungkas dkk.
Hacker  mengaku mengamati ada fenomena menarik. Menurutnya para hacker dan cracker juga punya hak pilih. Punya hak berpolitik. Juga punya hak berkampanye mendukung nomor satu atau nomor dua. Begitu besar semangat para hacker dan cracker dalam Pemilu Presiden 2014 saat itu. Sebagian besar dukung nomor dua. Walau juga ada yang dukung nomor satu.
“Ini kesimpulan saya setelah melihat begitu banyak iklan capres di Google dan YouTube. Iklan yang baik-baik saja. Juga iklan yang tidak baik-baik saja. Padahal tidak boleh ada iklan Capres di kedua situs ini. Google melarang iklan politik di Indonesia. Dalam bentuk apapun. Namun, mereka pasti menyadari kemampuan Google dalam menyaring dan memblokir iklan terbatas. Celah ini yang diekploitasi. Ada juga yang begitu bersemangat, banyak situs orang diretas, diubah jadi halaman untuk promosi atau menjelekkan yang tidak didukungnya. Mereka berusaha untuk mempengaruhi persepsi. Persepsi mempengaruhi hasil. Usaha mereka membuat saya bertanya. Selain menyebarkan informasi untuk mempengaruhi presepsi, apa lagi yang bisa mereka lakukan? Dapatkan hacker dan cracker simpatisan capres meretas sistem IT KPU? Dan mempengaruhi hasil secara langsung? Saya mencobanya,” tulis hacker.
Untuk memahami bagaimana cara kerja sistem IT KPU, dia menyebut perlu informasi dari dalam. Sehingga dia mulai mencari alamat email anggota-anggota KPU. Walhasil, dia pun menemukan dokumen semua alamat email komisioner KPU yang aktif digunakan ada di dokumen tersebut. Enam dari tujuh (komisioner KPU) menggunakan email gratisan.
“Saya jadi bertanya. Mengatur pemilu bukan pekerjaan main-main. Kenapa gunakan email gratisan yang mudah diretas? Apa mungkin disengaja? Ferry Kurnia sepertinya adalah yang paling muda dari tujuh anggota KPU. Biasanya yang paling muda adalah yang paling terlibat untuk urusan IT. Saya kirimkan satu email phishing ke Ferry. Tidak sampai dua jam, saya sudah bisa akses dan membaca semua email yang pernah diterima dan dikirimkan. Apa yang saya temukan membuat saya bingung. Saya yakin para anggota KPU, dan para perancang sistem IT KPU bukan orang sembarangan. Namun mereka seperti membuat semuanya begitu mudah untuk seorang yang punya niat seperti saya untuk masuk ke sistem IT KPU,” sebut hacker itu.
Langkah yang dilakukannya kemudian berkirim username dan password di email. Saat membuka boks email salah satu anggota KPU adalah mencari kata “password”. Betapa dia sungguh terkejut. Dia langsung dapat password ke SILOG. Sistem Logistik.
“Saya juga dapat password ke Dropbox yang dipakai untuk simpan copy data pemilih seluruh Indonesia. Dapat juga password ke sistem real count KPU. Ya. Ternyata KPU memiliki sistem real count yang entah mengapa tidak ditampilkan di websitenya sehingga publik harus menghitung sendiri seperti di website kawalpemilu.org. Saya dapat juga password untuk mengelola website KPU. Dapat juga password untuk SIDALIH, sistem data pemilih. Dapat juga password untuk banyak sistem lainnya. Ini juga membuat saya bingung. Berbagai password dikirimkan begitu saja oleh admin melalui email. Apakah ingin memudahkan hacker untuk masuk sistem?” serunya.
Hacker juga mengaku terkejut saat mengetahui email tersebut benar-benar di luar logika dan cara berpikirnya. “Saya temukan satu email yang dikirimkan oleh admin sistem IT KPU kepada semua anggota KPU. Isinya GOOGLE DOCS dengan daftar semua password sistem IT KPU. Saya jadi benar-benar curiga, para admin dan anggota KPU memang ingin memudahkan hacker dan cracker untuk masuk ke sistem IT KPU. Sebagai contoh, ini password SSH ke website KPU yang pernah digunakan: 4dm1n80njol@w1w1k. Username: kpuadmin. Password root shell/MySQL: m3rd3k41945!”
Kesimpulan dia, banyak password sistem IT KPU menggunakan pola yang sama. Apakah agar mudah diingat atau agar mudah diretas. “Maaf jika saya berpikir yang tidak-tidak, karena saya dilatih untuk mencermati pola,” jawabnya.
Celah keamanan lainnya, sebut dia, semua anggota KPU bisa mengedit Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuka hati. “Ini adalah Sistem Data Pemilih (SIDALIH) KPU. Dengan sistem ini KPU mengatur nama-nama yang masuk ke Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Penambahan atau pengurangan nama-nama pemilih dapat dilakukan dari sistem ini. Ini krusial karena di Indonesia pemilih dapat memilih cukup berbekal undangan tanpa perlu KTP. Saya orang awam. Namun jadi pertanyaan besar untuk saya. Jika mau aman: Kenapa semua anggota KPU bisa edit DPT sesuka hati? Kenapa akses yang diberikan oleh admin tidak hanya read only?”
Keputusan hak edit ini, lanjut dia, tentu saja keputusan disengaja. Sebab tidak mungkin kecelakaan. Pasalnya, memberikan kewenangan sangat besar untuk setiap anggota KPU untuk bermain dengan jumlah pemilih. Mengurangi atau menambahkan. “Bisa saja jika ada anggota KPU yang komunikasi dengan tim sukses calon presiden tertentu, atau jika ada hacker atau cracker pendukung calon presiden tertentu yang masuk ke sistem seperti saya. Bisa saja menambahkan pemilih baru atau mengurangi pemilih di daerah-daerah tertentu. Mereka yang belum bisa memilih bisa diberikan hak untuk memilih. Mereka yang diketahui akan memilih calon tertentu, bisa dicabut hak memilihnya. Dengan mudah. Sangat mudah. Apalagi untuk setiap entri. Tidak ada info atau log secara terbuka, siapa yang terakhir melakukan edit apalagi edit history. Celah yang membahagiakan. Bagi siapapun yang punya niat tidak baik,” ungkapnya.
Sementara untuk Sistem Logistik (SILOG) KPU disebutkan semua anggota KPU bisa mengedit jumlah pengiriman kertas suara sesuka hati. Dengan sistem itu, katanya, KPU bisa mengatur distribusi surat suara ke semua daerah atau TPS. Penambahan atau pengurangan pengiriman kertas suara dapat dilakukan dari sistem ini.
Tulisan hacker kemudian diakhir dengan pertanyaan: apakah pemilu Presiden 2014 berlangsung dengan jujur dan adil? “Saya tidak tahu. Terlalu banyak daerah, terlalu banyak TPS, terlalu banyak nama pemilih untuk dapat mengetahui permainan dengan SILOG atau SIDALIH. Namun dua hal yang pasti. Pertama: Siapapun yang bisa punya akses ke SILOG dan SIDALIH dan punya niat untuk memenangkan calon nomor satu atau nomor dua, terutama sebelum bulan Mei 2014, dan punya kemampuan koordinasi dengan tim sukses di lapangan (TPS TPS, desa-desa mana saja yang perlu dilebihkan kertas suara. Nama-nama apa saja yang perlu ditambahkan atau dikurangi dari sistem) dapat sangat mempengaruhi hasil Pemilu Presiden 2014,” tutupnya.
Pertanyaannya kembali ke awal, apakah kepergian Ketua KPU Husni Kamil Manik secara mendadak merupakan sebuah kewajaran atau seperti anggapan beberapa orang akibat “konspirasi”?

2 komentar:

Sri Wahyuni mengatakan...

Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Wahyuni biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro +6282354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang nya melalui jalan togel dan Pesugihan Tampa Tumbal... dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya lagi susah di negri orang. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya, baiknya melalui jalan togel saja. Dan angka yang di berikan beneran tembus ,6D dan saya dapat RM.457 ringgit selama 3X putaran. alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini hanya melalui togel..

bpk muliadi mengatakan...

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.